Semua Ada di Rumah, 7 Pengharum Kulkas dari Bahan Alami

Bahan-bahan ini bisa kamu dapat dari dalam dapur, sehingga lebih hemat!

13 Juni 2021

Semua Ada Rumah, 7 Pengharum Kulkas dari Bahan Alami
Freepik

Tak hanya tanaman yang perlu dilakukan perawatan, barang-barang elektronik yang ada di rumah juga demikian. Kulkas juga termasuk salah satunya perabotan yang harus dirawat dengan baik.

Kulkas dengan aroma tak sedap menjadi permasalahan yang umum dihadapi oleh banyak orang. Jika terlalu lama menyimpan ragam makanan dan minuman, bahkan sampai membuatnya membusuk, tak heran jika kulkas lebih sering mengeluarkan aroma tak sedap.

Adanya aroma tak sedap pada kulkas tentu membuat rasa tidak nyaman tiap kali membukanya. Bukan begitu, Ma?

Lantas, adakah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut? Jawabannya ada! Kini Mama bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di rumah untuk menghilangkan aroma tak sedap pada kulkas.

Apa saja bahan tersebut? Yuk, simak informasi yang sudah Popmama.com rangkum dari berbagai sumber terkait bahan alami untuk pengharum kulkas. 

1. Lemon

1. Lemon
Freepik/Mdjaff

Buah serbaguna yang memiliki segudang manfaat ini ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan aroma tak sedap pada kulkas, Ma.

Untuk memanfaatkan lemon, ambil beberapa buahnya dan peras ke dalam wadah bersih. Setelah itu, simpan perasan air lemon ke dalam kulkas. Dalam kurun waktu 30-45 menit, aroma segar dari lemon pun akan menyebar ke seluruh bagian kulkas.

2. Baking soda

2. Baking soda
Freepik/freepik

Bahan yang banyak digunakan untuk membuat kue lebih mengembang ini juga bisa dimanfaatkan sebagai penghilang aroma tak sedap pada kulkas.

Caranya pun mudah, cukup tuangkan bubuk baking soda ke dalam wadah bersih. Selanjutnya simpan wadah berisi baking soda tadi ke dalam kulkas. Setelah itu, baking soda nantinya akan menghilangkan aroma tak sedap yang ada pada kulkas.

Editors' Picks

3. Larutan cuka

3. Larutan cuka
Pixabay/evita-ochel

Kadar asam pada cuka disebut mampu menetralisir aroma tak sedap yang ditimbulkan makanan maupun minuman ketika disimpan di dalam kulkas. 

Untuk memanfaatkan cuka, caranya adalah melarutkan cuka bersama dengan air hangat. Jika sudah larut, keluarkan terlebih dahulu semua isi dari kulkas, lalu bersihkan seluruh bagian dalam kulkas menggunakan spons.

Jika sudah dibersihkan seluruhnya, jangan lupa untuk membersihkan sisa-sisa larutan cuka tadi karena bau cuka sangatlah menyengat.

4. Bubuk kopi

4. Bubuk kopi
Pexels/Ready Made

Tak hanya rasanya yang nikmat, ternyata penggunaan kopi juga dapat dimanfaatkan sebagai pengharum kulkas nih, Ma.

Seperti dikutip dari home.bt.com, semangkuk kecil bubuk kopi yang diletakkan di dalam kulkas, mampu menghilangkan aroma tak sedap yang ditimbulkan dari makanan maupun minum yang ada di kulkas.

Caranya pun cukup mudah. Pertama, letakkan bubuk kopi ke dalam wadah. Setelah itu, masukkan ke dalam kulkas selama sehari penuh dan biarkan bubuk kopi tersebut menyerap aroma tak sedap dalam kulkas.

Setelah didiamkan seharian, aroma tak sedap pada kulkas pun perlahan mulai terserap dan digantikan dengan aroma kopi yang menenangkan.

5. Larutan garam

5. Larutan garam
Pixabay/Bru-nO

Sama seperti penggunaan cuka, penggunaan garam sebagai pengharum alami kulkas juga dilakukan dengan melarutkannya bersama dengan air.

Langkah pertama, keluarkan semua isi kulkas terlebih dahulu. Setelah itu, campurkan garam ke dalam wadah berisi air. Lalu gunakan larutan tersebut untuk membersihkan seluruh bagian kulkas dengan menggunakan spons.

6. Ekstrak vanilla

6. Ekstrak vanilla
Tasteofhome.com

Ekstrak vanilla menjadi salah satu bahan yang digunakan dalam membuat kue. Tak hanya untuk pembuatan kue, wangi dari ekstrak vanilla juga dipercaya mampu menghilangkan aroma tak sedap pada kulkas, lho!

Cara memanfaatkannya pun cukup mudah. Pertama, siapkan kapas dan cairan vanilla. Lalu basahi kapas tersebut dengan cairan ekstrak vanilla, letakkan kapas-kapas tersebut ke dalam kulkas dan diamkan selama kurang lebih 12 jam.

7. Cengkeh

7. Cengkeh
Pixabay/PublicDomainPictures

Cengkeh menjadi salah satu rempah yang digunakan untuk menambah cita rasa masakan. Tak hanya untuk masakan, cengkeh juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi aroma tak sedap dari kulkas.

Seperti yang dilansir thefoodellers.com, cengkeh dipercaya mampu membasmi aroma tak sedap pada kulkas. Caranya cukup mengambil beberapa bunga cengkeh yang kering dan letakkan di dalam kulkas. Dengan begitu, kulkas pun terbebas dari ragam bau, Ma.

Itulah 7 bahan alami yang dapat digunakan sebagai pengharum kulkas. Bahan-bahan di atas umumnya banyak tersedia di dalam rumah, sehingga lebih memudahkan tentunya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.