TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Perbedaan Rumah Orang Kaya dan Miskin di Film Parasite

Bak langit dan bumi, ini perbedaan rumah orang kaya vs orang miskin di film 'Parasite' Korea Selatan

12 Agustus 2022

7 Perbedaan Rumah Orang Kaya Miskin Film Parasite
Youtube.com/Nerdwriter1

Berhasil meraih piala pada Oscar 2020, film ‘Parasite’ asal Korea Selatan dipandang sebagai sebuah masterpiece yang sarat akan makna sosial. Film karya sutradara Bong Joon Ho ini mengangkat isu ketimpangan sosial antara kaya dan miskin.

Film ‘Parasite’ menceritakan keluarga miskin yang menipu dan menjadi parasit pada sebuah keluarga kaya. Dikemas dalam komedi thriller, film ini dibuka dengan komedi dan perlahan merubah alur menjadi thriller yang mencekam dengan akhir yang tragis.

Kesenjangan kehidupan antara keluarga kaya dan miskin sangat terlihat sejak awal film, salah satunya melalui tempat tinggal. Kali ini Popmama.com telah merangkum deretan perbedaan rumah orang kaya dan miskin di film ‘Parasite’.

Bagai langit dan bumi, intip deretan perbedaannya antara rumah keluarga kaya dan miskin di bawah ini, yuk!

1. Rumah orang miskin merupakan bangunan semi bawah tanah

1. Rumah orang miskin merupakan bangunan semi bawah tanah
Youtube.com/Nerdwriter1/Movierastis

Film ‘Parasite’ dibuka dengan pengenalan karakter keluarga miskin. Ki-taek (Song Kang-ho) hidup dalam kemiskinan. Tak hanya miskin, keluarganya juga pengangguran yang sehari-hari melipat kardus pizza untuk mencari uang.

Sangat miskin, Ki-taek bersama 3 anggota keluarganya digambarkan tinggal di sebuah apartemen semi bawah tanah. Terlihat jalan masuk menuju rumahnya bisa diakses setelah menuruni tangga sempit yang cukup ke bawah.

2. Rumah orang miskin sempit dan kumuh

2. Rumah orang miskin sempit kumuh
Youtube.com/Movierastis

Seolah tinggal di rumah bawah tanah belum cukup menggambarkan kemiskinan, rumah keluarga miskin di film ‘Parasite’ juga diilustrasikan kecil dan kumuh. Terlihat bangunan rumah memiliki plafon yang rendah hingga bisa diraih oleh tangan.

Tidak punya banyak ruang, tampak rumah keluarga miskin hanya memiliki satu ruang tengah yang dipakai untuk berbagai kegiatan mulai dari bekerja melipat box pizza hingga untuk berkumpul saat makan bersama.

Editors' Picks

3. Rumah orang miskin minim pencahayaan

3. Rumah orang miskin minim pencahayaan
Youtube.com/Nerdwriter1 & Youtube.com/Movierastis

Berada di semi besmen, rumah keluarga miskin tentunya tertutup dan sulit mendapatkan cahaya matahari. Terlihat, satu-satunya jalan masuk cahaya ke rumah melalui jendela yang hanya setinggi pinggang bila dilihat dari jalanan.

Posisi jendela yang rendah juga membuat cahaya yang masuk ke rumah sangat minim. Selain itu, pemandangan dari jendela yang rendah juga tidak sedap dipandang mata. Terlihat sebuah tong sampah bahkan menutupi salah satu jendela.

4. Rumah orang kaya dibangun lebih tinggi dari tanah

4. Rumah orang kaya dibangun lebih tinggi dari tanah
Youtube.com/Nerdwriter1

Berbanding terbalik dengan rumah orang miskin yang menjorok ke bawah, rumah keluarga kaya justru dibangun lebih tinggi dari tanah. Ketika memasuki rumah dari gerbang luar, terdapat tangga yang cukup tinggi ke arah halaman.

Ketika tiba di halaman, terlihat tampilan rumah 2 lantai yang mewah dan besar. Karena dibangun lebih tinggi dari tanah, rumah bergaya modern-futuristik itu dikisahkan memiliki basement dengan pintu tersembunyi.

5. Rumah orang kaya berukuran luas dengan konsep ruangan open space

5. Rumah orang kaya berukuran luas konsep ruangan open space
Youtube.com/Nerdwriter1 & Youtube.com/Movierastis

Seperti yang disebutkan, rumah keluarga kaya di film ‘Parasite’ mewah dan megah. Selain karea ukuran rumah yang luas, rumah orang kaya tampak sangat lapang karena memakai konsep ruangan open space.

Terlihat bagian tengah ruangan di rumah orang kaya tidak memiliki sekat mulai dari ruang keluarga hingga ruang makan dan dapur. Meski tanpa sekat, antar ruangan dibuat split level pada bagian lantai yang dihubungkan dengan beberapa anak tangga kecil.

6. Rumah orang kaya didominasi elemen tangga

6. Rumah orang kaya didominasi elemen tangga
Youtube.com/Movierastis & Youtube.com/Nerdwriter1

Salah satu desain unik dari rumah orang kaya di film ‘Parasite’ adalah banyaknya tangga yang dibuat di dalam rumah. Bukan hanya sebagai estetika, tangga dalam film ‘Parasite’ menjadi ilustrasi dari strata atau kelas sosial.

Terlihat tangga dapat ditemui sejak ingin memasuki rumah sebagai akses masuk dari luar ke rumah. Bukan hanya di luar, tetapi tangga juga kerap ditemui di dalam rumah sebagai penghubung antara ruangan di dalam rumah yang menggunakan konsep split level lantai.

7. Rumah orang kaya memaksimalkan pencahayaan alami

7. Rumah orang kaya memaksimalkan pencahayaan alami
Youtube.com/Nerdwriter1

Rumah orang kaya di film ‘Parasite’ digambarkan keterbalikan dengan rumah orang miskin. Bila rumah orang miskin minim cahaya, rumah keluarga Park Dong Ik justru mendapatkan akses cahaya alami yang banyak karena dibangun di tanah yang tinggi.

Selain karena dibangun di tanah yang tinggu, akses cahaya alami juga dimaksimalkan dengan penggunaan dinding kaca. Terlihat bagian lantai tengah rumah menggunakan dinding kaca sehingga bisa melihat pemandangan ke halaman yang hijau.

Itulah deretan perbedaan rumah orang kaya dan miskin di film ‘Parasite’ yang bagai langit dan bumi. Melalui penggambaran tempat tinggalnya saja, ketimpangan sosial antara orang kaya dan miskin sudah sangat tergambarkan ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk