5 Cara Merawat Jam Tangan Berbahan Stainless Steel

Simak perawatan jam tangan untuk Mama!

11 September 2020

5 Cara Merawat Jam Tangan Berbahan Stainless Steel
Pexels/fotografierende

Ma, jam tangan untuk para Mama itu banyak sekali ya jenisnya. Namun, salah satu jam yang paling klasik dan mudah dipadupadankan dengan berbagai outfit Mama tentunya jam tangan berbahan stainless steel.

Bahan ini memang istimewa. Stainless steel terlihat mewah karena kilap yang dihasilkan dan bahannya tahan terhadap karat. 

Namun, Mama tetap harus merawatnya agar jam tangan berbahan stainless steel tetap terlihat seperti baru saat Mama menggunakannya.

Oleh sebab itu, ini 5 cara merawat jam tangan berbahan stainless steel yang sudah Popmama rangkum. Yuk, disimik ya, Mama.

1. Bersihkan dengan kain microfiber setelah selesai digunakan

1. Bersihkan kain microfiber setelah selesai digunakan
Pinterest//TouchyStyle

Lap microfiber jadi barang wajib yang harus Mama miliki untuk melakukan perawatan ringan jam tangan berbahan stainless steel. Lap ini tergolong lembut dan mampu mengangkat noda-noda ringan yang menempel di jam tangan.

Selalu lap jam tangan stainless steel milik Mama dengan lap microfiber setelah digunakan seharian dan sebelum disimpan, ya Ma.

Pasalnya, jika noda-noda ringan yang dibiarkan menempel, seperti bekas keringat, bikin sulit dihilangkan lho, Ma. Jadi mulai sekarang jangan malas untuk mengelapnya setelah digunakan, ya Ma.

Editors' Picks

2. Bersihkan secara menyeluruh

2. Bersihkan secara menyeluruh
Pinterest//TouchyStyle

Jika Mama sudah rutin mengelapnya setelah memakai, jam tangan stainless steel tetap butuh perawatan menyeluruh lho, Ma. Khusus bagi Mama yang sering banget memakai jam tangan stainless steel, Mama perlu mencucinya paling tidak sebulan sekali.

Cara mencucinya mudah. Lepaskan strap stainless steel jam Mama dengan menggunakan jarum atau pinset. Agar bagian jam tangannya tidak basah terkena air. Apalagi jika jam tangan Mama tidak tahan air.

Lalu, buat larutan air sabun dengan meneteskan beberapa tetes sabun pencuci piring dalam satu baskom kecil air bersih. Gunakan sikat gigi untuk menggosok strap jam tangan stainless steel kamu hingga bersih. 

Perhatikan sela-sela strap-nya juga ya, Ma. Setelah itu keringkan dengan lap yang bersih.

Dijamin setelah itu, jam Mama terlihat seperti baru lho! 

3. Hindari terkena bahan-bahan kimia di dekatmu

3. Hindari terkena bahan-bahan kimia dekatmu
Pinterest//Trivoshop Inc

Mengenakan jam tangan stainless steel sehari-hari juga perlu berhati-hati ya, Ma. Barang-barang seperti parfum, body lotion, hingga, deodorant bisa membahayakan bahan stainless steel pada jam tangan Mama.

Hindari menempatkan jam di dekat produk-produk berbahan kimia tersebut. Jika bahan tersebut mengenai jam tangan bisa meninggalkan noda yang sulit untuk dihilangkan lho, Ma.

Jadi, hati-hati menempatkan jam tangan stainless steel Mama ya.

4. Perhatikan tempat penyimpanan

4. Perhatikan tempat penyimpanan
Pinterest//Macy's

Ma, saat jam tangan stainless steel tidak digunakan, Mama juga perlu memerhatikan tempat penyimpanan lho, Ma. Ada baiknya Mama memiliki kotak khusus untuk menyimpan jam tangan agar tetap bersih dan terbebas dari debu.

Selain itu, letakkan jam tangan berjauhan dengan alat elektronik agar tidak mengganggu kinerja jam tangan Mama. Serta jauhkan dari tempat lembap dan jangan disimpan jadi satu dengan produk-produk yang mengandung bahan kimia ya, Ma.

4. Poles jam tangan jika sudah kusam

4. Poles jam tangan jika sudah kusam
Pinterest//CALYPSOWATCH CALYPSO

Lama kelamaan meskipun sudah sering dibersihkan, jam tangan berbahan stainless steel bisa menjadi kusam. Jika sudah kusam Mama perlu memolesnya agar kembali bersinar cerah.

Tak sulit mencari produk untuk memoles jam tangan lho, Ma. Mama bisa gunakan produk poles metal atau stainless steel yang tersedia di toko bangunan atau toko peralatan kendaraan bermotor terdekat. Harganya juga relatif murah kok, Ma.

Memoles jam stainless steel dilakukan jika jam Mama sudah terlihat kusam saja ya. Agar lapisan asli jamnya tidak terkikis jika terlalu sering dipoles.

Itulah 5 cara merawat jam tangan berbahan stainless steel yang dapat Mama lakukan, mudah bukan? Kini Mama bisa selalu tampil keren dengan jam tangan kesayangan Mama.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.