7 Penyebab Pengering Mesin Cuci Mendengung dan Tidak Bisa Berputar

Apakah pengering mesin cuci Mama tidak berputar juga?

6 Desember 2021

7 Penyebab Pengering Mesin Cuci Mendengung Tidak Bisa Berputar
honey.nine.com.au

Mesin cuci menjadi salah satu perabot elektronik yang sangat penting di rumah. Selain fungsi utamanya untuk mencuci baju, mesin ini juga dilengkapi fitur pengering sehingga baju bisa dikeringkan dalam waktu singkat setelah dicuci.

Oleh karenanya, Mama tentunya kerepotan jika pengering mesin cuci mendadak tidak berfungsi seperti biasanya. Kerusakan pada pengering mesin cuci ditandai dengan mesinnya yang tidak berputar namun hanya berdengung saja.

Jangan panik dulu Ma, sebelumnya kenali beberapa penyebab yang membuat pengering mesin cuci tidak dapat berputar seperti biasa. Berikut Popmama.com telah merangkum penyebabnya dari berbagai sumber. 

Yuk, disimak!

1. Kabel Mesin Cuci Putus

1. Kabel Mesin Cuci Putus
Freepik

Saat mecin cuci dan pengeringnya tidak berfungsi seperti biasa, sebaiknya Mama mengecek apakah kabelnya masih utuh. Kalau di rumah Mama banyak tikus, bisa jadi kabel mesin cuci putus karena digigit tikus.

Selain itu hati-hati, binatang kecil ini bisa masuk lewat saluran pengeluaran air atau pintu bukaan mesin cuci dan pengering yang tidak ditutup rapat. Oleh karenanya Mama sebaiknya cek dulu sebelum menggunakan mesin cuci dan pengeringnya..

2. Pintu mesin pengering tidak tertutup dengan baik

2. Pintu mesin pengering tidak tertutup baik
Freepik/Bearfotos

Hal ini cukup sepele, tapi sepertinya Mama perlu mengecek apakah pintu pengering mesin cuci sudah tertutup dengan benar atau belum. Sebab, ada beberapa model mein cuci yang tidak akan bekerja jika pintunya tidak tertutup dengan baik.

Selain itu, Mama juga sebaiknya membersihkan sela-sela pintu pengering mesin cuci karena terkadang ada kotoran atau material kecil yang menumpuk yang bisa menyebabkan pintunya tidak tertutup dengan baik.
 

Editors' Picks

3. Mesin pengering terlalu banyak diisi pakaian

3. Mesin pengering terlalu banyak diisi pakaian
trendvoic.com

Mama mungkin memasukan terlalu banyak pakaian sehingga tabung pengering tidak bisa berputar dengan lancar. Kalaupun mesinnya bisa berputar, pasti akan ada beberapa pakaian yang tidak kering dengan sempurna. 

Pastikan tidak langsung memasukkan banyak pakaian ke dalam pengering. Sebaiknya Mama membagi pakaian untuk dikeringkan berdasarkan warna atau bahannya.

4. Elemen pemanas tidak berfungsi

4. Elemen pemanas tidak berfungsi
Pexels/RODNAE Productions Ikuti

Penyebab lainnya kenapa pengering mesin cuci tidak bisa berputar adalah karena, terjadinya masalah pada elemen pemanas di mesin pengering sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik.

Permasalahan ini sebenarnya tidak sulit untuk diatasi. Mama pun bisa memanggil teknisi servis untuk memperbaikinya
 

5. Ventilasi tersumbat

5. Ventilasi tersumbat
cnet.com

Jika Mama merasa mesin pengering sudah sangat panas, namun pakaian Mama tak kering-kering. Hal ini biasanya disebabkan oleh ventilasi yang tersumbat. Hati-hati, jika dibiarkan hal ini dapat memicu kebakaran.

Ventilasi yang tersumbat memerangkap udara panas berlebih di dalam tabung pengering, tetapi sirkulasi udara yang rendah membuat pakaian tidak kering.

Oleh karenanya, pastikan untuk selalu membersihkan ventilasi dengan rutin agar tidak kotor, berkerak dan macet karena tersumbat oleh benang pakaian.



 

6. Dinamo mesin rusak atau terbakar

6. Dinamo mesin rusak atau terbakar
Freepik/starush

Dinamo adalah penggerak utama dari mesin cuci dan pengeringnya. Jika ada bagian dinamo yang rusak atau terbakar, mesin tidak akan bekerja dengan baik.

Dinamo bisa rusak jika terkena tetesan air secara terus menerus. Akhirnya dinamo akan korslet sampai terbakar atau rusak.

Mama bisa memanggil tukang servis untuk mengganti dengan dinamo yang baru. 
 

7. Timer pengering mesin cuci rusak

7. Timer pengering mesin cuci rusak
Freepik

Apakah pengering mesin cuci Mama tidak berputar dan hanya berdengung saja? Hal ini ternyata bisa terjadi karena bagian timer pengering rusak.

Timer adalah perangkat pada mesin cuci yang berfungsi menentukan berapa lama mesin cuci atau pengeringnya akan dipakai.

Kondisi ini rentan terjadi bila mesin cuci sudah lama digunakan sehingga komponen pegasnya aus. Selain itu, timer pengering juga mudah rusak karena gangguan semut dan kecoa.

Mama sebaiknya segera mengganti timer pengering baru yang sesuai dengan merek mesin cuci sebelumnya, agar pengering kembali berfungsi normal.

Nah Ma, itulah beberapa penyebab kenapa pengering mesin cuci tidak berputar. Semoga bisa membantu Mama!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.