Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Tips Feng Shui Akuarium dalam Rumah agar Membawa Keberuntungan

Ikan merupakan lambang kemakmuran yang dipercaya mampu membawa hoki!

18 November 2022

6 Tips Feng Shui Akuarium dalam Rumah agar Membawa Keberuntungan
brontosaurus.com

Ikan merupakan salah satu simbol penting dalam Feng Shui. Hewan air ini telah lama menjadi lambang kemakmuran di Asia Timur, sebab ikan dan nasi menjadi makanan pokok dan komponen penting dalam perekonomian rakyat. 

Apabila tidak memungkinkan untuk memiliki sebuah kolam ikan, akuarium bisa menjadi alternatif untuk membawa energi positif atau Qi dari ikan ke dalam rumah. Akuarium yang terawat dengan baik dapat membuat penghuni rumah selalu dikaruniai kemakmuran, keberuntungan serta rezeki yang mengalir dengan lancar. 

Nah Ma, berikut beberapa tips Feng Shui akuarium agar membawa keberuntungan. Kali ini Popmama.com telah merangkumnya dari the Spruce

Disimak, yuk! 

1. Mengetahui simbol ikan dalam akuarium

1. Mengetahui simbol ikan dalam akuarium
Pixabay/spiritseed

Berdasarkan legenda dari negara-negara di Asia Timur, diceritakan bahwa ikan mas yang bisa berenang ke hulu lalu melompati air terjun Sungai Kuning di Gerbang Naga (Longmen), maka ia akan berubah wujud menjadi seekor naga.

Ikan mas dikenal akan kegigihannya saat berenang melawan arus untuk sampai ke hulu. Sama seperti manusia, jika ia mampu bertahan dengan gigih melewati berbagai tantangan hidup, maka ia akan mendapatkan kebahagiaan.

Dalam Feng Shui sendiri, ikan digambarkan sebagai hewan air yang dapat bergerak bebas tanpa hambatan. Ikan yang berenang di akuarium mampu menggerakkan lebih banyak Qi ke dalam kehidupan kita.

2. Memahami simbol elemen air dalam akuarium

2. Memahami simbol elemen air dalam akuarium
Freepik/elenaskoro

Rumah yang memiliki Feng Shui baik, harus terdapat lima elemen, mulai dari air, api, bumi, kayu, dan logam yang memberikan keseimbangan di dalamnya. Akuarium memiliki unsur elemen air yang dapat memberi energi positif, kekayaan serta peluang baik.

Letakkan sebuah akuarium berisi ikan-ikan di dalam rumah, pastikan agar Mama selalu menjaga kebersihan dan kejernihan airnya.

Editors' Picks

3. Cari tahu lokasi akuarium yang tepat menurut Feng Shui

3. Cari tahu lokasi akuarium tepat menurut Feng Shui
Architectureartdesigns.com

Lokasi akuarium yang ada di rumah memang tidak boleh ditempatkan secara sembarangan, bahkan terkesan asal. Berikut rekomendasi lokasi penempatan akuarium di dalam rumah yang baik sesuai ilmu Feng Shui, diantaranya:

  • Area kekayaan (Xun), misalnya di sekitar pintu masuk untuk menarik banyak kekayaan dan kemakmuran ke dalam rumah.
  • Area karir (Kan), misalnya di ruang kerja dalam rumah untuk menciptakan lebih banyak energi dan meningkatkan produktivitas dalam bekerja.
  • Area keluarga (Zhen), misalnya ruang yang sering dijadikan tempat keluarga berkumpul. Hal ini baik untuk meningkatkan keharmonisan. 

Namun ingat, sebaiknya Mama jangan menempatkan akuarium di kamar tidur. Hal ini dikarenakan bisa membawa energi buruk terutama pada hubungan suami istri.

Selain itu, perlu diketahui bahwa air dapat membawa elemen “dingin” sehingga diyakini bisa membuat hubungan pasangan suami istri menjadi dingin. 

4. Jenis ikan yang cocok untuk akuarium menurut Feng Shui

4. Jenis ikan cocok akuarium menurut Feng Shui
Pixabay/Hans Braxmeier

Berdasarkan ilmu Feng Shui, ikan yang cocok untuk akuarium di antaranya ikan karper, arwana, atau berbagai spesies ikan berwarna emas. Hal ini karena warna emasnya dapat membawa banyak kekayaan dan keberuntungan.

Selain itu, jika tidak menemukan ikan berwarna emas, maka ikan warna merah juga bisa menjadi alternatif.

5. Berapa jumlah ikan yang dianjurkan dalam ilmu Feng Shui?

5. Berapa jumlah ikan dianjurkan dalam ilmu Feng Shui
Freepik/victor217

Dua ekor ikan dapat mewakili energi Yin dan Yang. Tiga ekor ikan dapat memberikan awal baru dan meningkatkan keharmonisan keluarga. Lima ekor ikan menciptakan keseimbangan dalam hidup berdasarkan lima elemen air, api, bumi, kayu, dan logam. 

Selain itu, Jumlah ikan yang paling direkomendasikan dalam akuarium, yakni totalnya sembilan ekor. Tempatkan delapan ikan berwarna emas atau merah di dalam tangki bersama satu ikan hitam. Diketahui, ikan hitam ini dapat menyerap semua energi negatif dalam rumah.

Namun, terlepas dari semua ini, pastikan Mama memiliki tangki akuarium yang ukurannya sudah sesuai dengan jumlah ikan.

Sebab, jika akuariumnya kotor dan tak terawat dengan baik, justru malah menciptakan Feng Shui yang buruk.

6. Penting untuk menyeimbangkan lima elemen dalam akuarium

6. Penting menyeimbangkan lima elemen dalam akuarium
Freepic.diller / Freepik

Apabila Mama ingin memiliki Feng Shui yang lebih bagus di rumah. Pastikan agar akuarium tersebut memiliki lima elemen yang seimbang di dalamnya. Berikut contoh yang perlu diketahui, yakni: 

  • Elemen tanah, meletakkan kerikil dan batu di dasar akuarium
  • Elemen logam, menambahkan dekorasi yang terbuat dari logam
  • Elemen air, dengan menjaga kualitas air bersih dan segar
  • Elemen kayu, dengan menambahkan tanaman air (boleh tanaman palsu).
  • Elemen api, dapat ditemukan pada ikan berwarna merah atau lampu sebagai pencahayaan akuarium.

Nah Ma, itulah beberapa tips Feng Shui akuarium di dalam rumah agar memberikan energi positif. Yuk, ikuti tipsnya agar membawa keberuntungan! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk