Menurunkan Stres, Ini 5 Hobi Berkebun yang Bisa Kamu Dapatkan

Mumpung banyak di rumah, berkebun yuk

31 Mei 2021

Menurunkan Stres, Ini 5 Hobi Berkebun Bisa Kamu Dapatkan
Unsplash/lettucegrow

Masa pandemi juga membawa banyak hal positif di hidup kita. Banyak hal yang dapat kita lakukan selama dirumah saja.

Salah satunya adalah berkebun. Pasti banyak dari kita yang mulai melakukan kegiatan berkebun di rumah kita kan? Tidak harus memiliki lahan yang luas, cukup berkebun dengan menggunakan pot juga bisa kalian lakukan. 

Berkebun sebuah kegiatan yang tidak hanya melatih pikiran tetapi juga gerakan fisik juga lho. Selain memuaskan mata karena warna tanaman yang kita tanam tetapi juga menenangkan hati kita.

Mama, ini lho 5 keuntungan yang kamu dapatkan dari kegiatan berkebun yang sudah dirangkum oleh Popmama.com.

1. Mengurangi stres

1. Mengurangi stres
Unsplash/neonbrand

Berkebun adalah sebuah kegiatan yang menggunakan fisik. Fisik kita diharuskan bergerak tidak hanya berpindah dari satu tempat tetapi juga melakukan sesuatu dalam kegiatan ini.

Berkebun dikenal dapat mengeluarkan endorfin yang dapat mengurangi stres di dalam tubuh kita.

Selain itu kegiatan berkebun juga dikenal dapat mengobati emosi kita yang sedang kacau dan menjadi distraksi untuk mencari rasa tenang. Seperti melihat bunga-bunga yang kita tanam akan melihat pikiran kita lebih tenang dan semangat lagi.

Editors' Picks

2. Menambah kekuatan otot tubuh

2. Menambah kekuatan otot tubuh
Unsplash/b3njamin

Gerakan-gerakan yang dilakukan di berkebun dapat menabah kekuatan pada otot kita juga lho. Seperti mengangkat pasir, memindahkan pot, menggali lubang. Menggunakan peralatan dan melakukan secara manual akan memberikan hasil yang lebih banyak.

3. Menambah rasa kepuasan diri

3. Menambah rasa kepuasan diri
Unsplash/CDC

Berkebun juga menambah rasa kepuasan yang ada di dalam diri kita. Rasa kepuasan setelah apa yang sudah kita kerjakan dapat membuahkan hasil yang baik dan cantik untuk dilihat. Pastinya Mama senang sekali ketika hasil berkebun terlihat berbunga atau mengahsilkan buah yang bisa disajikan untuk keluarga.

4. Bisa menguruskan badan juga

4. Bisa menguruskan badan juga
Unsplash/brookecagle

Penelitian mengenai berkebun menghasilkan bahwa dengan berkebun setidaknya 30 menit dalam beberapa waktu per minggu dapat membakar kalori dan menurunkan berat badan.

Untuk orang yang masuk kategori obesitas disarankan dapat berkebun secara teratur selama 30-45 menit. Penasaran kan berapa banyak kalori yang di keluarkan ketika berkebun?

Menggali lubang saja seorang perempuan dapat mengelurakan 150 kalori sedangkan pria dapat mengeluarkan 195 kalori lalu kegiatan menanam dapat mengeluarkan 135 kalori untuk perempuan dan 177 kalori. 

5. Semakin awet muda

5. Semakin awet muda
Unsplash/eugenivy_now

Melakukan kegiatan berkebun secara teratur ternyata tidak hanya memperlambat proses penuaan saja tetapi juga mengurangi tekanan darah tinggi, mengurangi kolesterol, osteoporosis dan penyakit jantung.

Gerakan-gerakan yang dilakukan saat kita berkebun membuat tubuh kita aktif.

Kegiatan ini juga manjadi salah satu terapi yang dilakukan untuk manula dengan kendala mental illness yang biasa disebut dengan horticultural therapy.

Banyak juga ya manfaat dari berkebun. Tidak hanya sehat secara jasmani tetapi juga mental. Selain itu kita bisa menikmati hasil kebun kita juga. Selamat berkebun!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.