5 Tips Memilih Rumah dalam Agama Islam, Perlu Perhatikan Tetangga

Tetap terapkan kenyamanan untuk semua penghuni rumah ya, Ma!

24 November 2021

5 Tips Memilih Rumah dalam Agama Islam, Perlu Perhatikan Tetangga
Pexels/ScottWebb

Merencanakan hidup bersama pasangan dengan jauh dari orangtua memang berat di awal, karena Mama akan menghadapi lingkungan baru.

Saat memiliki sebuah rumah, Mama akan dihadapkan dengan tetangga, kultur lingkungan bahkan hal lainnya.

Nah, penting nih ketika memilih rumah harus memperhatikan hal lain di luar luas bangunan dan desain semata. Karena Islam sudah memberikan panduannya.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini adalah kriteria dan tips memilih rumah. Popmama.com akan merangkumnya untuk Mama.

1. Lihat dengan siapa bertetangga akan hidup menjadi tenang

1. Lihat siapa bertetangga akan hidup menjadi tenang
Freepik/master1305

Dalam Alquran, rumah digambarkan dalam dua kata, yang pertama bait atau tempat tinggal dan yang kedua dalah sakan, yang berarti tempat ketenangan.

Nah, penting sebelum memilih rumah, Mama mesti mengetahui dulu dengan siapa bertetangga. Senyaman apapun rumah jika lingkungan sekitar buruk, ketenangan tidak akan dirasakan.

Salah satu fungsi rumah adalah ketenangan, salah satu yang bisa dilakukan adalah memiliki ruangan khusus seperti mushala untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Editors' Picks

2. Tidak besar tidak apa-apa, asalkan memiliki ruangan yang cukup

2. Tidak besar tidak apa-apa, asalkan memiliki ruangan cukup
Freepik/suksao

Mungkin Mama menginginkan rumah yang besar dan luas, namun memiliki rumah tidak mesti besar juga, asalkan memenuhi kebutuhan setiap penghuni rumah.

Walaupun tidak luas, rumah yang baik adalah sebuah rumah yang tertata ruangannya dan memiliki ruangan yang layak dipakai untuk ibadah.

Perhatikan juga masalah lobby rumah. Hal ini bertujuan agar tamu yang masuk tidak langsung berhadapan dengan ruangan yang bisa melihat aktivitas penghuninya.

3. Rumah yang bisa menjaga privasi penghuninya

3. Rumah bisa menjaga privasi penghuninya
Pexels/Golnar sabzpoush rashidi

Rumah memang penting harus memiliki ruangan yang teratur, hal ini bisa sebagai bentuk melindungi privasi penghuninya lho!

Mama bisa membangun dua kamar satu untuk suami istri dan satu lagi untuk anak, atau memisahkan kamar laki-laki dan kamar perempuan.

Ruang tamu juga mesti memiliki sekat atau pembatas agar tamu yang datang tidak memiliki akses melihat keadaan keluarga di dalamnya.

4. Membangun rumah tidak dengan bermegah-megahan

4. Membangun rumah tidak bermegah-megahan
www.kahanelaw.com
Rumah

Memang sih Mama mungkin punya rezeki lebih ketika membangun rumah, pasti akan membeli sejumlah petak tanah untuk bangunan rumah.

Namun, apakah Mama tahu bahwa seorang muslim mesti menghindari perilaku bermegah-megahan, dan sesuatu yang berlebihan itu tidak baik tentunya.

Hal ini jelas seperti firman Allah dalam Surat At-Takasur ayat 1 – 8 yang berbunyi:

al-hakumut-takasur hatta zurtumul-maqabir kalla saufa ta'lamun summa kalla saufa ta'lamun kalla lau ta'lamuna 'ilmal-yaqin latarawunnal-jahim summa latarawunnaha 'ainal-yaqin summa latus'alunna yauma'izin 'anin-na'im

Artinya:

“Bermegah-megahan telah melalaikan kamu, sampai kamu masuk ke dalam kubur. Janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu), dan janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui.

Janganlah begitu, jika kamu mengetahui dengan pengetahuan yang yakin, niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka jahim, dan Sesungguhnya kamu benar-benar akan melihatnya dengan ‘ainul yaqin.

Kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kamu megah-megahkan di dunia itu).”

5. Selalu menjaga kebersihannya

5. Selalu menjaga kebersihannya
Freepik/rawpixel.com

Kebersihan sebagian dari pada iman, mungkin itu hal yang mesti ditanamkan Mama ketika memilih atau sudah membangun rumah.

Setiap anggota keluarga, baik suami maupun anak mesti menjaga kebersihan dan kesuciannya terutama ruangan untuk menjalankan ibadah.

Maka dari itu, dengan hunian yang bersih, akan menciptakan kenyamanan dan ketentraman bagi seluruh anggota keluarga.

Nah, itu tadi beberapa kriteris serta tips dalam memilih rumah menurut anjuran Islam, semoga dapat diamalkan di kehidupan sehari-hari ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.