TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Arti Kelelawar Masuk Rumah, Mitos atau Bukan?

Ada banyak arti kelelawar masuk rumah dari berbagai kepercayaan masyarakat

10 Agustus 2022

10 Arti Kelelawar Masuk Rumah, Mitos atau Bukan
Pexels/Yaroslav Shuraev

Kelelawar merupakan hewan yang aktif di malam hari. Biasanya, mereka hidup di dalam gua yang gelap dan lembap. Beberapa dari mereka juga ada yang tinggal di ranting-ranting pohon. Sebagai hewan nokturnal, kelelawar kerap berkeliaran dari pohon ke pohon bahkan bisa masuk ke dalam rumah.

Dalam kepercayaan masyarakat, kelelawar masuk rumah ini merupakan pertanda akan sesuatu hal. Meski sebenarnya kelelawar yang tak sengaja masuk ke rumah ini akan keluar dengan sendirinya, namun beberapa masyarakat percaya dengan arti dari kejadian tersebut. Lantas, apa saja arti dari masuknya kelelawar ke rumah?

Berikut Popmama.com telah merangkum 10 arti kelelawar masuk rumah. Kira-kira mitos atau bukan, ya?

Yuk Ma, disimak dengan baik!

1. Nasib buruk kepada pemilik rumah

1. Nasib buruk kepada pemilik rumah
Pexels/BREAKS OUT

Kepercayaan pertama tentang arti kelelawar masuk rumah mengartikan nasib buruk akan datang kepada pemilik rumah. Mitos ini berasal dari kepercayaan masyarakat Sunda yang menganggap bahwa kelelawar merupakan jelmaan makhluk gaib.

Menurut kepercayaan tersebut, semakin banyak kelelawar yang masuk ke rumah, maka semakin besar adanya kemungkinan bahwa nasib buruk akan terjadi kepada pemilik rumah.

Nasib buruk itu bisa berupa sakit, rezeki yang tertunda atau mungkin masalah dalam kehidupan rumah tangga.

2. Aura negatif yang membuat tertarik

2. Aura negatif membuat tertarik
Pexels/Surendra Singh Sekhawat

Sebagai hewan yang menyukai tinggal di dalam gua yang gelap, kelelawar dipercaya tertarik akan aura negatif. Oleh karena itu, menurut kepercayaan Feng Shui serta primbon Jawa, jika kelelawar masuk ke rumah, maka bisa jadi tanda adanya aura atau energi negatif di dalam rumah.

Untuk menghilangkan aura negatif dalam rumah, Mama bisa melakukan beberapa perubahan pada desain rumah. Salah satu perbuhan yang bisa dilakukan seperti mengganti warna cat dinding jadi lebih cerah.

Pergantian warna ini agar kelelawar tak salah mengartikan rumah sebagai gua tempat tinggalnya.

3. Tanda keberuntungan dalam hidup

3. Tanda keberuntungan dalam hidup
Pexels/Vladimir Konoplev

Bagi masyarakat Cina, mamalia bersayap dipandang sebagai tanda keberuntungan. Kelelawar tak jarang menjadi simbol umur panjang dan sehat.

Bahkan, beberapa masyarakat Cina memakai jimat kelelawar untuk mempromosikan kebahagiaan dalam hidup mereka.

4. Rezeki akan datang di masa depan

4. Rezeki akan datang masa depan
Pexels/Vladimir Konoplev

Primbon Jawa tidak hanya memberi peringatan kepada manusia tentang arti buruk dari masuknya kelelawar ke rumah. Ia juga menyebutkan tentang pertanda baik yang bisa diambil dari mitos ini.

Menurut kitab tersebut, apabila kelelawar masuk rumah kemudian mengitari rumah searah jarum jam, maka penghuni rumah akan mendapatkan rezeki dalam jangka waktu depat.

Namun, apabila kelelawar mengitari rumah melawan arah jarum jam, maka rezeki akan datang dalam waktu lama.

Editors' Picks

5. Tamu datang membawa kabar baik

5. Tamu datang membawa kabar baik
Pexels/Monstera

Menurut budaya Jawa yang tersebut dalam kitab primbon, kelelawar yang masuk lalu mengitari rumah searah jarum jam juga menjadi pertanda bahwa akan ada tamu yang datang membawa kabar baik bagi penghuni rumah.

Kabar baik itu bisa berupa rezeki yang datang secara tiba-tiba, jodoh yang mendekat, kesempatan yang ditawarkan, dan lain sebagainya.

6. Bencana bagi orang-orang rumah

6. Bencana bagi orang-orang rumah
Pexels/julian david

Mitos berikutnya berasal dari kepercayaan Feng Shui. Dalam kepercayaan Feng Shui, kelelawar masuk ke rumah dianggap sebagai pertanda buruk. Rakyat Tionghoa percaya bahwa mamalia yang aktif pada malam hari itu membawa bencana.

Bencana yang dipercaya bisa terjadi pun beragam, mulai dari datangnya penyakit, jodoh semakin jauh, rezeki yang tak kunjung datang, hingga masalah-masalah hidup lainnya.

Setelah dikunjungi kelelawar, pemilik rumah dengan kepercayaan ini akan dihantui ketakutan dan ketidaknyamanan.

7. Perubahan akan terjadi dalam hidup

7. Perubahan akan terjadi dalam hidup
Pexels/Itai Perelman Nasich

Dalam budaya Celtic, kelelawar masuk ke rumah melambangkan transformasi dan kegembiraan. Masyarakat Celtic percaya bahwa beberapa perubahan akan terjadi dalam hidup mereka apabila mendapati kelelawar masuk ke rumah.

Perubahan itu bisa terjadi dalam kehidupan pribadi, pekerjaan, keluarga, maupun lingkungan atau orang-orang sekitar. Hal ini mungkin meliputi perubahaan gaya hidup, kebiasaan makan, teman atau lingkungan, dan sebagainya.

8. Sedang dalam pergolakan emosional

8. Sedang dalam pergolakan emosional
Pexels/Miriam Fischer

Sebagian masyarakat juga ada yang percaya bahwa jika kelelawar masuk ke rumah, maka tandanya pemilik rumah sedang mengalami pergolakan emosional. Bisa jadi orang itu sedang mendapatkan tekanan dari rekan kerja atau teman.

Kelelawar perlu mengepakkan sayap ratusan kembali sebelum terbang. Jika kelelawar tersangkut di suatu tempat di rumah (misalnya, di cerobong asap atau atap), hal itu bisa menunjukkan bahwa ada masalah pada penghuni rumah yang membuat keadaan emosional bergolak.

9. Ada kerusakan pada bagian rumah

9. Ada kerusakan bagian rumah
Pexels/HitchHike

Jika ada kelelawar masuk ke rumah mama, bisa jadi ada celah yang membuatnya dapat masuk ke rumah. Mungkin ada lubang atau celah yang menawarkan perlindungan untuk kelelawar. Hal itu kemudian menjadi daya tarik bagi kelelawar.

Permasalahan yang mungkin terjadi ialah atap yang bocor atau cerobong asap yang tersumbat di rumah. Ada baiknya Mama segera mencari kerusakan pada bagian rumah dan apabila ada, segera perbaiki agar kelelawar tidak bisa masuk lagi ke rumah.

10. Pengujian thayyirah untuk manusia

10. Pengujian thayyirah manusia
Pexels/Vladimir Konoplev

Dalam pandangan Islam, masuknya kelelawar ke rumah tidak memiliki arti khusus. Kepercayaan terhadap mitos-mitos masyarakat ialah bentuk thayyirah, perwujudan dari syirik kecil.

Maka dari itu, para ulama memandang kelelawar sebagai binatang yang menguji manusia apakah mereka akan percaya dengan pertanda-pertanda yang datang dari masyarakat atau tidak.

Itulah 10 arti kelelawar masuk rumah dari berbagai kepercayaan masyarakat di dunia. Pastikan bila ada kelelawar yang terjebak di dalam rumah sebaiknya dibantu untuk keluar ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk