TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Cara Dekorasi Rumah Gaya Japandi

Rumah gaya Japandi memiliki karakteristik yang khas

14 Agustus 2022

5 Cara Dekorasi Rumah Gaya Japandi
houseandhome.com

Japandi adalah dekorasi dari perpaduan gaya rumah Jepang dan Skandinavia. Rumah dengan gaya ini memiliki konsep space-saving yang membuat rumah ini memiliki efisiensi dalam upaya memaksimalkan fungsi ruang.

Kini, sudah banyak ditemui rumah-rumah dengan gaya Japandi. Selain efisien, gaya Japandi juga memiliki nilai estetis yang bisa dinikmati tanpa mengenal waktu. Gaya dekorasi ini yang kemudian sering dipilih untuk menciptakan rumah yang tak pernah membosankan.

Sebelum mulai mendekorasi rumah dengan gaya ini, Mama sebaiknya memahami dulu terkait karakteristik dari rumah gaya Japandi. Berikut Popmama.com bagikan beberapa cara dekorasi rumah gaya Japandi.

1. Memilih furnitur minimalis, namun fungsional

1. Memilih furnitur minimalis, namun fungsional
habitusliving.com

Karakteristik yang paling identik dengan rumah gaya Japandi ialah pemilihan furnitur minimalis, namun fungsional pada bagian rumah. Seperti konsep Japandi pada umumnya yang menekankan efisiensi, minimalis menjadi istilah yang melekat pada gaya Japandi.

Perlu diingat bahwa minimalis bukan berarti mengurangi barang dalam skala besar. Minimalis itu lebih mengarah pada pemilihan barang yang dibutuhkan, namun dengan penataan yang sederhana.

Editors' Picks

2. Menerapkan warna dengan nuansa earth tone

2. Menerapkan warna nuansa earth tone
habitusliving.com

Secara umum, rumah gaya Japandi memiliki dominasi cat berwarna putih. Perpaduan dari cat putih dan pemilihan warna light wood pada furnitur, memberikan nuansa earth tone yang menjadikan ruang dalam rumah terkesan alami.

Jika ingin sesuatu yang berbeda, Mama juga bisa mengolaborasikan warna putih dan cokelat pada perabotan dengan warna soft seperti pastel. Penggunaan warna soft dapat diaplikasikan pada sofa ataupun lukisan pada dinding.

3. Menggunakan material yang natural

3. Menggunakan material natural
labellavie.com

Cara mendekor rumah dengan gaya Japandi berikutnya, yakni dengan menggunakan material dari bahan natural. Contohnya seperti pemilihan bahan kayu pada furnitur, penggunaan kain linen dan katun yang organik, berbagai olahan tanah liat, hingga dekorasi yang terbuat dari kaca.

Intinya gaya Japandi menekankan pada konsep eco-friendly dan keberlanjutan lingkungan. Ini yang menjadi salah satu faktor gaya rumah Japandi ialah gaya yang tak lekang oleh waktu.

4. Menghidupkan ruangan dengan tanaman

4. Menghidupkan ruangan tanaman
dezeen.com

Salah satu ciri khas dari rumah gaya Japandi ialah keberadaan tanaman menjadi bagian di rumah. Tanaman yang bisa dipilih pun beragam, mulai dari tanaman hias Monstera, sirih gading, Lucky bamboo, mini bongsai, lidah mertua, bunga lily, palem, hingga tanaman pakis.

Selain itu, Mama juga bisa menerapkan seni ikebana untuk mengombinasikan beberapa tanaman yang terdiri dari bunga-bungaan, rumput-rumputan, hingga tanaman dengan daun yang lebar.

Seni ikebana ini dikenal memberikan estetika dengan konsep minimalis.

5. Membiarkan ruangan menjadi lebih terbuka

5. Membiarkan ruangan menjadi lebih terbuka
habitusliving.com

Tak hanya interior, Mama juga perlu tahu bahwa secara arsitektur, rumah gaya Japandi memiliki ciri khas sebagai ruangan terbuka. Karakter open space ini bertujuan untuk memberikan rasa dari kehidupan di luar ruangan.

Untuk bisa menerapkan konsep ini, Mama bisa menggunakan model pintu yang lebar dan jendela kaca yang menyeluruh. Dengan demikian, ruangan akan tampak luas dan lebih terbuka.

Itulah beberapa cara dekorasi rumah gaya Japandi yang perlu Mama perhatikan. Semoga bisa menjadi inspirasi dan tips yang bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk