Dulu Tanaman Liar, Kini Salah Satu Jenis Keladi Dijual Rp 4.3 Juta

Beberapa jenis tanaman hias keladi memiliki harga jutaan rupiah karena keunikan dan kelangkaannya

27 November 2020

Dulu Tanaman Liar, Kini Salah Satu Jenis Keladi Dijual Rp 4.3 Juta
Instagram.com/liadeweez

Semenjak pandemi Covid-19, banyak orang di Indonesia yang memiliki hobi baru selama di rumah saja. Salah satunya adalah merawat dan membeli tanaman hias. Merawat tanaman ini jadi salah satu alternatif untuk menghilangkan kejenuhan.

Karena hal ini, sejumlah tanaman hias menjadi lebih mahal. Sebut saja janda bolong, aglaonema dan sebagainya. Ada salah satu tanaman hias yang dulunya tidak diperhitungkan dan bahkan menjadi salah satu tanaman liar. Tanaman ini disebut keladi.

Kini Indonesia kembali dibuat geger dengan viralnya tanaman keladi yang banyak diburu oleh semua kalangan. Bahkan ada salah satu tanaman keladi yang memiliki harga jutaan rupiah. Membludaknya permintaan pasar membuat tanaman keladi pun kini seakan sulit dicari. 

Bagaimana tanaman keladi ini bisa viral? Berikut Popmama.com rangkum informasi mengenai salah satu jenis bunga keladi mahal.

1. Viral di TikTok dan banyak diburu

1. Viral TikTok banyak diburu
TikTok/malvinasbharaduta

Keladi adalah tanaman dari genus Caladium (suku talas-talasan, Araceae). Tumbuhan ini banyak ditemukan di negara dengan iklim tropis. Asal tumbuhan ini dari Brazil tapi sudah banyak ditemukan di berbagai penjuru di Indonesia.

Ciri khas dari tanaman Keladi adalah bentuk daunnya yang seperti simbol hati atau jantung. Selain itu, daunnya juga licin. Beberapa jenis Keladi hibrida dikembangkan untuk tanaman hias di rumah.

Keladi hias termahal populer karena viral di TikTok. Bahkan sejumlah orang rela menyusuri sungai, pekarangan hingga hutan di Indonesia untuk mencari tanaman keladi ini.

Editors' Picks

2. Banyak macam dan jenis tanaman keladi

2. Banyak macam jenis tanaman keladi
Instagram.com/antika.anggrek

Dikutip dari berbagai sumber, tanaman keladi ini setidaknya ada 7 jenis tumbuhan bernama latin Caladium tapi dengan warna dan corak yang berbeda dengan satu sama lain. Namun, untuk kultivar atau tanaman dengan ciri sejenis ada lebih dari 1.000 jenis tanaman lho. Mulai dari keladi baret, keladi wayang, keladi tengkorak hingga keladi sexy pink.

Meski begitu, ternyata ada jenis keladi yang beracun lho. Dikutip dari Children’s Health Queensland Hospital and Health Service di Australia ada beberapa jenis keladi yang memiliki tingkat racun kategori 2 dan 3.

Oleh karenanya, tanaman keladi ini berbahaya bagi hewan peliharaan seperti kucing dan anjing serta anak-anak kecil, karena jika daun atau bagian lainnya yang tidak sengaja tergigit, maka bisa menimbulkan rasa terbakar pada mulut.

3. Jenis bunga keladi mahal hingga Rp 4.3 juta

3. Jenis bunga keladi mahal hingga Rp 4.3 juta
Shopee.co.id

Tanaman keladi ini sebenarnya terkenal dengan keeksotisan daunnya. Salah satunya adalah jenis keladi hias termahal saat ini bisa mencapai hampir Rp 5 jutaan lho. Apalagi untuk jenis-jenis keladi hibrid atau keladi persilangan.

Salah satunya adalah jenis keladi hybrid monstruosum yang bisa seharga Rp 4.3 juta lho. Jenis tanaman hias keladi ini memiliki bentuk daun yang mengerucut, dengan pangkal daun membentuk kuping.

4. Jenis keladi hitam juga jadi mahal dan banyak dicari

4. Jenis keladi hitam juga jadi mahal banyak dicari
Tokopedia.com

Selain keladi hybrid monstruosum, ada pula jenis keladi hitam yang juga viral di TikTok. Jenis ini memang tidak semahal sebelumnya. Namun, tetap saja harus merogoh kocek mahal. Jika ingin mendapatkan jenis keladi termahal ini harus membayar dari Rp 650.000 - Rp 2 juta. Ini bergantung dari banyaknya daun dalam satu akar yang sama.

Selain itu, jenis tanaman keladi hitam juga dipercaya bisa menangkal kekuatan negatif di dalam rumah lho. Tentunya ini bergantung dari kepercayaan masing-masing ya.

Itulah tadi jenis bunga keladi mahal yang bisa dipilih untuk ditanam di rumah. Tanaman keladi ini memang sedang viral di TikTok, tapi jangan sampai salah memilih untuk ditempatkan di dalam ruangan dan di pekarangan ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.