6 Tips Membuat Kamar Tidur yang Kecil Menjadi Lebih Luas

Coba tambahkan beberapa barang ini agar terlihat luas ya, Ma!

8 Mei 2021

6 Tips Membuat Kamar Tidur Kecil Menjadi Lebih Luas
Pexels/Cats Coming

Saat menghabiskan banyak di tempat tidur, Mama mungkin akan mempertimbangkan membereskan kamar tidur yang terlihat sempit.

Mungkin sempitnya kamar tidur bisa dikarenakan terlalu dipenuhi barang yang tidak digunakan. Hal inilah yang membuat kamar terkesan lebih kecil dan sempit. 

Perlu Mama ketahui bahwa ada beberapa tips membuat kamar tidur lebih terlihat luas, termasuk dengan menambahkan furnitur serta menempatkan beberapa barang di kamar.

Berikut ini Popmama.com sudah merangkum informasi tentang tips membuat kamar tidur yang lebih kecil, agar lebih tampak luas dan nyaman. 

1. Gunakan rak dinding gantung untuk menyimpan barang

1. Gunakan rak dinding gantung menyimpan barang
Pexels/Dmitry Zvolskiy

Saat menangani ruangan kecil, model gaya vertikal akan membantu ruangan menjadi lebih baik. Mama mungkin tidak memiliki banyak ruang di lantai, tetapi dengan menggunakan dinding hingga langit-langit, akan lebih efisien untuk meletakkan barang.

Rak dari lantai ke langit-langit adalah cara terbaik untuk menambah penyimpanan. Mama juga bisa menggunakan rak dinding gantung.

Seminimal mungkin barang yang dibutuhkan dikamar bisa digantung atau ditaruh di rak atas yang menempel di dinding, dan barang yang tidak perlu bisa ditaruh di ruang lainnya.

2. Gunakan cermin

2. Gunakan cermin
Pexels/Daria Rem

Setiap kamar tidur membutuhkan setidaknya satu cermin besar. Tentunya dibutuhkan cermin agar lebih mudah berdiri dan kebutuhan ganti pakaian untuk bersiap di dalam ruangan.

Selain itu, kamar tidur berukuran kecil bisa menggunakan lebih banyak cermin untuk menambah kesan ruangan yang luas.

Cermin adalah salah satu cara termudah untuk memberikan ilusi mata untuk berpikir bahwa ruangan lebih besar dari yang sebenarnya.

Misalnya pintu lemari yang menggunakan cermin, cermin di meja rias, cermin Starburst di tempat tidur, atau cermin kecil di dinding.

Pilih dua atau tiga cermin, dan lihatlah kamar tidur yang secara ajaib akan terlihat lebih luas dengan pantulan cahaya ke berbagai sisi ruangan.

Editors' Picks

3. Tempat tidur dengan penyimpanan di bawahnya

3. Tempat tidur penyimpanan bawahnya
Pexels/Victoria Borodinova

Untuk meminimalkan ruangan yang berantakan, coba maksimalkan ruang penyimpanan yang ada. Termasuk tempat tidur.

Pilih tempat tidur, furnitur yang memiliki penyimpanan built-in. Dengan begitu bagian bawah bisa digunakan untuk menyimpan objek.

Meski harga tempat tidur dengan desain lebih mahal, tapi setidaknya mencegah barang bertebaran di kamar.

4. Gunakan rak dinding

4. Gunakan rak dinding
Pixabay/moritz320

Mirip dengan tempat tidur penyimpanan built-in, manfaatkan juga dinding sebagai tempat penyimpanan dengan menambahkan rak.

Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan, rak juga bisa memberikan sentuhan berbeda terkait desain kamar tidur.

Bisa juga gunakan rak untuk dinding untuk menyimpan foto saat menikah atau foto maternity.

5. Gantungkan bingkai foto

5. Gantungkan bingkai foto
yustusa.com

Saat di dalam kamar tidak terlalu banyak barang, menambah bingkai foto bisa jadi tip menarik lainnya. Bingkai foto memberikan kenyamanan karena mampu membangkitkan kenangan indah.

Kehadiran bingkai bisa membuat kamar tidur terasa seperti galeri seni. Selain foto, bingkai lukisan juga bisa menjadi alternatif.

Jika Mama penyuka kain, bisa bentangkan kain tenuh atau kain bermotif yang menambah kesan luas di dalam kamar.

6. Memilih warna kamar

6. Memilih warna kamar
pinterest

Memilih warna yang cerah akan memberikan suasana yang cerah pada kamar tidur. Kamar yang cerah juga akan berdampak pada tampilan yang luas.

Oleh karena itu, warna ruang utama menggunakan warna dasar netral atau sederhananya agar memantulkan cahaya ke segala sisi.

Jika terlalu banyak warna yang digunakan pada ruangan tentu akan terlihat jelek dan juga membuat ruangan terlihat tidak jelas.

Pilih satu warna netral sebagai latar belakang, lalu tambahkan satu atau dua warna aksen agar ruangan tidak monoton.

Wah, ternyata kamar tidur yang terbilang kecil bisa disulap menjadi lebih luas kan, Ma?

Pilih lah warna kamar yang tidak terlalu gelap, atau cobalah warna netral dan akan membuat suasana kamar makin nyaman dan terlihat luas.


Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.