Jadi Incaran, Harga Tanaman Janda Bolong Bisa Rp 100 Juta per Pohon

Tanaman keluarga Monstera ini ternyata bisa membersihkan polusi udara di dalam rumah lho!

25 September 2020

Jadi Incaran, Harga Tanaman Janda Bolong Bisa Rp 100 Juta per Pohon
Instagram.com/nuni_13

Tanaman Janda Bolong baru-baru ini menjadi perbincangan hangat di internet. Tanaman yang dikenal juga dengan nama Monstera ini menjadi hiasan rumah unik yang banyak dimintai anak muda.

Janda Bolong adalah tanaman hias dengan nama latin Monstera Adansonii Variegated yang cenderung dominan dengan daunnya yang memiliki banyak bolong. Karena bentuk daunnya itu, di Indonesia tanaman ini dikenal dengan nama Janda Bolong.

Namun, untuk mendapatkan Janda Bolong terbaik Mama dan Papa bisa harus merogoh kocek jutaan rupiah lho. Bahkan ada yang sampai dihargai hingga Rp 100 juta lebih.

Berikut Popmama.com rangkum fakta seputa tanaman Janda Bolong dan harganya yang fantastis!

1. Jenis-jenis Janda Bolong dengan harga mahal

1. Jenis-jenis Janda Bolong harga mahal
Pexels/Daria Shevtsova

Dikutip dari berbagai sumber, tanaman yang masuk dalam jenis Monstera ini memiliki beberapa jenis. Namun, untuk yang termahal setidaknya ada tiga jenis yang kerap menjadi incaran.

Tak hanya dalam bentuk pohon, tanaman Janda Bolong juga laku dijual hanya daunnya saja. Untuk satu lembar daun Janda Bolong bisa berharga puluhan juta lho.

Contohnya, Monstera obliqua per lembar daunnya bisa dijual dengan harga Rp25-30 juta. Monstera albo variegata dijual Rp30-50 juta per lembar daun, dan Monstera mint dan deliciosa bisa laku Rp50 juta per lembar daunnya.

2. Bentuk daunnya yang unik dan cantik

2. Bentuk daun unik cantik
Pexels/Huy Phan

Tanaman hias sejatinya untuk bisa menambah cantik sudut ruangan Mama di rumah. Nah, tanaman Janda Bolong ini memiliki karakteristik pohon dengan daun unik dan cantik. Seperti namanya, daun dari tanaman ini memiliki lubang-lubang yang justru membuat tampilannya unik.

Kebanyakan jenis Janda Bolong memiliki warna daun hijau pekat yang cocok ditaruh di sisi ruangan Mama. Warnanya yang hijau bisa membuat tampilan rumah lebih asri. Namun, ada beberapa jenis tanaman Janda bolong yang memiliki warna kombinasi bercorak putih gading dan hijau tua.

Editors' Picks

3. Janda Bolong mudah untuk dirawat

3. Janda Bolong mudah dirawat
Instagram.com/_hellosaturday_

Biasanya tanaman hijau di dalam rumah cenderung susah untuk dirawat. Namun, tidak dengan Janda Bolong karena ia bisa bertahan di kondisi cahaya yang cukup minim. Selain itu, tanaman ini juga tidak perlu sering untuk disiram lho.

Mama hanya perlu menyiramnya 1-2 kali dalam seminggu. Selain itu, Monstera juga tergolong tanaman yang tahan hama dan penyakit. Janda Bolong ideal hidup di dalam ruangan dengan suhu 23-30 derajat celcius dibandingkan hidup di ruangan terbuka yang panas.

4. Bisa memperbaiki kualitas udara

4. Bisa memperbaiki kualitas udara
Instagram.com/latifahautama

Selain menjadi dekorasi ruangan yang cantik, tanaman Janda Bolong memiliki manfaat untuk bisa menyaring udara lho. Pasalnya tanaman dari keluarga Mosntera ini memiliki sangat efektif untuk membersihkan dan menurunkan polusi udara di dalam rumah.

Pada tahun 1980-an, NASA menguji coba tanaman Monstera atau Janda Bolong sebagai salah satu tanaman untuk membersihkan udara. Dalam uji coba tersebut, NASA membuktikan kalau Janda Bolong memiliki manfaat untuk menurunkan polusi udara di sekitar tanaman ini ditempatkan.

5. Jika dijual kembali harganya bisa mahal

5. Jika dijual kembali harga bisa mahal
Instagram.com/faridahflowers33

Kalau kamu kolektor Monstera, maka bisa memanfaatkan hobi sebagai penghasilan lho. Karena saat ini sedang viral, tanaman hias ini memiliki nilai jual kembali yang cukup tinggi.

Untuk beberapa jenis Janda Bolong, harganya bisa sangat meroket karena semakin langka ditemukan di Indonesia. Kenaikan tren juga bisa menjadi salah satu sebab tanaman ini banyak dicari.

6. Sebagai simbol kesejahteraan dan umur panjang

6. Sebagai simbol kesejahteraan umur panjang
Instagram.com/caxil

Bagi masyarakat Tiongkok, keberadaan tanaman Janda Bolong di rumah dipercaya bisa membawa kesejahteraan dan umur panjang. Pasalnya tanaman Janda Bolong diasosiasikan sebagai simbol kemakmuran, kesehatan dan penghormatan terhadap leluhur.

Itulah tadi fakta dan harga tanaman Janda Bolong yang kini semakin populer. Kalau Mama ingin membeli tanaman hias ini bisa membelinya lewat online dan offline. Manfaat Janda Bolong di rumah ternyata bisa membersihkan udara di ruangan itu lho.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.