5 Tips Membuat Ruangan Tetap Sejuk Tanpa Perlu Membeli AC

Tetap sejuk dengan menerapkan hal ini!

18 Juni 2021

5 Tips Membuat Ruangan Tetap Sejuk Tanpa Perlu Membeli AC
Freepik/lookstudio

Terkadang cuaca menjadi lebih ekstrem yang kita kira. Bisa satu hari panas terik sampai malam, bahkan bisa juga seharian hujan dan membuat rumah menjadi lembap.

Di tengah cuaca panas, ruangan tanpa air conditioner (AC) biasanya akan terasa panas dan pengap. Namun, ada cara yang bisa dilakukan untuk membuat ruangan tetap sejuk tanpa bantuan AC.

Untuk mengetahui tipsnya agar ruangan sejuk, berikut Popmama.com telah merangkum tips untuk membuat ruangan tetap sejuk tanpa menggunakan AC. 

1. Memilih cat dengan warna yang tenang

1. Memilih cat warna tenang
desainrumahnya.com

Meski hanya mencerahkan ruangan saja, minimal Mama sekeluarga bisa mendapatkan nuansa yang lebih sejuk apabila menggunakan cat dengan warna tenang. 

Mama bisa memilih terlebih dahulu warna cat seperti biru muda, putih, hijau muda atau ungu muda. Warna-warna sejuk cenderung memengaruhi serta memberikan perasaan yang lebih tenang bagi yang melihatnya.

Memilih cat yang benar juga akan membantu suasana lebih menyenangkan. Maka dari itu, hindari warna cat gelap untuk di ruangan ya, Ma!

Editors' Picks

2. Menghalau sinar matahari yang masuk ke rumah

2. Menghalau sinar matahari masuk ke rumah
Mydecorative

Menghalangi masuknya sinar matahari ke dalam rumah bisa membuat ruangan menjadi terasa lebih sejuk.

Salah satu cara yang bisa dilakukan, yakni dengan menutup gorden yang terpasang di jendela rumah. Gunakan gorden dengan warna cerah dan pastikan gorden dalam posisi rapat. Pemilihan tirai berwarna gelap bisa membuat ruangan terasa lebih panas.

Bila memungkinkan, sinar matahari dari luar rumah juga bisa terhalang dengan pemasangan gorden berbahan tipis di bagian luar jendela.

3. Menempatkan kipas angin ditempat yang tepat

3. Menempatkan kipas angin ditempat tepat
Pixabay/PublicDomainArchive

Setelah tirai ditutup, langkah selanjutnya bisa menempatkan kipas angin pada posisi yang tepat. Saat merasa panas, jangan letakkan kipas angin di dekat tubuh.

Tempatkan kipas di dekat jendela yang terbuka. Posisi ini memungkinkan udara sejuk bersirkulasi di dalam ruangan.

Jika ingin merasa lebih sejuk, siapkan satu atau dua botol plastik dan buat lubang kecil dari tengah hingga atas botol.

Setelah itu, isi botol dengan es batu hingga ketinggiannya di bawah lubang-lubang kecil yang telah dibuat. Tempatkan botol di depan atau di belakang kipas angin.

Jika Mama memiliki kipas angin dengan tipe fan tower, letakkan nampan berisi es batu di depan kipas angin. Hal ini juga dapat membuat angin yang dihembuskan oleh kipas menjadi lebih sejuk.

4. Pentingnya mempunyai ventilasi udara di rumah

4. Penting mempunyai ventilasi udara rumah
Freepik/gpointstudio

Ventilasi sangat penting untuk ruangan yang tidak ber-AC. Hal ini dikarenakan tanpa ventilasi, udara yang berputar di ruangan hanya udara yang kotor dan membuat pengap.

Lebih disarankan untuk membuat ventilasi silang, yaitu memungkinkan udara mengalir dari dalam ke luar dan sebaliknya, tanpa harus mengendap terlebih dahulu di dalam ruangan.

Udara yang masuk dari satu jendela akan langsung dialirkan keluar oleh jendela di depannya, lalu berganti dengan udara baru, begitu seterusnya.

Untuk mengakali ruangan tanpa ventilasi, pasang exhaust fan. Harganya pun tidak terlalu mahal bisa disesuaikan dengan kebutuhan ya, Ma!

5. Cabut pengisi daya dan bijak menggunakan lampu

5. Cabut pengisi daya bijak menggunakan lampu
Pixabay/MoteOo

Pengisi daya yang terpasang pada soket kontak dapat memancarkan panas. Ini juga berlaku untuk berbagai perangkat elektronik lainnya.

Oleh karena itu, usahakan untuk tidak mengisi daya perangkat di dalam ruangan. Usahakan jangan mencolokkan kabel alat elektronik di dekat tempat tidur.

Belum lagi, bukan rahasia lagi bahwa mematikan lampu dapat menurunkan suhu ruangan. Sering-seringlah mematikan lampu kamar, terutama pada siang hari.

Jika tidak suka gelap, pada malam hari gunakan lampu meja yang sedikit redup dan memiliki watt yang kecil. Selain hemat listrik, cara ini pasti membantu ruangan menjadi lebih sejuk.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa diakukan untuk membuat ruangan tetap sejuk walaupun tanpa AC.

Selain menghemat listrik dengan pemasangan kipas jenis exhaust juga efektif membuat ruangan tetap sejuk nih, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.