7 Jenis Aglaonema dan Namanya yang Bisa Jadi Hiasan Cantik di Rumah

Menurut NASA tanaman ini cukup efektif menghilangkan polutan rumah tangga di udara

4 Agustus 2020

7 Jenis Aglaonema Nama Bisa Jadi Hiasan Cantik Rumah
Pixabay/PENEBAR

Aglaonema adalah salah satu spesies tanaman hias yang akrab disebut 'Sri Rejeki' atau Chinese Evergreen. Tanaman ini sangat baik tumbuh daerah tropis. Kepopuleran tanaman ini sedang naik karena perawatannya yang cukup mudah dan tampilannya yang cantik.

Dikutip dari Plant Care Today, tanaman ini hanya memiliki toleransi rendah terhadap suhu yang dingin. Aglaonema tidak menyukai berada dalam suhu udara di bawah 16 derajat Celcius.

Selain itu, tanaman dengan nama latin aglaonema commutatum ini disinyalir bisa membawa energi positif di rumah. Sesuai dengan namanya ‘rejeki’ diharapkan ketika memiliki tanaman ini akan membawa banyak keberuntungan di rumah.

Oh ya, menurut NASA tanaman aglaonema ini cukup efektif menghilangkan polutan rumah tangga seperti formaldehida dan benzena yang ada di udara. Banyaknya varietas aglaonema bisa menjadi pilihan untuk hiasan di rumah. Tanaman ini bisa dibanderol mulai harga Rp 150.000 hingga Rp 1.5 juta.

Berikut Popmama.com rangkum tujuh jenis aglonema terbaik yang cantik untuk hiasan Mama di rumah!

1. Aglaonema Widuri (red peacock)

1. Aglaonema Widuri (red peacock)
Nurseryulive.com

Aglonema atau nama lainnya aglonema adalah salah satu jenis tanaman yang cukup populer dan bahkan harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah lho.

Karakteristik Aglaonema Widuri memiliki warna daun hijau dan memiliki urat berwarna merah. Tanaman ini akan semakin mahal jika urat warna merahnya semakin cerah dan mendominasi.

Untuk penanam pemula, jenis aglonema ini bisa jadi pilihan karena cukup mudah untuk menanam dan merawatnya.

2. Aglaonema Silver Queen

2. Aglaonema Silver Queen
Hortology.co.uk

Jenis aglaonema ini terbilang umum dan gampang ditemukan di pasaran. Selain itu, untuk menanam dan menumbuhkannya di rumah sangat mudah karena sanggup hidup dengan baik dengan berbagai kondisi dengan asupan cahaya minim hingga sedang.

Nama aglonema Silver Queen diambil dari warna tanamannya yang putih dengan kombinasi bercak hijau pada daunnya. Mama bisa tempatkan tanaman cantik ini dengan pot minimalis agar lebih cantik.

3. Aglonema Bidadari

3. Aglonema Bidadari
Rumah123.com

Jenis aglonema ini punya warna yang khas dan cantik. Tanaman ini punya perpaduan warna kuning, jingga, merah muda dan hijau pada setiap daunnya. Dengan warna yang cukup samar-samar pada beberapa paduan warna tersebut, membuatnya jadi tanaman hias yang unik.

Tak lupa, pada bagian tangkai ada bercak merah muda yang indah dan merupakan ciri khas dar aglaonema. Mama bisa mendapatkan tanaman hias ini dengan harga murah Rp 100.000.

Baca juga:
6 Cara Merawat Aglaonema yang Tepat agar Tumbuh Subur dan Indah

Editors' Picks

4. Aglaonema Suzy

4. Aglaonema Suzy
Instagram.com/plont.space

Aglonema ini punya nama dan tampilan yang cantik sehingga tak asing lagi terdengar untuk penyuka tanaman hias.

Aglaonema Suzy memiliki daun hijau segar dengan semburat bercak merah muda yang melintang pada bagian tengah daunnya. Namun, aglaonema jenis ini harus memiliki asupan sinar matahari yang lebih banyak dibandingkan jenis aglaonema yang lain.

5. Aglaonema Claudia

5. Aglaonema Claudia
Tokopedia.com

Berbeda dengan jenis aglaonema lain, jenis aglonema Claudia punya warna hijau pucat dan tulang dan daun merah muda pucat.

Namun, uniknya semua daun dari jenis tanaman ini akan tumbuh dengan teratur. Jenis ini berasal dari Thailand dan sangat baik diletakkan dengan jendela di rumah Mama.

6. Aglaonema Cutlass

6. Aglaonema Cutlass
Instagram.com/jamo______________

Jadi salah satu aglaonema dengan bentuk berbeda, jenis Cutlass ini punya fisik daun yang menjuntai mirip seperti belati.

Selain wujud fisiknya, warna dari aglaonema ini pun cukup unik karena memiliki warna permukaan hijau-putih lembut dengan guratan-guratan tengah hijau gelap di tepian daunnya.

Guratan yang ada itu seolah menghasilkan tampilan yang hidup meskipun ditanam di dalam atau luar ruangan.

7. Aglaonema Emerald Bay

7. Aglaonema Emerald Bay
Instagram.com/alittleplanter

Rumah Mama cederung gelap tapi ingin punya tanaman hias? Maka aglonema Emerald Bay adalah pilihan yang tepat.

Mengingat jenis aglaonema ini memiliki toleransi terhadap cahaya yang rendah dibandingkan yang lain. Oleh karenanya, jenis ini sangat mudah hidup di berbagai tempat sekalipun kurang sinar matahari. Ciri dari aglonema ini memiliki semburat warna abu-abu keperakan dengan warna daun hijau segar semakin memberikan kesan tua tapi tetap menyegarkan.

Itulah tadi nama dan jenis aglaonema yang bisa Mama jadikan tanaman hias di rumah. Mama bisa memilih tanaman ini untuk mencerahkan ruangan dan memberikan kesan hijau yang sejuk. Jadi, aglaonema mana nih yang mau Mama tanam di rumah?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.