Apakah Kamar Mandi Boleh Ditempatkan di Dalam Kamar Tidur?

Penempatan kamar mandi di dalam kamar tidur ternyata bisa mengganggu aliran chi

22 Oktober 2021

Apakah Kamar Mandi Boleh Ditempatkan Dalam Kamar Tidur
Unsplash/Shop_slo

Saat mendesain rumah, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan, di antaranya kenyamanan dan privasi penghuni rumah. Oleh karena itu, beberapa orang memilih menempatkan toilet atau kamar mandi di dalam tempat tidur. 

Toilet di dalam tempat tidur akan memberikan privasi tersendiri bagi pemilik rumah. Para penghuni rumah tidak perlu berebut karena setiap orang telah memiliki kamar mandi sendiri di dalam kamar tidurnya. 

Selain itu, kamar mandi di dalam kamar tidur juga lebih terjamin kebersihannya karena tidak digunakan oleh banyak orang.

Akan tetapi, bagaimana pandangan filosofi Feng Shui tentang penempatan kamar mandi di dalam kamar tidur? Apakah penempatan kamar mandi bisa menimbulkan masalah bagi penghuni rumah?

Untuk menjawab rasa penasaran Mama, kali ini Popmama.com telah merangkum informasi seputar penempatan kamar mandi di dalam kamar mandi berdasarkan filosofi Feng Shui

1. Mengganggu aliran chi

1. Mengganggu aliran chi
Unsplash/Ralphkayden

Dikutip dari Home Guides SF Gate, penempatan kamar mandi di dalam kamar tidur ternyata bisa mengganggu aliran chi.

Berdasarkan filosofi Feng Shui, aliran chi merupakan energi kehidupan yang vital di dalam rumah. Energi chi memengaruhi tingkat kenyamanan dan keharmonisan para penghuni rumah. 

Apabila Mama menempatkan kamar mandi di dalam kamar tidur, maka aliran chi akan terganggu. Kamar mandi akan mengarahkan aliran chi dengan cara yang tidak harmonis, sehingga memengaruhi tingkat kenyamanan di dalam rumah. 

Editors' Picks

2. Mengganggu kualitas tidur

2. Mengganggu kualitas tidur
Unsplash/Sidekix

Di sisi lain, penempatan kamar mandi di dalam kamar tidur juga dinilai tidak tepat. Sebab, Mama menempatkan dua aktivitas berbeda dalam satu ruangan, yakni beristirahat di kamar tidur dan fungsi pembersihan serta pembuangan limbah di kamar mandi. 

Akibatnya, energi di ruangan tersebut cenderung berubah negatif. Pencahayaan di kamar mandi atau suara pipa yang mengalir juga bisa mengganggu kualitas tidur penghuni kamar tidur. 

3. Menyebabkan stres penghuni kamar tidur

3. Menyebabkan stres penghuni kamar tidur
Unsplash/Iwood

Feng Shui juga memandang penempatan kamar mandi di dalam kamar tidur bisa membuat energi chi saling berlawanan. Menurut Feng Shui, pipa kamar mandi menyalurkan energi chi yang cukup kuat, sementara energi air kamar mandi mengarah pada perasaan yang tidak berdasar. 

Artinya, penghuni kamar tidur akan lebih sensitif dan mengalami perubahan perasaan tanpa penyebab yang jelas. Padahal, Mama bisa menghabiskan sepertiga dari hidup di kamar tidur.

Akan tetapi, penempatan kamar mandi di dalam kamar tidur bisa mengganggu waktu tidur dan menyebabkan stres tanpa alasan yang jelas. 

Panduan Feng Shui untuk Penempatan Kamar Mandi

Panduan Feng Shui Penempatan Kamar Mandi
Unsplash/Flaken

Meski memiliki sejumlah efek negatif terhadap penghuni rumah, Mama tetap bisa menempatkan kamar mandi di dalam kamar tidur dengan memperhatikan sejumlah aspek.

Pertama, biasakan untuk menutup kloset serta saluran wastafel di kamar mandi. Kebiasaan ini bisa mengurangi gangguan yang bisa ditimbulkan dari suara air di kamar mandi dan membantu mencegah energi chi terbuang sia-sia. 

Kedua, kamar mandi harus memiliki setidaknya satu jendela. Jika tidak memungkinkan untuk memasang jendela di kamar mandi, maka Mama bisa menempatkan cermin dan tanaman hijau untuk membawa energi kesegaran. 

Terakhir, gunakan ubin keramik atau aksesori untuk kamar mandi. Ubin akan mewakili elemen tanah sekaligus mengimbangi elemen air di kamar mandi. 

Panduan untuk Penempatan Kamar Tidur

Panduan Penempatan Kamar Tidur
Unsplash/Awcreativeut

Feng Shui juga mengatur penempatan kamar tidur untuk mengimbangi energi di kamar mandi.

Pertama, hindari menempatkan tempat tidur berhadapan langsung dengan pintu kamar mandi. Penempatan tersebut bisa membuat energi chi saling berlawanan dan mengganggu kenyamanan penghuni kamar tidur. 

Selanjutnya, jangan menempatkan posisi kepala tempat tidur di dinding yang menempel dengan dinding kamar mandi atau saluran air. Penempatan tersebut bisa mengganggu kualitas tidur karena suara aliran air. 

Itulah sejumlah faktor yang perlu dipertimbangkan jika ingin menempatkan kamar mandi di dalam kamar tidur. Hal terpenting yang perlu diingat, yakni jangan lupa juga untuk menutup pintu kamar mandi di malam hari atau selama waktu tidur agar kualitas tidur tetap terjamin.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.