5 Tanaman Hias yang Baik untuk Kesehatan Mental

Tanaman dapat mencerminkan kehidupan manusia dengan berbagai cara lho, Ma

27 Februari 2021

5 Tanaman Hias Baik Kesehatan Mental
Freepik/gpointstudio

Tanaman hias menjadi salah satu tumbuhan yang banyak digemari oleh masyarakat. Selain mudah untuk dirawat, tanaman hias dapat dijadikan sebagai interior atau dekorasi tambahan agar ruangan menjadi indah.

Tanaman hias cenderung harganya lebih mahal dibandingkan dengan tumbuhan lainnya. Namun, bagi penggemar tanaman hias, harga tidak menjadi penghalang untuk membeli dan merawatnya.

Perlu diketahui bahwa tanaman sama dengan makhluk lainnya yang membutuhkan perhatian dalam masa tumbuh kembangnya. Ketika Mama tidak merawatnya dengan baik, tanaman akan perlahan melayu dan mati.

Tumbuhan dapat mencerminkan kehidupan manusia dengan lebih dari satu cara dan membantu untuk menyesuaikan diri selama menjalankan masa-masa sulit lho.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum tanaman hias yang baik untuk kesehatan mental.

1. Tanaman lidah buaya sebagai pengingat dalam melepaskan orang yang kurang baik

1. Tanaman lidah buaya sebagai pengingat dalam melepaskan orang kurang baik
Freepik/wirestock

Lidah buaya merupakan tanaman yang mudah dirawat dan memiliki banyak manfaat. Daun lidah buaya dapat dijadikan sebagai obat herbal dan mengobati luka pada kulit, seperti luka bakar, radang, dan bekas luka.

Lidah buaya menjadi tanaman ampuh untuk menjernihkan udara di sekitar. Memang tidak sama dengan filter udara, tetapi bisa membantu mendetoksifikasi udara dari bahan kimia berbahaya.

Pada umumnya lidah buaya diletakkan pada pembangkit listrik di dapur atau kamar mandi dan tempat yang ada bahan kimia rumah tangga. Jika lidah buaya semakin bertumbuh besar, Mama dapat memindahkannya ke dalam pot yang lebih besar.

Tanaman ini dapat disiram setiap minggu dan dijemur di bawah sinar matahari.

Saat Mama merawat tanaman lidah buaya, perlu memerhatikannya dan rutin memotong bagian yang telah mati.

Hal ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Ketika seseorang mengalami kehidupan berbeda, diharuskan untuk melepaskan orang yang akan menghalangi dalam proses berkembang menjadi lebih baik.

Editors' Picks

2. Tanaman lavender untuk rileks dan tetap tenang

2. Tanaman lavender rileks tetap tenang
Freepik/topntp26

Lavender merupakan salah satu tanaman yang memiliki aroma wangi dan menjadi sumber minyak esensial paling terkenal. Lavender memang tidak disebut sebagai tanaman tradisional, namun memiliki beberapa manfaat yang baik untuk tubuh.

Aroma yang dikeluarkan dapat mengurangi rasa kecemasan dan membuat hati lebih tenang. Selain itu, lavender juga bisa menambah rutinitas kecantikan karena memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi.

Untuk menenangkan hati, Mama bisa menutup mata dan tarik napas dalam-dalam ketika merasa lelah, serta ingin istirahat malam yang nyenyak.

Tanaman lavender biasanya diletakkan di kamar, sehingga dapat dilihat sebelum memutuskan untuk tidur. Lavender tergolong tanaman yang tidak memerlukan air banyak, hanya disiram saat tanah sudah mongering.

3. Tanaman bunga lili perdamaian untuk menjaga keseimbangan kehidupan kerja

3. Tanaman bunga lili perdamaian menjaga keseimbangan kehidupan kerja
Freepik

Bunga lili perdamaian dapat meningkatkan aliran energi di rumah. Hal ini dikarenakan bunga lili bisa menetralkan bahan kimia di dalam ruangan yang berbahaya. Bunga ini juga dipercaya mampu membantu seseorang untuk berkembang secara mental, fisik dan spiritual.

Jika Mama sekeluarga menyukai astrologi, tentunya akan menghargai bunga lili perdamaian bahwa memiliki penampilan yang halus dan lembut. Namun, sangat kuat dan berakar, sifat ini mirip dengan energi yang dipancarkan oleh zodiak Cancer.

Bunga lili perdamaian melambangkan simbol kedamaian, ketenangan, kemakmuran, permunian, dan kesendirian.

Bunga ini memiliki simbolisme yang cukup kuat. Oleh karena itu, sebaiknya Mama rutin mengucapkan kata-kata positif kepada tanaman.

Pada umumnya, bunga lili disimpan di kamar tidur atau ruang kantor untuk menyeimbangkan seluruh energi.

Bunga lili perdamaian termasuk ke dalam tumbuhan yang tidak memerlukan sinar matahari secara langsung dan pemberian air hanya sekali dalam seminggu.

4. Tanaman ular untuk bertahan hidup dan berkembang selama masa sulit

4. Tanaman ular bertahan hidup berkembang selama masa sulit
Freepik/mike.shots

Tanaman ular terkenal karena dapat memberikan energi pelindung yang kuat di dalam ruangan dan bersifat tahan lama dengan memberi perhatian sedikit. Tanaman ini cukup unik, yaitu mampu mengubah karbondioksida menjadi oksigen pada malam hari.

Tanaman ular berfungsi sebagai pengingat bahwa ketika Mama sedang merasa sendirian atau berada di dalam masa sulit, masih bisa memilih untuk bertahan dalam situasi apapun.

Tanaman ular cenderung mudah bergaul dan menjadi tanaman ideal untuk dirawat. Tanaman ini hanya membutuhkan perhatian sedikit dan masih dapat berkembang di bawah sedikit tekanan seperti zodiak Libra.

Pada umumnya, tanaman ular akan disimpan di dalam kamar tidur. Cara merawatnya pun cukup mudah dengan memberikan air setiap beberapa kali dalam seminggu agar tanah tetap lembap.

5. Tanaman kayu putih untuk mengobati tubuh yang sedang sakit

5. Tanaman kayu putih mengobati tubuh sedang sakit
Freepik/galinkazhi

Tanaman kayu putih ini telah populer di kalangan masyarakat. Tanaman ini memiliki aroma yang khas dan menyenangkan, serta mampu untuk mengobati asma, pilek, dan hidung tersumbat. Tanaman ini dapat dijadikan sebagai pengingat untuk lebih menghargai masa kini dan apa yang dibawa hari ini.

Untuk melektakannya, Mama dapat membuat sebuah buket mandi kayu untuk dibawa ke kamar mandi. Jika Mama meletakannya di atas pancuran air, akan mengeluarkan aroma yang segar dan menyenangkan.

Tanaman kayu putih memerlukan sinar matahari secara langsung dan butuh disiram secara teratur.

Itulah beberapa tanaman hias yang baik untuk kesehatan mental. Semoga informasi di atas dapat menjadi referensi Mama saat mencari tanaman hias untuk memperindah tampilan rumah ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.