Maraknya Pencurian Tanaman Hias, Ini Tips agar Tanaman Mama Aman!

Jangan sampai tanaman hias Mama yang mahal itu raib dicuri orang yang tidak bertanggung jawab ya!

26 Oktober 2020

Marak Pencurian Tanaman Hias, Ini Tips agar Tanaman Mama Aman
Pixabay/jpeter2

Sejumlah tanaman hias mendadak naik daun di tengah pandemi Covid-19. Aneka tanaman hias dengan bentuk unik dan tampilan indah memang menjadi yang paling populer.

Selain itu, kemudahan dalam perawatan juga menjadi salah satu alasan tanaman hias banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini tentunya salah satu pemicu permintaan tanaman hias makin maningkat, sehingga mempengaruhi nilai jual tanamanhias itu sendiri.

Dengan adanya fenomena tersebut, dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Pasalnya, akhir-akhir ini banyak kasus pencurian tanaman hias yang terjadi, mereka yang mencuri memanfaatkan keadaan karena pada saat ini tanaman hias dibanderol dengan harga yang mahal.

Lalu, bagaimana agar tanaman hias Mama aman dari pencuri? Berikut Popmama.com berikan tips agar tanaman hias Mama aman ya! 

1. Maraknya pencurian tanaman hias

1. Marak pencurian tanaman hias
Good Housekeeping
tanaman herba

Makin maraknya pencurian sejumlah tanaman hias yang terjadi baru-baru ini, tentunya mendapat perhatian khusus dari sejumlah praktisi dan pemerhati tanaman hias.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang melakukan tindakan tidak terpuji tersebut. Diantaranya yaitu nilai ekonomis dari beberapa jenis tanaman hias yang sedang meroket saat ini.

Semenjak adanya pandemi yang memaksa orang untuk beraktivitas di rumah, maka memunculkan hobi baru yaitu diantaranya merawat tanaman hias, hal ini tentunya salah satu pemicu permintaan tanaman hias makin maningkat, sehingga mempengaruhi nilai jual tanaman hias itu sendiri.

Tips Agar Tanaman Mama Tidak Dicuri Orang Lain

Tips Agar Tanaman Mama Tidak Dicuri Orang Lain
Unsplash/Brina Blum

 Mama, jika Mama ingin tanaman hias Mama aman. Mama bisa lakukan beberapa tips dibawah ini ya.

Editors' Picks

1. Gunakan pot yang besar dan berat

1. Gunakan pot besar berat
Freepik

Untuk mencegah orang mencuri tanaman dalam pot, Mama bisa pilih pot besar dan berat yang tidak mudah dipindahkan. Meskipun pot tersebut berat namun ada saja yang tetap nekat untuk mengangkat pot tersebut.

Lebih baik lagi, Mama bisa pasang rantai atau baut penanam ke tanah. Dengan begitu, pencuri akan kesulitan untuk mengambil tanaman hias Mama.

2. Tambahkan pencahayaan

2. Tambahkan pencahayaan
Pixabay/Bru-nO

Kebanyakan pencurian adalah kejahatan peluang dan jika Mama melihat tanaman dan barang-barang kebun Mama hilang di malam hari, pencuri mungkin beroperasi pada malam hari. Maka dari itu, Mama perlu perhatikan penerangan yang maksimal ditempat Mama menaruh tanaman hias tersebut. Hal tersebut tidak hanya mencegah pencurian taman tetapi juga membantu keamanan rumah Mama, lho!

3. Pasang kamera cctv

3. Pasang kamera cctv
Pixabay/ElasticComputeFarm

Banyak pencuri yang menganggap ketika mereka mencuri itu tidak akan tertangkap. Ini membuat kamera cctv menjadi pencegahan yang sangat baik. Mama bisa pasang kamera cctv dibagian sudut rumah Mama yang terdapat tanaman hias, agar jika kemungkinan buruk terjadi dan tanaman hias Mama dicuri, Mama bisa melihat pelaku pencuri tersebut.

4. Pasang gembok di gerbang rumah Mama

4. Pasang gembok gerbang rumah Mama
Pexels/Life of Pix

Jika tanaman Mama berada di halaman belakang, Mama jangan sampai lupa untuk mengunci gerbang belakang rumah Mama ya. Ataupun jika tanaman hias Mama diletakkan diteras rumah, Mama juga tidak boleh lupa untuk mengunci gerbang halaman rumah Mama ya. Karena beberapa pencuri masuk begitu saja ketika gerbang rumah Mama tidak terkunci lho.

Nah Ma, untuk meningkatkan kewaspadaan, jika perlu tanaman dengan harga jutaan rupiah sebaiknya di letakkan di tempat yang tak terlihat orang saat malam hari. Hal ini agar tidak mengundang maling untuk mencuri tanaman mahal Mama. 

Mama, itulah beberapa tips yang bisa Mama lakukan jika memiliki tanaman hias di rumah ya. Jangan sampai tanaman hias Mama yang mahal itu raib dicuri orang yang tidak bertanggung jawab ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.