Tips Menciptakan Kesan Nyaman di Ruang Makan yang Kecil

Demi ruang makan yang nyaman, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan

11 Juni 2021

Tips Menciptakan Kesan Nyaman Ruang Makan Kecil
Freepik/vanitjan

Kebanyakan rumah memang tidak memiliki ruangan makan yang luas, apalagi fungsi ruangan tersebut hanya sekadar makan bersama keluarga.

Tak jarang, ruangan yang terbilang kecil tadi terkadang terasa sempit. Belum lagi kalau kondisinya ada tamu atau anggota keluarga yang lain turut makan bersama dengan kita. 

Walau begitu, Mama tak perlu khawatir karena ada trik tersendiri yang membuat ruang makan agar terkesan lebih luas dan nyaman. 

Oleh karena itu, Popmama.com telah merangkum terkait beberapa tips yang bisa membantu dalam mendesain ruangan makan jauh lebih nyaman walaupun ruangannya kecil. 

1. Tentukan ruangan yang pas menjadi ruang makan

1. Tentukan ruangan pas menjadi ruang makan
Pixabay/JamesDeMers

Jika Mama merasa ruang keluarga atau dapur bisa sekaligus menjadi ruang makan, maka langkah selanjutnya perlu mendesain secara interior secara tepat.

Mama dapat menambahkan lampu gantung di area ruang makan. Penambahan lampu gantung akan membantu untuk menghadirkan lebih banyak minat visual ke dalam ruangan.

Sebagai alternatif, Mama dapat memilih untuk memasang karpet di bawah meja makan juga. Hal tersebut memberi kesan luas, sehingga suasana makan bersama keluarga bisa menjadi lebih nyaman.

Editors' Picks

2. Mencoba berkreasi dengan meja makan yang ada di rumah

2. Mencoba berkreasi meja makan ada rumah
Pexels/viktoria-alipatova

Terkadang saat bekerja di ruangan yang kecil, Mama terkadang tidak repot-repot mengatur dan bingung meletakkan beberapa barang.

Sementara, ruang makan yang benar-benar formal biasanya mencakup meja panjang yang dilapisi di kedua sisinya dengan kursi. Demi bisa memberikan kesan nyaman, Mama memiliki kebebasan untuk berkreasi dengan tempat duduk dan menemukan sudut yang pas sesuai selera.

Bisakah Mama menggunakan bangku kecil sebagai pengganti kursi untuk mengambil lebih sedikit ruang secara keseluruhan?

Jika benar-benar berada di tempat yang sempit, apakah Mama akan mendapat manfaat dari tempat duduk multifungsi yang berfungsi ganda sebagai penyimpanan?

3. Pilihlah furnitur yang ringan

3. Pilihlah furnitur ringan
Pixabay/jeanvdmeulen

Dalam mengatur desain interior, penting sekali untuk mempertimbangkan proporsi atau hubungan ukuran antara semua objek dalam ruang.

Meskipun hal tersebut mungkin terdengar samar, itu berarti Mama harus berusaha mencari objek yang terlihat berukuran tepat untuk ruangan tersebut.

Jika ruang makan di rumah terbilang kecil, maka Mama ingin mempertimbangkan furnitur ringan. Ini artinya bisa terlihat ringan dalam hal bobot visual.

Secara umum, ini berarti memilih furnitur yang memiliki kaki. Seperti meja yang berukuran sedang dan digunakan untuk memasukkan kursinya ke bagian dalam, sehingga akan lebih membantu menghemat ruang kosong.

4. Tetap pada kondisi yang intim dan nyaman

4. Tetap kondisi intim nyaman
Pexels/Gabby K

Terakhir, perlu diingat bahwa ruang makan termasuk ruangan yang intim. Dalam hal ini, artinya ruang makan menjadi tempat seluruh anggota berkumpul dan saling menghabiskan waktu bersama.

Jika ingin memaksimalkan ruang makan kecil yang di rumah, maka Mama harus berusaha membuatnya terasa nyaman. Tambahkan beberapa bantal ke tempat duduk atau aksesori lainnya yang bisa menambah kesan hangat. 

Di luar itu, Mama juga bisa mengganti warna cat serta berbagai hiasan dinding yang ada di ruang makan. 

Nah, itulah tadi beberapa tips yang bisa dilakukan ketika ingin membuat ruangan makan terasa lebih nyaman. Semoga bisa bermanfaat ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.