TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

8 Peralatan Elektronik yang Harus Dicabut saat Malam Hari

Tak hanya hemat energi, mencabut peralatan elektronik ini mampu mencegah risiko korsleting listrik

29 Juli 2022

8 Peralatan Elektronik Harus Dicabut saat Malam Hari
Pexels/Pixabay

Peralatan elektronik menjadi kebutuhan penting bagi kehidupan manusia. Setiap hari, kita pasti menggunakan peralatan elektronik untuk berbagai aktivitas sehari-hari, mulai dari mencuci baju, membuat makanan atau minuman, menyimpan bahan makanan dan minuman, hingga kebutuhan akan hiburan.

Bahkan, tidak jarang beberapa orang menggunakan peralatan elektronik dari pagi sampai malam seharian tanpa mencabutnya dari stop kontak. Padahal, tidak semua peralatan elektronik aman saat tetap tersambung dengan aliran listrik di rumah, lho.

Berikut Popmama.com telah merangkum daftar peralatan elektronik yang harus dicabut saat malam hari, terutama ketika ditinggal tidur.

Yuk Ma, disimak sebagai sebuah pengetahuan baru!

1. Televisi

1. Televisi
Pixabay/Alehandra13

Televisi menjadi salah satu peralatan elektronik yang harus dicabut saat malam hari, lho. Mungkin beberapa dari kita selama ini hanya sebatas mematikan televisi dari remote maupun layar.

Padahal, kabel televisi yang biasanya tidak cukup terdiri dari satu kabel itu tetap harus dicabut dari sumber listrik. Tujuannya untuk mencegah adanya korsleting listrik.

2. Komputer

2. Komputer
Pexels/Oleg Magni

Baik personal computer (PC) yang terhubung langsung dengan stop kontak maupun laptop yang sedang diisi ulang juga harus dicabut dari stop kontak ketika sudah tidak digunakan pada malam hari.

Laptop yang telah diisi ulang secara penuh, namun tidak segera dicabut akan boros energi. Selain itu, tidak baik juga bagi performa laptop untuk tetap mengisi ulang baterai yang sudah mencapai 100 persen karena dapat menurunkan kinerja baterai.

3. Pengisi daya ponsel

3. Pengisi daya ponsel
Pexels/Steve Johnson

Pengisi daya (charger) ponsel yang digunakan saat malam hari, terutama ketika sang pengguna ponsel tertidur, hanya akan menjadi sia-sia. Pasalnya, ponsel yang sudah terisi penuh menjadi tidak akan berhenti mengisi dan akan menyebabkan over-charging.

Tidak hanya boros listrik, membiarkan ponsel dalam keadaan mengisi daya ketika baterai sudah terisi penuh bisa mengarah pada kerusakan baterai ponsel. Akan jadi jauh lebih baik untuk mengisi ulang ponsel di pagi hari ketika bangun tidur, sebelum memulai aktivitas.

Editors' Picks

4. Magic com

4. Magic com
Unsplash/MChe Lee

Tidak banyak orang yang tahu bahwa magic com (penanak sekaligus penghangat nasi) merupakan peralatan elektronik yang sebaiknya juga dicabut saat malam hari. Selain alasan yang berhubungan dengan listrik, membiarkan nasi berada di dalam magic com semalaman juga harus dihindari.

Nasi tersebut biasanya akan berubah warna setelah seharian dan mulai kehilangan rasa pertanda terbentuknya dan berkembangnya bakteri di nasi. Jika sudah begini, nasi sebaiknya jangan untuk dikonsumsi lagi.

5. Kipas angin

5. Kipas angin
Pexels/Alireza Kaviani

Saat malam, kipas angin mungkin menjadi pilihan sebagian orang untuk menemani tidur. Padahal, tidur dengan menggunakan kipas angin tidak baik untuk kesehatan, lho.

Dampak yang paling fatal ialah seseorang bisa mengalami kekurangan oksigen karena pasokan oksigen yang seharusnya didapatkan langsung, menjadi terhambat karena putaran angin dari kipas angin.

Kipas angin pun sebaiknya ikut menjadi peralatan elektronik yang harus dicabut saat malam hari.

6. Kabel ekstensi

6. Kabel ekstensi
Pixabay/papazachariasa

Ketika dibutuhkan, kabel ekstensi memang menjadi barang yang berguna untuk membantu dalam menyambungkan semua peralatan elektronik di satu titik stop kontak. Namun, jika kabel ekstensi dibiarkan saat tidak diperlukan, terutama saat malam, hanya akan membuang energi listrik rumah.

Lebih parahnya lagi, kabel ekstensi yang tidak segera dicabut bisa mengalami overheat (terlalu panas) yang dapat mengarah pada risiko terjadinya korsleting listrik hingga kebakaran rumah.

7. Dispenser air

7. Dispenser air
Pexels/RODNAE Productions

Di dalam dispenser air, terdapat alat pemanas air yang akan bekerja hanya jika dialiri arus listrik. Tak hanya itu, dispenser juga memiliki kemampuan untuk mempertahankan kestabilan suhu air saat terhubung dengan listrik.

Untuk menghemat listrik sekaligus menghindari risiko terjadinya korsleting listrik, ada baiknya untuk mencabut kabel dispenser air dari stop kontak. Mama bisa mencoloknya kembali saat butuh, misal ketika ingin menyeduh teh atau menikmati kopi panas di pagi hari setelah bangun tidur.

8. Elektronik dapur lainnya

8. Elektronik dapur lainnya
Pexels/Max Vakthbovych

Selanjutnya, peralatan elektronik lain yang tidak kalah penting harus dicabut saat malam hari ialah elektronik dapur lainnya, seperti microwave, oven, ketel listrik, juicer atau blender, coffee maker, dan lain sebagainya.

Jika aktivitas memasak di dapur menggunakan peralatan elektronik dapur tersebut sudah selesai, cabut semua yang masih terhubung dengan stop kontak.

Itulah beberapa peralatan elektronik yang harus dicabut saat malam hari. Selain menghindari risiko terjadi kebakaran rumah karena korsletinglistrik, mencabut peralatan ini juga menghemat energi lho, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk