5 Cara Memadupadankan Furniture di Ruang Tamu Mama

Agar ruang tamu Mama terlihat indah dan rapi

23 Oktober 2020

5 Cara Memadupadankan Furniture Ruang Tamu Mama
Freepik/alexandercho

Cara menata ruang tamu mungkin jadi hal yang cukup jadi perhatian untuk setiap orang, karena biasanya area ini ada di bagian depan sehingga akan langsung terlihat begitu memasuki rumah.

Bisa dibilang ruang tamu memberi kesan pertama bagi hunian, sehingga kalau ruang tamu tak tertata baik, bisa saja seluruh rumah akan dinilai memiliki kondisi sama. 

Apalagi kini ruang tamu tak hanya sekedar jadi tempat menerima tamu, namun bisa berfungsi juga sebagai ruang keluarga. Sehingga tentunya penting untuk membuat ruang tamu tak hanya tertata tapi juga nyaman dan mewakili karakter si pemilik rumah.

Biasanya jika bicara cara menata ruang tamu, maka tak lepas dari pemilihan dan penempatan furniture. Tapi tentu ada banyak hal lain yang juga perlu diperhatikan salah satunya pemilihan dan penempatan perabotan

Mungkin ini akan sangat berguna bagi Mama yang sedang mencari cara menata ruang tamu agar rapi dan indah. Namun tentu juga tak lepas dari selera pribadi, khususnya dari segi pemilihan warna atau motif. 

Jika Mama ingin mengetahui apa saja yang harus diperhatikan agar ruang tamu Mama terlihat indah dan rapi, kali ini Popmama.com akan memberikan tips berikut ini.

Disimak ya, Mama! 

1. Tetapkan apa yang dibutuhkan di ruang Mama

1. Tetapkan apa dibutuhkan ruang Mama
apartmenttherapy.com

Sangat mudah untuk memilih penempatan dekorasi di ruang tamu Mama. Namun dengan melakukan beberapa perencanaan sederhana untuk meninjau kebutuhan ruangan Mama, kemungkinan besar Mama akan menciptakan ruangan yang tidak hanya terlihat bagus tetapi juga fungsional.

Barang yang pertama harus ada yaitu tempat duduk, mengingat fungsi ruangan yang signifikan adalah tempat berkumpul dan bersantai dengan nyaman. Mama dan keluarga mungkin membutuhkan sofa dan beberapa kursi, atau hanya membutuhkan sofa berbentuk L.

Pilihlah tempat duduk yang fungsional, dan utamakan kenyamanan ya, Ma. Setelah Mama menentukan pengaturan tempat duduk, Mama bisa menambahkan furniture lain seperti meja kecil, rak buku, meja kopi utama atau meja samping yang lebih kecil untuk membuat ruang semakin fungsional.

Editors' Picks

2. Pemilihan warna

2. Pemilihan warna
interiordesign.id

Pilihlah warna furniture yang senada dengan dinding maupun elemen dekorasi interior yang lain. Adapun cara mudahnya, bisa dengan menyelaraskan warna dominan yang ada di dalam ruang serta menghindari penerapan warna kontras rendah.

Kedua cara ini sendiri amat penting, terutama untuk menjamin kehadiran furniture agar menyatu dan tidak menimbulkan ketimpangan yang mampu merusak keindahan ruang.

Pilihlah warna netral untuk furniture berukuran besar, kemudian menambahkan warna menggunakan bantal, dan hiasan lainnya. Melakukan hal ini akan memastikan ruang Mama terlihat indah.

3. Pikirkan tentang letak layout

3. Pikirkan tentang letak layout
westelm.com

Cara lain untuk menciptakan keindahan dalam ruang dengan berbagai gaya furniture yang berbeda adalah dengan menata furniture menggunakan simetri. Pertimbangkan garis ruangan, jalan setapak, dinding kunci, atau lokasi jendela.

Tempatkan furniture secara simetris mengikuti garis-garis tersebut, seperti meletakkan sofa di bawah jendela daripada di sampingnya. Hal ini membuat ruangan terasa teratur, menenangkan, dan juga indah bukan malah semrawut.

4. Gunakan pernak pernik dan sentuhan personal

4. Gunakan pernak pernik sentuhan personal
Freepik

Agar ruang tamu tak terasa terlalu kaku, salah satu caranya adalah dengan memberikan sentuhan personal pada ruang tamu. Misalnya dengan meletakkan pernak pernik favorit atau bahkan memajang foto-foto yang dibuat dengan bentuk kolase. 

Namun jangan salah, perlu trik khusus juga dalam memajang foto di ruang tamu, karena kalau salah, malah bisa membuat ruang jadi terkesan berantakan lho, Ma.

Sediakan satu area kosong yang khusus untuk dijadikan tempat memajang foto dan susunlah sesuai selera. Selain foto, Mama bisa pula memajang koleksi seperti lukisan, poster atau guci.

Jadi, cara menata ruang tamu yang baik adalah bagaimana Mama menyelaraskan ukuran, warna, bentuk dan motif dari setiap elemen yang ada di sini, bahkan kalau perlu selaraskan juga dengan ruang lain di dalam rumah.

Tapi semua itu tetap harus berdasarkan selera dan keinginan Mama ya.

5. Sesuaikan dengan anggaran

5. Sesuaikan anggaran
Freepik/dragana_gordic

Apa pun jenis furniture yang dipilih, disarankan untuk menyesuaikan dengan anggaran yang Mama miliki ya. Meski tidak selalu berarti mutlak, hindari membeli furniture murah, sebab biasanya hal tersebut akan berdampak pada kualitas yang diberikan. Adapun upaya “menghemat anggaran” sebenarnya tidak berhenti saat proses pemilihan furnitur berakhir.

Lebih dari itu, Mama juga harus memastikan, agar setidaknya furniture atau perabot yang dipilih tidak mengakibatkan biaya yang membengkak di kemudian hari. Beberapa tips yang harus Mama perhatikan, yakni:

  1. Memilih perabotan yang hemat energi.
  2. Memilih perabot dengan warna netral–sebab furnitur berwarna cerah cenderung punya harga yang lebih mahal.
  3. Membeli satu set furnitur.
  4. Senantiasa mengecek label serta fitur garansi yang diberikan.
  5. Bersabar utnuk tidak membeli seluruh furnitur rumah sekaligus.

Itu dia Mama tips agar ruang tamu Mama terlihat indah dan rapih, tips yang terakhir paling penting lho Ma! Tips tadi semoga bisa menginspirasi Mama dalam memperindah ruang tamu Mama ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.