5 Tips Menata Perabot di Dapur yang Kecil Namun Tetap Terlihat Estetik

Walaupun area dapur kecil namun tetap harus rapih dan estetik ya, Ma

21 September 2020

5 Tips Menata Perabot Dapur Kecil Namun Tetap Terlihat Estetik
Unsplash/@creatveight

Mama dapur menjadi area yang kerap dijamah penghuni rumah, beberapa dari Mama kadang justru mengabaikan estetika dapur. Malas untuk merapikan, akhirnya peralatan dapur jadi berserakan. Kalau sudah seperti ini, dapur pun jadi berantakan dan gak enak dipandang. 

Mengubah area dapur agar lebih estetik dapat Mama terapkan dengan beberapa cara sederhana, kok! Selain dengan rak tempel, berikut ini beberapa tips mudah menata peralatan dapur yang bisa Mama aplikasikan untuk hunianmu. Apa saja? Simak tips berikut yang sudah Popmama.com rangkum ya, Ma! 

1. Pilih laci ketimbang lemari

1. Pilih laci ketimbang lemari
Unsplash/@inkyhills

Mama untuk penyimpanan yang lebih praktis, ganti lemari dengan laci saja. Saat menarik laci, pasti Mama bisa melihat semua benda yang tersimpan sehingga mempermudah Mama untuk mengambil tanpa perlu membuatnya berantakan.

Menariknya, Mama dapat memasang partisi dan rak dalam laci untuk mempermudah Mama dalam menyimpan sesuatu lho!

Editors' Picks

2. Memasang partisi dalam laci

2. Memasang partisi dalam laci
Goodhousekeeping.com

​​​​​​Nah, ini dia partisi yang dibahas di atas. Sayang sekali jika ruang laci atau lemari yang luas nggak dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Alternatif lainnya, Mama dapat memasang rak untuk menata alat masak atau peralatan dapur lainnya sehingga tersusun dengan rapi di dalam laci ya.

Mama juga bisa memasang rak gantung jika lemari berada di atas dinding sehingga Mama dapat memanfaatkan ruang kosong itu untuk menyimpan peralatan dapur lainnya.

3. Memanfaatkan dinding dapur

3. Memanfaatkan dinding dapur
Unsplash/@edgarraw

Dinding dapur sebenarnya dapat Mama manfaatkan sebagai tempat penyimpanan, lohSelain bisa Mama tancapkan paku untuk menggantung alat masak, Mama bisa memasang rak terbuka yang tersusun secara vertikal pada dinding. Tapi, Mama membutuhkan dinding yang cukup tinggi untuk memberi jarak yang luas antara satu rak dengan rak lainnya ya.

Alternatif lainnya, Mama bisa memasang rak dinding untuk menyimpan berbagai macam benda seperti pisau, talenan, parutan, mangkuk, saringan, atau panci.

4. Pilih tone warna netral seperti putih dengan tambahan tanaman untuk mempermanis

4. Pilih tone warna netral seperti putih tambahan tanaman mempermanis
Unsplash/@sidekix

Setelah mengetahui bagaimana mengorganisasikan peralatan dapur, kurang lengkap rasanya kalau tidak menerapkan cat dinding berwarna netral seperti putih atau krem agar dapur terlihat bersih. Pemilihan warna ini cukup menentukan bagaimana look dapur Mama lho!

Jika Mama ingin sesuatu yang elegan dan estetik sesuaikan kitchen kabinet dengan warna yang senada. Tambahan seperti tanaman pada dapur dengan pencahayaan cukup, akan membantu memperindah ruang dapur Mama ya.

5. Menghemat perlengkapan dapur

5. Menghemat perlengkapan dapur
Pexels/Jean van der Meulen

Tips terakhir untuk memaksimalkan dapur kecil adalah mencoba menghemat perlengkapan dapur Mama. Sebab nggak dapat dipungkiri, nggak ada ruang lebih untuk benda-benda yang mungkin dapat Mama pangkas dari ruang tersebut. Apa Mama membutuhkan lebih dari empat set piring dan gelas?

Apa Mama membutuhkan lima jenis panci yang berbeda jika Mama dapat memasak dan mengukus di satu-dua panci saja?

Pertimbangkan lagi pemilihan peralatan, perlengkapan, serta furnitur dapur sehingga ruangan tersebut nggak terasa sempit karena barang-barang berlebih ya, Mama! 

Itu tadi beberapa tips yang bisa Mama gunakan untuk mengatur peralatan hingga memperindah ruang dapur. Semoga bisa menginspirasi Mama, ya!

Selamat mencoba!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.