4 Tips Menjaga Pakaian Bersih dan Bebas dari Kuman di Masa Pandemi

Yuk, lindungi diri sendiri dan keluarga dengan menjaga kebersihan pakaian!

2 Mei 2021

4 Tips Menjaga Pakaian Bersih Bebas dari Kuman Masa Pandemi
Freepik

Kebersihan pakaian harusnya labih diperhatikan lagi, apalagi di era pandemi Covid-19 saat ini. Demi menjaga keamanan dan kesehatan keluarga, Mama sebaiknya memastikan pakaian yang dikenakan suami dan anak-anak telah dicuci bersih setelah dipakai di luar maupun di dalam rumah. 

Fala Adinda, dokter sekaligus relawan di RSD Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, menyarankan agar Mama memilih produk pembersih berkualitas tinggi supaya virus, kuman serta bakteri hilang dan tidak mengundang penyakit. 

“Pentingnya menjaga kebersihan itu untuk menghindari penyakit-penyakit lain. Sebaiknya, tidak sakit sekecil apa pun di masa pandemi,” ujar dokter Fala dalam acara Maxkleen Virtual Gathering yang digelar Jumat (30/4/2021).

Nah buat Mama yang ingin tahu terkait tips menjaga pakaian agar tetap bersih dan bebas dari kuman. Kali ini Popmama.com telah merangkum penjelasannya dari Maxkleen Virtual Gathering.

Disimak ya, Ma!

1. Pentingnya menjaga kebersihan pakaian

1. Penting menjaga kebersihan pakaian
Freepik/User18526052

Menjaga kebersihan pakaian tentunya penting sekali, namun bukan karena sedang berada di tengah pandemi Covid-19 saja. Perlu diingat bahwa virus dan kuman penyebab penyakit lainnya juga dapat menempel pada baju yang kotor.

Oleh karenanya, dokter Fala menegaskan bahwa kebersihan pakaian harus diperhatikan. Hal ini dikarenakan pakaian melekat pada tubuh kita. Selain itu, benda-benda di rumah juga harus terjaga kehigienisannya.

"Bagian-bagian seperti baju, meja, mobil, handle pintu itu kebersihannya harus dijaga agar jangan sampai kita sakit. Upayakan sekeliling rumah kita itu bersih, terutama baju,” lanjut dokter Fala.

Editors' Picks

2. Mencuci masker kain dengan rutin

2. Mencuci masker kain rutin
Freepik/rawpixel.com

Penggunaan masker manjadi hal yang wajib untuk melindungi diri kita dari paparan virus corona. Hal ini karena proses penularan Covid-19 pada awalnya melalui hidung dan mulut.

Banyak masyarakat memilih masker memakai kain karena selain harganya yang murah juga ramah lingkungan, bahkan bisa dipakai secara berulang kali.

Namun sebelumnya, perhatikan tips mencuci masker kain dengan benar. Sebab jika tidak dicuci dengan baik akan berpotensi akan mengurangi fungsi masker sebagai pelindung.

“Pilihlah deterjen yang berkualitas sangat baik, sehingga proses pencuciannya lebih maksimal. Cucilah dengan benar dan sesering mungkin, sehingga bisa benar-benar membersihkan permukaan masker kain tersebut,” jelas dokter Fala.

3. Langkah-langkah menjaga kebersihan pakaian setelah keluar rumah

3. Langkah-langkah menjaga kebersihan pakaian setelah keluar rumah
Pexels/evg-culture

Bagaimana caranya agar kita tetap aman setelah keluar rumah? Pasalnya banyak yang khawatir virus akan menempel di tubuh dan pakaian setelah keluar rumah. 

"Yang paling penting adalah bagaimana kita menjaga diri kita di luar agar tidak membawa penyakit ke dalam rumah," ujar dokter Fala.

Saat bepergian ke luar rumah tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Kemudian perhatikan beberapa hal ini saat pulang ke rumah.

"Ketika masuk ke rumah buka sepatu di luar, usahakan langsung mandi dan ganti bajunya," lanjutnya. 

4. Pilihlah produk pembersih anti bakteri

4. Pilihlah produk pembersih anti bakteri
Freepik/cookie_studio

Di masa pandemi ini penting sekali untuk menggunakan sabun dan deterjen yang mengandung anti bakteri, sehingga lebih efektif dalam membersihkan tubuh dan pakaian.

"Sebetulnya semua virus dan bakteri bisa mati dengan sabun, tetapi tambahan-tambahan itu membuat formulasinya lebih baik. Apakah dengan tambahan pewangi, pelembut atau antibakterial," ujar dokter Fala.

Produk pembersih dengan kualitas terbaik dapat membuat Mama merasa aman untuk melindungi keluarganya secara maksimal dari paparan virus dan bakteri.

"Pilihlah produk terbaik untuk kesehatan keluarga karena ketika keluarga sehat, maka kita bisa membuat lingkungan dan ekosistem yang sehat juga. Kemudian kita bisa membuat negara terkendali dari pandemi," tutup dokter Fala.

Nah Ma, itulah beberapa tips menjaga kebersihan pakaian di masa pandemi Covid-19. Yuk, mulai terapkan dari sekarang!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.