Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

8 Aplikasi Daur Ulang Sampah, Bisa Bikin Rumah Semakin Bersih

Melalui aplikasi, masyarakat turut andil dalam melestarikan lingkungan

18 Maret 2023

8 Aplikasi Daur Ulang Sampah, Bisa Bikin Rumah Semakin Bersih
Pexels/Sarah Chai

Apakah kamu pernah terpikirkan berapa volume sampah yang tertimbun di Indonesia? Melihat jumlah masyarakat sekitar 274 juta jiwa, rasanya tak mengherankan jika sampah terus menggunung tiap tahunnya.

Padahal, pemerintah telah mencanangkan berbagai program untuk melestarikan lingkungan dari sampah. Namun, tak sedikit pula masyarakat yang masih belum mengerti cara mengolah sampah yang baik.

Pengelolaan sampah menjadi kesadaran bagi masing-masing pihak untuk menjaga lingkungan dari zat berbahaya. Pemerintah dan masyarakat wajib bertanggung jawab terhadap proses pengelolaan sampah yang tepat.

Saat ini, sudah banyak bermunculan beragam aplikasi daur ulang sampah yang bisa direalisasikan oleh masyarakat. Sejumlah aplikasi tersebut dapat meningkatkan kesadaran akan lingkungan serta memudahkan untuk mendaur ulang sampah.

Kira-kira, apa saja ya aplikasinya? Melansir dari berbagai sumber, berikut ini Popmama.com telah merangkum sejumlah aplikasi daur ulang sampah yang bisa kamu gunakan.

1. Waste4Change

1. Waste4Change
Dok. IDN Times/Diah Putri

Waste4Change merupakan salah satu aplikasi daur ulang sampah yang didirikan pada 2014. Melayani antar jemput sampah, Waste4Change memiliki slogan 'Reduce Waste to Landfill' dengan mengajak masyarakat untuk mengelola sampah agar tidak sia-sia di pembuangan akhir.

Masyarakat dapat menggunakan Waste4Change untuk mengirim berbagai jenis sampah organik dan anorganik seperti plastik, kardus, stirofoam, kemasan barang melalui situs resmi dengan kode SYW (Send Your Waste).

Menariknya, pengolahan sampah dilakukan dengan bantuan black soldier fly, yakni hewan lalat yang berperan sebagai dekomposer sampah organik. Tujuannya agar sampah dapat digunakan kembali, Waste4Change bekerja sama dengan perusahaan daur ulang sampah.

2. Mallsampah

2. Mallsampah
Playstore/Mallsampah

Aplikasi daur ulang sampah menarik selanjutnya yaitu Mallsampah. Mallsampah menyediakan sejumlah fitur unik yang bisa kamu gunakan, seperti jual sampah, donasi sampah, zero wastem, produk hijau dan gerakan hijau.

Sampah yang dijual ke Mallsampah bahkan bisa dikonversi menjadi poin. Sampah yang terkumpul dapat ditukarkan dengan saldo e-wallet, pembayaran token listrik, pulsa, PDAM, dan lainnya.

3. PlasticPay

3. PlasticPay
Playstore/Plasticpay

Sesuai dengan namanya, PlasticPay merupakan aplikasi khusus daur ulang plastik. Program yang dicanangkan PlasticPay ialah mengajak masyarakat ikut serta mengubah sampah plastik menjadi barang yang terpakai.

Sama seperti Mallsampah, PlasticPay juga dapat dikonversi menjadi poin yang sangat bermanfaat. Kamu cukup menaruh sampah di sebuah kotak pengumpul sampah milik PlasticPay yang tersebar di beberapa titik. 

Tak hanya itu, PlasticPay juga bekerja sama dengan pelaku UMKM Indonesia untuk menjual produk bermanfaat dari daur ulang sampah.

Editors' Picks

4. Octopus

4. Octopus
Playstore/Octopus

Octopus merupakan aplikasi daur ulang sampah yang masih terbilang baru, yakni diluncurkan pada 2022. Bukan hanya barang daur ulang, Octopus membantu industri daur ulang sampah untuk mengumpulkan limbah yang tak dapat didaur ulang.

Octopus menerima berbagai jenis sampah seperti kardus, botol, stirofoam hingga barang elektronik. Sampah-sampah yang dikumpulkan melalui Octopus dapat kamu tukarkan menjadi poin yang bisa digunakan untuk membeli token listrik, pulsa dan merchant yang bekerja sama dengan Octopus.

5. Duitin

5. Duitin
Playstore/Duitin

Bagi kamu yang repot untuk membuang sampah ke tempat daur ulang, aplikasi ini sangat cocok karena Duitin yang akan menjemput sampah di rumahmu.

Walau begitu, Duitin hanya menerima sampah seperti plastik, kardus, jelantah, karton, dan produks skincare. Menariknya, Duitin menjadi aplikasi pertama yang menerima popok bekas pakai untuk didaur ulang.

Sesuai dengan namanya, Duitin dapat mengonversi sampah yang kamu kumpulkan menjadi rupiah dalam bentuk poin. Kegiatan membuang sampah kini jadi menarik, ya.

6. eRecycle

6. eRecycle
Playstore/eRecycle

Aplikasi ini didirikan oleh PT. Multi Inti Digital Lestari sebagai layanan penjemputan sampah. eRecycle akan membawa sampah dari rumahm dan ditimbang secara akurat.

eRecycle menerima sejumlah jenis sampah seperti plastik, kertas, kaca, logam, dan jelantah. Reward yang kamu dapat dari mengumpulkan sampah dapat didonasikan untuk menyelamatkan lingkungan dan disalurkan kepada lembaga swadaya masyarakat.

7. Rapel

7. Rapel
Playstore/Rapel

Aplikasi Rapel lebih berfokus kepada daur ulang sampah anorganik. Tak hanya plastik dan minyak, Rapel juga menerima sampah elektronik untuk didaur ulang.

Sampah bisa kamu kumpulkan dan ditukar dengan rupiah di lokasi yang menjadi mitra aplikasi Rapel. Aplikasi ini baru tersedia di beberapa kota besar seperti Tangerang, Yogyakarta dan kota besar lainnya.

8. Dibuang

8. Dibuang
Playstore/Dibuang

Aplikasi ini adalah singkatan dari Dibuang Jadi Uang. Dirilis oleh PT. Bumi Indah Bersih, aplikasi Dibuang merupakan sebuah program untuk mendukung daur ulang sampah untuk melestarikan lingkungan.

Melalui aplikasi ini, pengguna dapat terkoneksi dengan sejumlah kolektor sampah terdekat. Pengguna juga akan mendapat poin setelah berat sampah ditimbang.

Itulah beberapa aplikasi daur ulang sampah yang sangat menarik dan bermanfaat. Selain mendapat reward, kamu juga turut serta membantu melestarikan lingkungan sekitar menjadi semakin bersih.

Bagaimana, adakah salah satu aplikasi tersebut yang menarik minatmu?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk