7 Jenis Bunga yang Cocok Ditanam di Taman Rumah

Beberapa jenis bunga yang cocok sebagai penghias taman rumah

7 Juli 2019

7 Jenis Bunga Cocok Ditanam Taman Rumah
Pixabay/theasad121

Kondisi rumah yang baik dan sehat bukan hanya tercermin dari setiap ruangan di dalam. Sebaliknya, hal tersebut sebenarnya turut terpancar dari bagian luar rumah, seperti pada taman.

Beberapa penelitian menemukan bahwa kondisi taman yang baik akan memberi dampak yang positif bagi keadaan psikologi dan mental seseorang, di mana segala emosi negatif akibat aktivitas monoton di dalam ruangan dapat teratasi.

Maka dari itu, Mama disarankan memperhatikan keadaan taman di rumah dengan sungguh-sungguh.

Lebih baik lagi jika Mama memenuhi taman rumah dengan berbagai pilihan bunga yang memiliki warna mencolok. Hal ini akan memberi nuansa positif yang menyegarkan.
 
Nah, di bawah ini,Popmama.com menyiapkan beberapa rekomendasi jenis bunga yang dapat dijadikan pilihan untuk Mama menanamnya di taman di rumah Mama.

Mari kita intip bersama dan nikmati keindahannya!

1. Canterburry Bells

1. Canterburry Bells
mr-fothergills.co.uk

Jenis bunga ini memang tidak termasuk katagori tumbuhan bellflower yang abadi.

Meski begitu, keindahannya dapat dipastikan bersifat tidak lekang akan waktu. Bunga klasik asal Inggris ini memiliki karakter yang unik, di mana bunganya berbentuk oval dan menyerupai sebuah sebuah wadah yang pinggirannya memiliki tekstur yang indah.

Saat disentuh, Mama pun akan merasakan kelembutan pada lapisan bunga yang sangat halus. Kemudian, beberapa pilihan warna yang cerah, seperti merah muda, putih, dan ungu akan menjadi pemanis yang menyegarkan mata.

Keindahan ini tidak akan tersembunyi di antara tanaman-tanaman lainnya karena batang bunga memiliki ketinggian 1-3 kaki dari tanah.

So, enjoy the look, Ma!

2. Forget-me-not Flower

2. Forget-me-not Flower
flowermeaning.com

Dengan nama unik yang adalah Forget-me-not Flower, bunga jenis Myosotis ini memang memiliki keindahan yang sulit untuk dilupakan oleh siapapun yang melihat.

Sebagaimana yang kita ketahui, sangat jarang untuk kita dapat menemukan bunga yang memiliki warna biru sempurna dan hal inilah yang menjadi keunggulan utama dari Forget-me-not Flower.

Ditambah lagi, bunga langka ini nyatanya memang sangat menyukai sinar matahari yang penuh. Jadi, keindahannya dipastikan akan semakin terpancar di siang hari.

What a good view for days, right?

3. Foxglove

3. Foxglove
mnn.com

Satu lagi jenis bunga yang memiliki karakter unik dengan bentuk wadah yang memanjang, yaitu Foxglove.

Secara khusus, jenis bunga Digitalis ini memiliki bentuk yang menyerupai sangkakala yang menjuntai.

Foxglove memiliki keindahan yang mengesankan melalui berbagai pilihan warna cerah pada lapisan bunga, yaitu kuning, pink, dan ungu.

Bukan hanya manusia saja yang akan dibuat tertarik, bunga ini disebut sebagai salah satu jenis bunga yang paling menarik perhatian beberapa binatang, seperti kupu-kupu.

Hal tersebut dikarenakan ukuran bunga yang terbilang besar dengan daun-daun hijau yang panjang serta tangkai bunga yang ketinggiannya mencapai 5 kaki dari tanah.

Sangat baik untuk dimanfaatkan sebagai tempat teduh parsial dari sinar matahari bagi binatang-binatang kecil.

Editors' Picks

4. Hollyhock

4. Hollyhock
amazon.com

Jika Mama mengira bahwa beberapa bunga sebelumnya sudah cukup tinggi untuk dijadikan sebagai pilihan bunga yang keindahannya akan terlihat jelas dari kejauhan, Mama harus mengenal bunga Hollyhock terlebih dahulu.

Bunga ini memiliki ukuran tangkai yang sangat tinggi hingga mencapai lebih dari 6 kaki. Alhasil, penampilan bunga Hollyhock yang mempesona akan sangat terlihat. 

Secara khusus, keindahan warna yang menjadi pilihan utama, seperti merah, pink, ungu, putih, dan hijau.

Menariknya masing-masing warna direpresentasikan melalui dua tipe bunga Hollyhock, yaitu bunga ganda dan tunggal.

So unique, ya!

5. Lunnaria Annua

5. Lunnaria Annua
en.m.wikipedia.org

Fakta menarik dari bunga Lunnaria Anua adalah sebutan lainnya yang dikenal dengan nama Honesty Flower.

Nama lain tersebut mencerminkan bahwa bunga yang biasa tumbuh pada pertengahan musim tahunan ini memiliki penampilan fisik yang sangat jelas mengesankan.  

Dengan bentuk bunga yang tipis dan memiliki empat cabang, warna ungu yang menonjol disebut sebagai keindahan utama.

6. Matthiola

6. Matthiola
en.m.wikipedia.org

Bunga tidak hanya dikenal dari keindahan yang terpancar melalui penampilan luar yang mengesankan.

Sebaliknya, bunga turut mencerminkan karakter uniknya dari aroma yang terpancar.

Secara khusus, bunga Matthiola memiliki bentuk fisik yang nyaris sama seperti Lunnaria Annua, tetapi dengna jauh lebih banyak pilihan warna, seperti putih, pink, lavender, kuning dan deep reds.

Bunga dengan nama lain Stock Flower ini disebut sebagai bunga yang menghasilkan aroma wangi yang sangat kuat, namun sedikit tercium aksen spicy fragrance.

Aksen tersebut akan tercium pada malam hari, di mana Mama dan keluarga sudah beristirahat.

Sebagai rekomendasi, Mama dapat memilih Matthiola longipetala dan Matthiola Incana yang menjadi 2 tipe bunga Matthiola yang populer.

7. Dianthus Barbarus

7. Dianthus Barbarus
en.m.wikipedia.org

Memiliki sedikit aksen spicy pada aroma yang dihasilkan seperti Matthiola, Dianthus Barbarus turut menjadi salah satu jenis bunga yang diminati.

Bunga dengan nama lain Sweet William ini memiliki karakter pertumbuhan yang rapih secara fisik.

Dengan rerumputan yang turut bertumbuh bersama bunga Dianthus Barbarus, bunga ini tumbuh dalam ukuran rendah dan posisi kepala bunga yang rata.

Warna yang dihasilkan sangat eye-catching, yaitu merah, ungu, dan pink.

Guess what? Keindahannya akan terus terlihat karena jenis bunga ini cenderung bermekaran senantiasa pada akhir musim semi sampai musim panas.

Sekarang, Mama sudah tahu mengenai beberapa pilihan bunga yang cocok untuk taman di rumah Mama, bukan?

Ayo, mulai bertanam ria di pekarangan untuk menciptakan keindahan taman yang didambakan!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!