Apakah Penggunaan Toilet Bersama di Rumah Berisiko Tularkan Corona?

Wah, ada fakta mengejutkan nih Ma!

8 Juli 2020

Apakah Penggunaan Toilet Bersama Rumah Berisiko Tularkan Corona
Pexels/Andrea Piacquadio

Pandemi Covid-19 membuat  banyak penyesuaian hidup baik secara fisik dan sosial yang harus dilakukan. Salah satu yang berubah adalah bagaimana cara kita beraktivitas di dalam dan di luar rumah. Protokol kesehatan ketat selalu diterapkan seperti menggunakan masker, cuci tangan rutin hingga menjaga jarak.

Penyebaran virus Corona banyak ditemukan dalam kegiatan berkumpul orang banyak. Namun, tidak semua aktivitas berkumpul bisa menularkan virus ini. Mengingat penyebaran virus ini terbatas dan bisa diantisipasi ketika berkegiatan secara outdoor.

Tidak banyak dipikirkan orang, ketika beraktivitas di luar rumah ada kalanya kita harus ke kamar mandi umum. Atau ketika teman dan keluarga berkunjung, bolehkah mengizinkan mereka menggunakan toilet kita? Bahkan, apakah anggota keluarga sendiri yang habis beraktivitas dari luar rumah bisa tularkan virus Covid-19 karena menggunakan kamar mandi bersama?

Mengutip sumber Huffpost, Berikut Popmama.com rangkum informasi risiko penularan virus Covid-19 di dalam toilet rumah!

1. Risiko penularan pada toilet bersama bisa terjadi, tapi rendah

1. Risiko penularan toilet bersama bisa terjadi, tapi rendah
Pexels/Christa Grover

Menurut profesor kesehatan masyarakat University of Nevada, Brian Labus mengungkapkan bahwa risiko penggunaan toilet bersama selama pandemi Covid-19 tetap memiliki risiko penularan. Namun, masih perlu pembuktian. Namun, untuk sesama anggota keluarga asal menjaga kesehatan penularan di dalam rumah bisa diantisipasi.

"Risiko sebenarnya adalah interaksi orang-ke-orang. Ketika membiarkan seseorang menggunakan kamar mandi pribadi di rumah tidak akan menimbulkan risiko utama paparan penyakit. Namun, bukan berarti risikonya nol, tetapi risiko keseluruhan akan rendah dibandingkan dengan kontak langsung dengan orang lain,” jelas Brian Labus.

Editors' Picks

2. Meski belum pasti, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan

2. Meski belum pasti, ada beberapa faktor harus dipertimbangkan
Pexels/Engin Akyurt

Ada beberapa faktor penting yang harus dipertimbangkan ketika akan menggunakan toilet umum atau mengizinkan orang lain menggunakan toilet di rumah.

Pertama yang wajib diperhatikan tentunya adalah kesehatan diri sendiri. Faktor ini sangat perlu dipertimbangkan mengingat virus ini menyerang ketika kondisi imun seseorang turun.

"Jika termasuk ke dalam orang yang memiliki risiko tinggi, mungkin menggunakan toilet umum dan meminjamkan toilet rumah ke orang lain bisa dipikirkan ulang. Karena harus menghindari risiko kontak yang tidak disengaja dengan orang lain itu," kata Brian.

3. Menggunakan toilet bersama boleh saja, tapi pertimbangkan kesehatan orang tersebut

3. Menggunakan toilet bersama boleh saja, tapi pertimbangkan kesehatan orang tersebut
Freepik

Ketika akan mengundang orang lain atau mengadakan pertemuan di rumah, pertimbangkan kesehatan orang yang akan diundang tentunya. Mengingat jika ia memiliki tanda-tanda sakit, jangan sampai ia menggunakan toilet di rumah Mama dan Papa. Lebih baik lagi, sebaiknya cegah ia untuk datang ke pertemuan.

Oleh karenanya, jika ada dua toilet atau lebih di dalam rumah. Sebaiknya gunakan opsi ini. Bahkan jika bisa satu orang dalam keluarga menggunakan satu toilet.

"Jika ada kamar mandi tamu yang biasanya tidak digunakan (bisa digunakan), karena akan mengurangi risiko kontak dari virus yang ditinggalkan pada permukaan barang," kata Labus.

4. Protokol kesehatan ketat juga harus tetap diterapkan

4. Protokol kesehatan ketat juga harus tetap diterapkan
Pexels/Karolina Grabowska

Meski di dalam kamar mandi sendirian, tapi penularan virus Corona bisa lewat sentuhan. Covid-19 bisa menempel pada permukaan barang yang pernah disentuh selama beberapa jam atau hari. Oleh karenanya protokol kesehatan yang ketat tetap perlu diterapkan.

Adapun beberapa hal yang perlu ditekankan jika seseorang menggunakan toilet di rumah Mama atau Papa yaitu:

  • Menekankan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan
  • Tetap memakai masker di dalam kamar mandi
  • Menyediakan produk pembersih untuk digunakan orang lain
  • Singkirkan barang pribadi dari kamar mandi
  • Desinfeksi kamar mandi secara rutin

Sementara itu, untuk Mama atau Papa yang kerap menggunakan toilet umum atau toilet bersama ketika beraktivitas di luar perlu memperhatikan hal-hal ini:

  • Bawa masker, hand sanitazer yang mengandung setidaknya 60% alkohol (jika tidak ada sabun dan air), tisu toilet sendiri (kalau-kalau tidak ada), dan alas dudukan toilet sekali pakai
  • Memilih dan mengecek kebersihan toilet umum
  • Jaga jarak ketika antre di toilet
  • Jangan menyentuh langsung gagang pintu, knop keran, dan benda yang sering disentuh
  • Cuci tangan, baik sebelum dan sesudah melakukan aktivitas di toilet umum
  • Gunakan handuk kertas untuk mengeringkan tangan daripada alat pengering

Itulah tadi sederet fakta yang perlu diperhatikan tentang penggunaan toilet bersama di rumah Mama dan Papa. Sebaiknya, selain keluarga inti yang tinggal di rumah batasi kunjungan orang lain apalagi menggunakan toilet di rumah ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.