9 Ide Desain Ruang Kerja ala Drama Korea 'Start-Up' yang Estetik

Desain minimalis dan elegan untuk ruang rapat, ruang kantor hingga meja kerja untuk di rumah

27 Juni 2022

9 Ide Desain Ruang Kerja ala Drama Korea 'Start-Up' Estetik
Instagram.com/tvn_startup

Kepopuleran drama Korea 'Start-Up' sempat menghebohkan di tanah air. Saat itu nama Seo Dal-mi, Nam Do-san, dan Han Ji-pyeong begitu dielu-elukan.

Drama ini bercerita mengenai perjuangan sejumlah anak muda yang ingin membuat perusahaan rintisan (start up) di Silicon Valley fiksi Korea Selatan yang disebut Sandbox. 

Seo Dal-mi (Bae Suzy) yang cerdas dan ambisius bermimpi menjadi Steve Jobs dari Korea. Dal-mi tidak memiliki latar belakang keluarga yang terpandang, tetapi dia bersemangat tentang pekerjaannya.

Nam Do-san (Nam Joo-hyuk) adalah pendiri Samsan Tech. Seorang jenius matematika dan programmer. Do-san kecil pernah menjadi kebanggaan keluarganya karena memenangkan olimpiade matematika, tetapi tumbuh dewasa justru tak menjadi apa-apa. 

Ditambah dengan karakter Han Ji-pyeong (Kim Seon-ho) dan Seo In-jae (Kang Han-na) di dalam drama yang seru ini.

Di drama ini, kantor Samsam Tech akhirnya pindah ke Sandbox. Di sana desain kantornya bisa ditiru karena estetik dan minimalis. Penampakan kantor Han Ji-pyeong yang elegan juga bisa dijadikan contoh.

Berikut Popmama.com rangkum 9 ide desain ruang kerja ala drama Korea 'Start-Up'.

1. Ide desain ruang rapat di kantor Han Ji-pyeong

1. Ide desain ruang rapat kantor Han Ji-pyeong
Youtube.com/The Swoon

Ruang rapat biasanya digunakan untuk pertemuan membahas suatu masalah antar tim. Namun, fungsi ruang rapat juga bisa digunakan untuk ruang privat bekerja sendirian atau dalam tim kecil.

Ruang rapat di kantor Han Ji-pyeong ini bisa ditiru. Penempatan TV di ujung ruangan meja besar. Uniknya dari ruangan ini ialah pencahayaan yang cantik dan bentuk lampu square di atas meja.

Di depannya lagi ada rak buku dan file yang sengaja masuk ke dalam. Ini menciptakan ilusi rapi sekaligus memberikan kesan luas pada ruangan. Penggunaan warna abu-abu dan biru navy membuat ruangan elegan.

2. Ruang kantor dengan kesan futuristik dilengkapi lampu LED

2. Ruang kantor kesan futuristik dilengkapi lampu LED
Youtube.com/The Swoon

Drama Korea 'Start-Up' menampilkan bentuk kantor perusahaan yang kekinian. Banyak perusahaan start-up saat ini memang memiliki desain kantor yang estetik.

Kantor Samsan Tech saat sudah diterima di Sandbox ini misalnya. Poin utama dari desain ruangan kantornya ialah pemilihan warna yang elegan dan bold.

Selain itu, pencahayaan juga tampak mengagumkan. Jarang lampu langsung dari atas. Ruangan ini dipenuhi oleh lampu dinding yang kecil-kecil langsung menyorot ke arah yang telah ditentukan.

3. Bentuk jendela yang tidak biasa, dengan curtain tarik dari kayu

3. Bentuk jendela tidak biasa, curtain tarik dari kayu
Youtube.com/The Swoon

Satu lagi yang bisa dilihat dari ruangan kerja Samsan Tech ini, yaitu bentuk jendela. Cekungan cendelanya dibuat unik untuk tembok yang miring.

Dengan desain ini ruangan akan terlihat minimalis. Area kerja produktif dipusatkan di tengah dengan satu meja utama yang memanjang. Sementara itu, di sampingnya ada lemari berkas dan nakas untuk menunjang pekerjaan.

Editors' Picks

4. Pemisahan sekat antara ruang kerja produktif dan santai

4. Pemisahan sekat antara ruang kerja produktif santai
Youtube.com/The Swoon

Kebutuhan di kantor start-up saat ini cukup banyak. Biasanya kantor konvensional hanya menyediakan area bekerja sama. Ruangan kerja Samsan Tech ini punya area kerja santai yang nyaman.

Uniknya agar memisahkan antara ruang produktif dan santai dibuat sekat yang tegas. Selain itu, suasananya pun dibuat berbeda. 

Di area kerja santai kursinya menggunakan sofa dan bean bag berwarna. Pengaturan cahayanya dibuat lebih dim agar bisa digunakan juga sebagai tempat bersantai.

5. Pencahayaan langsung ke meja kerja untuk membantu fokus

5. Pencahayaan langsung ke meja kerja membantu fokus
Youtube.com/The Swoon

Ruang kerja produktif cukup banyak digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan utama. Oleh karenanya, butuh sekali meja kerja yang bisa menciptakan suasana fokus.

Pencahayaan menjadi salah satu yang mendukung manusia untuk tetap fokus. Sehingga pada tengah ruangan terdapat lampu terang tepat di atas kepala saat bekerja.

6. Hiasan dinding seperti lukisan untuk mempercantik ruangan

6. Hiasan dinding seperti lukisan mempercantik ruangan
Youtube.com/The Swoon

Ruangan kerja yang terkesan flat dan tidak menarik kadang bisa memengaruhi mood produktivitas. Sehingga perlu juga menata agar ruang kerja nyaman dan enak dilihat.

Penempatan lukisan dan hiasan dinding ini penting di beberapa sudut. Memang tembok kosong bisa membantu seseorang bekerja lebih fokus. 

Namun, jika bekerja dalam ruangan tertutup dalam waktu yang lama kita juga perlu melihat hal lain. Di mana lukisan dan hiasan dinding bisa menjadi cara 'cuci mata' singkat dari layar komputer.

7. Penempatan rak buku untuk menyimpan file dibuat masuk ke dinding agar minimalis

7. Penempatan rak buku menyimpan file dibuat masuk ke dinding agar minimalis
Youtube.com/The Swoon

Sama seperti ruangan kantor Han Ji-pyeong, ruang kerja Samsan Tech di Sandbox punya desain yang mirip. Misalnya, rak buku dan file yang dibuat masuk ke dalam dinding.

Ini bisa meninggalkan kesan rapi dan mmebuat penghuni ruangan lebih leluasa. Selain itu, hal menarik lainnya terdapat beberapa fasilitas di dalam ruangan dari pantry kecil hingga lemari es.

Makin produktif ya kalau kerja di Samsan Tech. 

8. Kalau ini desain ruang kerja untuk ruangan sempit

8. Kalau ini desain ruang kerja ruangan sempit
Youtube.com/The Swoon

Sebelum Samsan Tech pindah ke Sandbox, mereka pernah menempati ruangan sempit yang cukup tak terurus. Namun, penempatan meja di sini bisa dicontoh lho.

Ini cocok untuk kantor yang punya ruangan sempit, banyak barang tetapi sedikit tim. Apalagi jika setiap orang dalam tim tersebut diperlukan komunikasi. Penempatan meja kerja seperti ini bisa lebih efektif.

9. Meja kerja di rumah Seo Dalmi yang estetik juga bisa ditiru

9. Meja kerja rumah Seo Dalmi estetik juga bisa ditiru
Youtube.com/The Swoon

Sering bekerja dari rumah? Maka meja kerja Seo Dal-mi di kamarnya bisa jadikan inspirasi. Seo Dal-mi memilih bekerja menghadap ke luar jendela yang membantunya bisa melihat pemandangan.

Ini memungkinkan mata tak terus-terusan menatap layar sepanjang waktu. Tentu akan memengaruhi kesehatan mata kita.

Meja kerja Seo Dal-mi juga punya pencahayaan yang bagus. Satu lampu khusus digantungnya di sana agar membuat dirinya fokus dan terang saat bekerja.

Itulah tadi ide desain ruang kerja ala drama Korea 'Start-Up' yang bisa dicontoh. Siapa yang sudah nonton drama ini dan jadi ingin kerja di Samsan Tech?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk