10 Makanan 'Cerdas' Cepat Saji yang Harus Selalu Ada di Dapur Mama

Wajib dibeli karena bisa sangat berguna saat keadaan terdesak atau ketika 'ke-BM-an' datang

21 Oktober 2020

10 Makanan 'Cerdas' Cepat Saji Harus Selalu Ada Dapur Mama
Topntp26 / Freepik

Mama, pasti Mama menjalani kehidupan yang sibuk sehingga bantuan apa pun di sekitar rumah selalu diterima kan. Sebagai seorang Mama atau istri, meletakkan makanan yang sehat, enak dan menyenangkan di atas meja terkadang tampak seperti tugas wajib.

Untuk membuat semua orang bahagia, dibutuhkan usaha dan imajinasi dan jika Mama juga bekerja untuk mencari nafkah, itu bisa sangat melelahkan lho, Ma.

Jika Mama membeli makanan cepat saji ini ketika berbelanja, Mama dapat memiliki dapur yang penuh dengan barang-barang yang siap berubah menjadi makanan lezat dalam hitungan menit lho!

Berikut Popmama.com berikan refrensi 10 makanan cepat saji yang wajib dibeli untuk mengatasi permintaan makanan apa pun dari si Kecil. 

1. Beras cepat saji

1. Beras cepat saji
globalspaonline.com

Beras adalah pangan yang popular untuk penduduk di belahan timur dunia, termasuk Negara kita, Indonesia, sejajar dengan gandum untuk dunia belahan barat.

Jenis beras ini mempunyai cirri khas yaitu butir-butir berasnya dibuat porous (berpori-pori) sehingga air panas atau uap lebih cepat masuk ke dalamnya yang mengakibatkannya waktu menjadi masak menjadi jauh lebih cepat.

Nasi cepat masak harus dapat disiapkan dalam waktu 3-5 menit dan cara persiapannya harus sederhana. Setelah dimasak, produk tersebut harus sesuai dengan nasi biasa dalam hal rasa, aroma dan tekstur atau keempukkannya dan harus tinggi nilai gizinya (sama dengan nasi biasa), komposisinya seimbang dan mudah diproduksi dalam jumlah banyak.

2. Kacang polong beku

2. Kacang polong beku
Pixabay/eak_kkk

Tidak ada freezer yang lengkap tanpa sekantong kacang polong. Selain menjadi sayuran kedua yang sangat dibutuhkan, mereka dapat ditambahkan dengan kentang dan bawang bombay ke telur untuk membuat omelet Spanyol. 

Ditambahkan tumis kentang goreng dan kari, resep vegetarian apa pun yang menggunakan campuran produk dan dihaluskan menjadi sup yang indah lho. Dan, tidak ada nutrisi yang hilang karena membeku begitu cepat setelah dipetik.

3. Jenis rempah-rempah

3. Jenis rempah-rempah
Pixabay/sti300p

Rempah-rempah benar-benar menambah cita rasa suatu makanan, tetapi tidak mungkin untuk memiliki semua varietas kecuali Mama menanam sendiri atau melewati pasar setiap hari.

Rempah-rempah yang dikeringkan, dibekukan, dan dihaluskan adalah makanan cerdas cepat saji yang jauh lebih baik daripada versi kering yang mungkin telah ada di bagian belakang lemari Mama selama berbulan-bulan daripada yang dapat Mama ingat.

Perhatikan semua bumbu hijau pokok serta toples jahe, bawang putih, dan cabai siap pakai.

4. Bumbu saos tomat (bolognese sauce)

4. Bumbu saos tomat (bolognese sauce)
quoracdn.net

Dengan toples atau sekotak passata (saringan tomat yang dijadikan saus) Mama tidak akan pernah kehilangan bahan dasar untuk saus yang lezat untuk pasta atau bakso atau sebagai saus untuk topping pizza buatan rumah.

Jika Mama membutuhkan bumbu cepat saji, passata adalah pilihan saus cerdas cepat untuk menyelamatkan rasa makanan Mama dirumah.

Editors' Picks

5. Keju leleh (melted cheese)

5. Keju leleh (melted cheese)
Freepik/User6170755

Keju lembut meleleh yang sederhana ini adalah salah satu makanan cepat saji yang sangat serbaguna yang harus selalu Mama miliki. Mama dapat membuat mac dan cheese yang rasanya enak dalam beberapa menit hanya dengan mengaduknya ke dalam makaroni matang dengan cheddar parut.

Hancurkan dengan salmon asap panas atau mackerel untuk membuat pate instan. Kocok cheesecake, tambahkan sup dengan sesendok dan untuk menemani hidangan manis apa pun, cukup campur dengan sedikit gula (vanilla).

6. Pasta kari

6. Pasta kari
Pixabay/Stevepb

Membuat kari sangat bermanfaat dan tidak diragukan lagi karena rasanya enak, tetapi juga sangat memakan waktu dan tentu saja bukan pekerjaan yang cepat.

Pasta kari mencakup setiap kemungkinan masakan dan rasa Asia, jadi jika Mama juga ingat untuk memasukkan sekaleng santan di troli belanja Mama, Mama dapat membuat kari dalam beberapa menit. Lebih baik lagi jika Mama memiliki ayam yang sudah dimasak, untuk ditambahkan pasta dan susu.

7. Acar

7. Acar
belida.com

Dengan berbagai jenis sayuran atau buah-buahan (acar) dapat menyempurnakan selera makan Mama, lho. Pada dasarnya acar adalah jenis awetan makanan yang memakai cuka dan air garam.

Biasanya yang dibuat acar adalah timun, cabai, bawang, tomat, dan sebagainya. Acar umumnya disajikan sebagai hidangan pelengkap, dimakan bersama hidangan utama dan juga bisa disajikan sebagai salad.

8. Ikan kemasan kaleng

8. Ikan kemasan kaleng
pixabay.com/moreharmony

Pastikan produk yang Mama beli adalah produk ikan terbaik ya, Ma. Lalu pilihlah kemasan kaleng yang berisi ikan tuna, salmon, dan ikan teri. Tidak hanya sehat dan bergizi, tetapi juga dapat dikonsumsi di atas kentang panggang atau roti panggang, digunakan dalam salad dan pizza, dan juga mengisi sandwich atau menambah rasa pada pasta.

9. Pastry siap gulung

9. Pastry siap gulung
commons.wikimedia.org

Jika Mama memiliki sedikit imajinasi, pastry siap gulung, beku atau segar, adalah salah satu raja makanan cepat saji lho. Buat tart Mama sendiri dengan ham, tomat, dan mozzarella, rebus ayam dan buat menjadi pot pie, olesi dengan cheddar dan gulung dan potong menjadi bulatan dan panggang untuk camilan gurih instan, potong bulat dan buat selai tart.

10. Daging beku

10. Daging beku
Freepik/jannoon028

Mama pasti sudah menyimpan sayap dan dada ayam yang sudah siap untuk dimasak. Tetapi daging beku atau daging siap masak lainnya juga sangat berguna lho. Mama bisa membuat steak dan salad yang luar biasa dengan ham yang dimasak.

Menjadi ratu dapur bukanlah ilmu roket dengan perencanaan yang matang dan pandangan jauh ke depan. Dengan 10 makanan cepat saji pintar ini, Mama hanya membutuhkan otak Mama untuk menjadikan makanan tersebut enak dan disukai oleh keluarga. 

Itu dia Mama, 10 makanan cepat saji yang harus Mama miliki di dapur Mama. Selain mudah, 10 makanan tersebut sangat terjangkau lho, Ma.

Selamat mencoba ya, Mama! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.