5 Keuntungan Menaruh Tanaman di Dalam Rumah

Selain menyegarkan mata, tanaman bisa menyegarkan saat berada di dalam ruangan

9 Mei 2021

5 Keuntungan Menaruh Tanaman Dalam Rumah
Pexels/Andrea Davis

Saat memutuskan membeli rumah, Mama yang hobi berkebun mungkin akan mempertimbangkan untuk memiliki tanaman di dalam rumah.

Alih-alih tidak memiliki kebun kecil di pekarangan rumah, Mama pun tetap bisa menanam tanaman di sekitar sudut rumah. Hanya perlu menaruh tanaman yang tepat, sehingga bisa menyegarkan mata ketika sedang berada di dalam rumah. 

Selain menambah kesan hijau yang terlihat segar, perlu diketahui bahwa tanaman juga memiliki jenis serta fungsinya masing-masing.  

Berikut Popmama.com telah merangkum terkait beberapa keuntungan memiliki tanaman di dalam rumah. Paling jelas rumah semakin terlihat asri dan bisa sangat menyegarkan ya, Ma. 

1. Meningkatkan kualitas udara

1. Meningkatkan kualitas udara
Pexels/anna-shvets

Polutan yang bisa masuk ke dalam rumah dan sulit keluar, tentu akan memicu terjadinya permasalahan kesehatan keluarga. Begitu juga ketika ada bakteri, kuman dan virus yang dibawa dari luar rumah.

Selain perlu rajin membuka jendela ruangan, kehadiran tanaman indoor juga bagus untuk meningkatkan kualitas udara.

Senyawa yang dikeluarkan tumbuhan membantu melawan polutan di udara, sehingga udara lebih aman dan sehat untuk kita hirup.

Editors' Picks

2. Baik untuk kesehatan mental

2. Baik kesehatan mental
Pexels/huy-phan-316220

Salah satu khasiat tanaman dalam rumah, yakni baik untuk kesehatan mental. Siapa sangka, ternyata tanaman yang berada di dalam rumah bisa membantu menjaga kesehatan mental.

Menurut peneliti dari Inggris, orang yang tinggal di sekitar alam merasa lebih bahagia daripada mereka yang tidak. Nah, meski Mama tinggal di tempat yang tidak banyak tumbuhan di luar ruangan, melihat tanaman hijau di dalam rumah juga bisa membantu kondisi mental.

Kemudian, memelihara tanaman di dalam rumah dapat membuat penghuni rumah merasakan suasana alam. Kehadiran tanaman juga cenderung membuat para penghuni rumah tenang dan tidak terburu-buru.

Tumbuhan pun dapat melepaskan oksigen dan mengambil karbondioksida, sehingga udara di dalam rumah lebih baik bagi kita.

Kehadiran lebih banyak oksigen berarti membuat tubuh bekerja lebih baik, termasuk otak. Otak melepaskan jenis hormon yang tepat yang membantu menjaga kesehatan mental.

Tanaman berbunga wangi juga dapat membantu menjaga kesehatan mental. Apalagi aroma bunga bisa membuat kita lebih rileks dan merasa senang untuk menjalani aktivitas keseharian.

3. Kehadiran tanaman bisa menjadi terapi

3. Kehadiran tanaman bisa menjadi terapi
Unsplash/Andrew Welch

Mengurus tanaman bisa menjadi terapi. Bagi orang yang mengalami gejala penyakit mental, aktivitas berkebun dalam ruangan dapat membantu dan membuat pikiran menjadi lebih rileks.

Para peneliti telah menggunakan terapi hortikultura untuk meningkatkan perasaan nyaman di antara orang-orang yang mengalami depresi, cemas, demensia dan kondisi mental lainnya.

Meskipun terapi hortikultura telah ada selama berabad-abad, namun terapi tersebut telah ditemukan dalam ekspresi modern.

Klinik medis di Manchester, Inggris sekarang "meresepkan" tanaman dalam pot kepada pasien dengan gejala depresi atau kecemasan.

4. Membuat ruangan lebih nyaman

4. Membuat ruangan lebih nyaman
Paxels/Vecislavas Popa

Tanaman dalam ruangan tidak hanya dapat mempercantik ruangan, tetapi juga dapat memberikan perubahan pada ruangan dari segi lingkungan, sehingga membuat suasana dalam ruangan semakin nyaman.

Berbagai perubahan yang dapat dilakukan oleh tanaman di dalam ruangan, yakni dapat meningkatkan kelembapan udara dalam ruangan serta menutupi area yang tidak menarik. Bahkan dapat membuat peneduh suhu ruangan dengan cara menghalangi terlalu panasnya sinar matahari yang menembus jendela.

5. Meningkatkan kualitas hidup pemiliknya

5. Meningkatkan kualitas hidup pemiliknya
Freepik/tirachardz

Memelihara tanaman di dalam ruangan juga bisa meningkatkan kualitas hidup pemiliknya, lho.

Manfaatnya bisa karena saat memelihara tanaman dan merawatnya sendiri sejak awal, Mama akan merasakan sebuah prestasi atau kebanggaan saat tanaman tersebut tumbuh dengan baik. Perasaan inilah yang memberi kebahagiaan.

Layaknya memiliki hewan peliharaan, Mama juga bisa memperlakukan tanaman sebagai sahabat. Bahkan, ada sebagian orang yang mengajak ngobrol atau bernyanyi untuk tanamannya.

Selain menyegarkan pandangan, menyegarkan udara ternyata memiliki tanaman di rumah banyak sekali manfaatnya nih, Ma.

Pilihlah tanaman hias yang tidak terlalu sulit diurus. Jika Mama memiliki hewan peliharaan, pilihlah tanaman yang ramah terhadap hewan peliharaan Mama.

Sudah mempertimbangkan ingin menanam apa di rumah?

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.