6 Jenis Bunga yang Cocok untuk Dekorasi Rumah di Hari Lebaran

Selain mempercantik tampilan rumah, bunga-bunga ini juga memiliki wangi yang segar, lho!

7 Mei 2021

6 Jenis Bunga Cocok Dekorasi Rumah Hari Lebaran
Freepik/pvproductions

Idul Fitri merupakan momen spesial bagi umat Muslim, apalagi untuk berkumpul dan lebih dekat bersama anggota keluarga di rumah. Oleh karenanya, tak ada salahnya jika Mama membuat suasana rumah sedikit berbeda. 

Mama bisa mendekorasi rumah dengan berbagai bunga favorit, sehingga memberikan kesan berbeda. Selain dapat mempercantik tampilan rumah, bunga juga akan memberikan aroma wangi alami yang menyegarkan setiap sudut ruangan. 

Nah Ma, berikut beberapa rekomendasi bunga yang cocok dijadikan inspirasi dekorasi Lebaran di rumah. Berikut Popmama.com telah merangkumnya dari berbagai sumber. 

Disimak ya, Ma! 

1. Mawar putih sebagai simbol kesucian

1. Mawar putih sebagai simbol kesucian
Pexels/Free-Photos

Mawar putih merupakan simbol kemurnian, kelembutan, kesucian serta kerendahan hati. Oleh karenanya, bunga ini cocok dijadikan sebagai hiasan rumah di momen Idul Fitri. 

Selain wanginya yang semerbak, tampilan mawar putih juga sangat anggun. Bunga ini cocok ditempatkan pada vas bunga kristal dengan ukuran yang tinggi. 

Mama bisa menyimpan bunga mawar putih di ruang tamu sebagai dekorasi atau tempatkan di dekat jendela, sehingga wanginya dapat menyebar ke setiap sudut rumah. 

2. Sedap malam menciptakan aroma segar di ruangan

2. Sedap malam menciptakan aroma segar ruangan
vapeviva.ru

Selain kerap digunakan sebagai dekorasi pengantin adat Sunda dan Jawa. Bunga sedap malam juga selalu menjadi favorit orang-orang yang ingin mendekorasi rumahnya di momen Lebaran. 

Sedap malam bentuknya menjuntai dan kuntumnya masih kuncup. Namun ketika bunganya sudah mekar, tampilannya pun tak kalah cantik. 

Aromanya yang sangat wangi bisa menjadi pengharum ruangan alami. Mama bisa menyimpan bunga sedap malam di dalam sebuah vas kaca, lalu biarkan bunga-bunganya menjuntai ke luar. 

Editors' Picks

3. Amarilis bisa mempercantik ruangan

3. Amarilis bisa mempercantik ruangan
Pixabay/Viktoriya Pavlova

Amarilis termasuk salah satu tanaman hias yang populer karena mahkota bunganya yang besar dan cantik. Bunga Amarilis berbentuk corong seperti terompet dan memiliki tangkai yang panjang. 

Tanaman ini memiliki berbagai varian warna, seperti putih, merah, koral, merah anggur dan merah muda. 

Mama bisa menjadikan bunga Amarilis sebagai hiasan rumah di momen Idul Fitri. Pertama, potong tangkai bunga Amarilis yang panjang dan tempatkan dalam vas berisi air. 

4. Anggrek bisa tahan beberapa hari di dalam vas

4. Anggrek bisa tahan beberapa hari dalam vas
Pexels/Negative Space

Bunga Anggrek juga bisa dipakai untuk hiasan di setiap sudut rumah ketika sedang merayakan momen Idul Fitri. Mama bisa memilih Anggrek bulan yang memiliki warna putih dengan sedikit rona merah muda. 

Rangkaian bunga anggrek bisa bertahan selama 14 hingga 21 hari di dalam vas tergantung penanganannya. 

Untuk menjaga kesegaran bunga sebaiknya Mama memangkas tangkai bawahnya dengan rutin dan mengganti air yang ada di dalam vas bunga setiap hari. Cabut juga kelopak bunga yang mulai layu ya, Ma. 

5. Krisan memiliki warna dan bentuk beragam sesuai dengan kebutuhan

5. Krisan memiliki warna bentuk beragam sesuai kebutuhan
Pixabay/Didgeman

Untuk dekorasi rumah di Hari Lebaran, Mama bisa memilih bunga krisan putih. Pilihlah bunga Krisan dengan ukuran kelopak yang besar agar terlihat cantik. 

Bunga Krisan memiliki ukuran, warna serta bentuk yang beragam, mulai dari yang kecil hingga yang cukup besar. 

Jika ingin menjadikannya sebagai dekorasi rumah, Mama bisa menempatkan beberapa tangkai di dalam vas berisi air. Jangan lupa untuk mengganti airnya dengan rutin dan memotong tangkai bawahnya 1 cm setiap hari. 

6. Calla Lilly bisa menciptakan rumah agar terkesan elegan

6. Calla Lilly bisa menciptakan rumah agar terkesan elegan
Freepik/devmaryna

Mama bisa memilih bunga Calla Lilly untuk sebagai pemanis rumah, baik bisa ditaruh di ruang tamu atau ruang makan di momen Lebaran nanti. 

Calla Lilly memang bunga yang cantik dan terkesan elegan. Kelopak bunganya berbentuk seperti mangkuk serta memiliki batang yang ramping dan tinggi. 

Simpan Calla Lily segar yang telah dipotong di dalam sebuah vas berisikan air. Namun, jangan isi terlalu penuh dan ingat untuk mengganti airnya setiap hari. 

Agar tak mudah layu, letakkan dekorasi bunga ini di tempat yang terpapar cahaya matahari dengan intensitas sedang. 

Nah Ma, itulah beberapa bunga yang cocok dijadikan dekorasi Lebaran di rumah. Semoga bisa menjadi inspirasi!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.