Harus Tetap Bersih, 7 Barang Ini Sering Lupa untuk Dibersihkan

Jangan lupa untuk bersihkan barang-barang ini ya, Ma!

16 April 2021

Harus Tetap Bersih, 7 Barang Ini Sering Lupa Dibersihkan
Pexels/RODNAE Production

Rumah yang nyaman bisa meningkatkan beberapa aspek, mulai dari indah dipandang, rapi dan bersih. Dengan begitu, maka anggota keluarga di rumah juga sehat karena tinggal yang nyaman. 

Namun, kenyamanan juga berpengaruh pada kebersihan barang-barang di rumah. Ini pun diharapkan agar rumah tetap terlihat baru dan juga nyaman dipandang.

Hanya saja ada beberapa barang yang mungkin lupa untuk dibersihkan, sehingga membuat debu menumpuk dan meningkatkan potensi penyakit di rumah. Barang-barang yang sering lupa untuk dibersihkan pun mulai sekarang harus diperhatikan dengan baik. 

Barang-barang apa sajakah itu? Dilansir dari Boldsky, kali ini Popmama.com sudah merangkum informasinya.

Sudah siap bersih-bersih?

1. Bagian kepala shower

1. Bagian kepala shower
Pexels/armin-rimoldi

Ini merupakan salah satu tempat yang menjadi gudang debu jika tidak dibersihkan secara rutin. Idealnya, Mama harus membersihkannya dengan menyikanya dengan kain kering setiap beberapa minggu sekali. Hal yang sama pun harus dilakukan pembersihan menyeluruh agar lebih bersih. 

Triknya yang bisa dilakukan, yakni mengambil kantong plastik dan mengisinya dengan cuka dan air. Pastikan takarannya sama.

Kepala shower bisa dicelupkan ke dalamnya dan plastik diikat erat dengan karet gelang. Setelah sekitar 3 menit, dilepaskan dari kepala pancuran dan digosok, dicuci dan ditepuk hingga mengering.

2. Karpet

2. Karpet
Pixabay/drvce1

Karpet menumpuk banyak kotoran dan ini terutama berlaku jika rumah Mama memiliki hewan peliharaan atau anak kecil.

Idealnya, karpet harus dibersihkan seminggu sekali agar tidak menyimpan banyak bakteri. Di sini yang harus Mama lakukan, yakni menyedot karpet dengan alat yang dimiliki di rumah untuk memastikannya agar terbebas dari kotoran.

Jika Mama melakukannya secara teratur, tidak akan ada terjadi penumpukan kotoran secara massal. Pembersihan secara keseluruhan tersebut akan jauh lebih mudah. 

Editors' Picks

3. Bagian dalam mesin cuci

3. Bagian dalam mesin cuci
Pinterest.co.id/Melissa Crowe

Bagian dalam mesin cuci sebenarnya memfasilitasi penumpukan jamur, lumut dan serat. Untuk mencegah hal seperti itu terjadi, maka Mama dapat menjalankan siklus kosong mesin cuci dengan seperempat cangkir pemutih.

Mama juga dapat memilih untuk menjalankan mesin cuci dengan air penuh dengan tiga sendok teh pemutih di dalamnya. Cara apapun itu akan membantu membersihkan mesin cuci dari dalam.

4. Rak oven dan rak sepatu

4. Rak oven rak sepatu
Pixabay/matthiasboeckel

Rak bagian oven terisi dengan lapisan minyak dan kotoran, sehingga membuatnya sulit untuk dibersihkan.

Untuk membersihkannya, ambil seperempat cangkir cuka putih. Jumlah yang sama dari cairan pencuci piring dan sekitar satu cangkir air, lalu isi ke dalam botol penyemprot. Semprot rak oven dengan yang sama dan diamkan selama setengah jam.

Setelah itu, dapat dilanjutkan dengan membersihkan semua minyak dan kotoran seperti yang biasa lakukan.

Hal yang sama terjadi rak sepatu karena sering sekali diabaikan kebersihannya. Di sini yang harus Mama lakukan, yakni membersihkan debu yang sama dengan kain bersih seminggu sekali.

Jika hal tersebut dilakukan secara rutin, maka tidak akan ada penumpukan kotoran. 

5. Tempat pembuangan air di kulkas

5. Tempat pembuangan air kulkas
Pixabay/Thor_Deichmann

Tempat dibuangnya air di lemari es biasanya terletak di bagian belakang dan cukup mudah dibersihkan. Hanya saja, bagian ini juga termasuk terabaikan untuk dibersihkan. 

Mama perlu menyikatnya dengan sikat bulu, lalu dibersihkan. Namun, pastikan lemari es dalam keadaan mati sebelum melakukan ini. Ingatlah bahwa pembersihan lemari es perlu dilakukan secara teratur. 

6. Tempat pisau

6. Tempat pisau
shopee.co.id

Ini juga cukup mudah dibersihkan, tetapi sering diabaikan. Di sini, Mama perlu menjaga tempat pisau tetap terbalik untuk sementara waktu.

Tujuannya untuk memastikan bahwa sebagian besar remah-remah dan kotoran di dalam tempat pisau bisa keluar. Mama kemudian juga dapat menggunakan penyemprot pembersih untuk memastikannya agar lebih bersih.

Setelah itu, Mama hanya perlu merendam tempat pisau di dalam sabun selama sekitar 20 menit dan membilasnya dengan air.

7. Buku

7. Buku
Pexels/bongkarn thanyakij

Jika Mama di rumah gemar membaca pasti akan memiliki beberapa buku yang berjejer. Meskipun ini bukan kebiasaan buruk, hal terbaik yang dapat Mama lakukan di sini adalah membersihkan lapisan kotoran setiap minggu.

Kain serat mikro kecil akan bekerja dengan sangat baik dalam hal ini. Tidak hanya akan membuat buku dalam kondisi baik di rak, tetapi juga akan memastikan bahwa rumah tetap bebas kuman.

Nah, sudah tahu kan barang apa saja yang mungkin luput untuk di bersihkan di dalam rumah?

Lakukan secara berkala untuk terhindari penumpukkan debu, bahkan menurunkan risiko menciptakan penyakit karena ada barang-barang di rumah yang tidak bersih.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.