Pentingnya Produk Pembersih Ramah Lingkungan di Masa Pandemi

Selain rumah bersih, Mama sekeluarga juga bisa terhindar dari berbagai penyakit

14 Juni 2021

Penting Produk Pembersih Ramah Lingkungan Masa Pandemi
Freepik

Kenaikan permintaan produk pembersih rumah tangga meningkat selama pandemi Covid-19. Terutama untuk produk-produk pembersih yang eco friendly atau ramah lingkungan. 

Selain bisa melindungi rumah dari bakteri dan virus, produk pembersih ini juga tidak akan merusak lingkungan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Kantar, menunjukkan bahwa masyarakat yang peduli terhadap produk ramah lingkungan di Indonesia meningkat sebesar 112 persen.

Jika Mama dan keluarga terinspirasi untuk menjalani gaya hidup ramah lingkungan. Mulailah dari lingkungan terkecil kita, yaitu rumah sendiri. Pastikan agar Mama lebih teliti lagi dalam memilih produk pembersih rumah yang aman untuk keluarga dan lingkungan.

Nah Ma, kira-kira seberapa pentingkah penggunaan produk pembersih rumah tangga yang ramah lingkungan di masa pandemi?

Kali ini Popmama.comtelah merangkum informasinya berdasarkan Virtual media briefeing Unilever dan Shopee bertajuk 'Ciptakan Rumah bersih, Indonesia Lestari', Kamis (10/6/2021). 

1. Pentingnya memilih produk pembersih yang ramah lingkungan

1. Penting memilih produk pembersih ramah lingkungan
Freepik

Kevin Stefano, selaku Head of Homecare Ecommerce Unilever Indonesia, mengatakan bahwa setidaknya konsumen dapat melihat empat hal penting berikut ini sebelum memilih produk pembersih rumah.

Pertama, bahan baku. Apakah produk tersebut dibuat dengan formulasi yang aman? Dalam artian tidak membahayakan tubuh dan lingkungan. Kedua, memiliki dampak sosial yang baik untuk sekitarnya, misalnya apakah produk tersebut gencar memberikan edukasi tentang eco lifestyle.

Ketiga, tak hanya edukasi saja. Perhatikan apakah merek produk tersebut punya aksi nyata terhadap lingkungan? Terakhir, apakah merek produk tersebut punya tujuan yang mulia.

Editors' Picks

2. Keunggulan produk pembersih yang ramah lingkungan

2. Keunggulan produk pembersih ramah lingkungan
easyveggieideas.com

Keunggulan produk pembersih rumah yang eco friendly, di antaranya menggunakan bahan ramah lingkungan, yakni surfaktan (senyawa dalam pembuatan sabun) dan formula dari alam yang bisa diperbaharui.

Selain itu, proses karbon rendah karena menggunakan energi biomasa untuk pabrik deterjen bubuk (NSD)

Produk pembersih yang eco friendly akan membuat kita hemat dalam menggunakan air, karena dibuat dari formulasi cepat bilas. Kemasannya pun dibuat dari bahan yang bisa didaur ulang, serta menggunakan lebih sedikit bahan kimia, seperti surfaktan dan parfum yang ramah lingkungan.

3. Tips memulai eco lifestyle dengan produk yang ramah lingkungan

3. Tips memulai eco lifestyle produk ramah lingkungan
Freepik

Agni Pratistha, seorang Mama dan penggiat eco lifestyle menyarankan agar kita bisa melakukan perubahan dengan langkah-langkah kecil di rumah. 

Seperti bijak mengelola sampah dalam rumah tangga dengan memilah sampah bersasarkan kategori organik, anorganik dan sampah barang berbahaya.

Selanjutnya, melihat apa yang bisa didaur ulang atau digunakan kembali. Saat belanja, bagaimana cara agar sampahnya bisa dimanfaatkan, misalnya kardus-kardus bekas menjadi mainan anak atau sampah organik bisa diubah jadi pupuk kompos.

Memilih produk pembersih yang ramah lingkungan dan aman untuk keluarga. Selain itu, banyak-banyaklah membaca dan mencari informasi mengenai gaya hidup ramah lingkungan. Misalnya mencari tahu tips-tips cara mendaur ulang sampah.

Terakhir, Agni menambahkan untuk mulailah dari keluarga. Usahakan libatkan pasangan, anak serta asisten rumah tangga dalam menjaga lingkungan rumah.

Dengan begitu, lama-lama hal tersebut akan membentuk suatu sistem sendiri yang akhirnya menjadi sebuah kebiasan.

4. Keuntungan memakai produk pembersih ramah lingkungan di masa pandemi

4. Keuntungan memakai produk pembersih ramah lingkungan masa pandemi
Freepik

Keuntungan yang paling utama, Mama bisa lebih tenang saat menggunakan produk pembersih yang ramah lingkungan.

"Memilih pembersih rumah yang ramah lingkungan penting banget, karena terkadang ada rasa deg-degan ketika kita tahu itu semua mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk anak-anak," kata Agni.

Terutama anak-anak yang masih balita, biasanya senang sekali memasukkan benda apa saja ke mulut dan tidur-tiduran di lantai. Hal ini tentunya bikin Mama khawatir.

5. Perbedaan produk pembersih ramah lingkungan dengan pembersih biasa

5. Perbedaan produk pembersih ramah lingkungan pembersih biasa
Freepik/wayhomestudio

Perbedaan yang dirasakan Agni ketika memakai produk pembersih ramah lingkungan dengan pembersih biasa, yakni kesehatan.

"Karena dulu milihnya asal yang penting wanginya enak. Nah, itu keliatan banget anak-anak alerginya bisa kumat. Batuk nggak berhenti-berhenti," ujar Agni.

Hal ini membuatnya lebih berhati-hati saat memilih produk pembersih yang formulamnya aman. Ia juga memaparkan, bahwa semua produk pembersih pasti akan ada efeknya dengan pernapasan anak-anak. 

Seperti yang sudah dijelaskan, produk pembersih eco friendly memakai parfum atau pewangi yang ramah lingkungan. Oleh karenanya, aman untuk pernapasan dan tidak membahayakan kesehatan tubuh.

"Kelihatan banget kesehatan anak-anak jauh lebih bagus ketika memilih produk-produk yang aman," pungkasnya.

Nah Ma, itulah beberapa hal yang menjelaskan pentingnya memakai produk pembersih ramah lingkungan di masa pandemi. Yuk, mulai terapkan kebiasaan baik ini di rumah!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.