Apakah Menanam Pohon Kamboja Baik menurut Feng Shui?

Pohon kamboja memang sangat erat hubungannya dengan pemakaman

21 Oktober 2021

Apakah Menanam Pohon Kamboja Baik menurut Feng Shui
Unsplash/Muneerok

Pohon kamboja termasuk salah satu tanaman hias yang memiliki bunga berwarna indah dan sedap dipandang mata. Ada beberapa warna bunga kamboja, mulai dari kuning, putih, hingga merah muda. 

Banyak orang yang ingin menanam pohon kamboja di pekarangan rumah karena keindahan bunganya. Akan tetapi, pohon kamboja kerap dikaitkan dengan mistis karena memang erat hubungannya dengan pemakaman. 

Pasalnya, pohon kamboja sering ditemukan di pemakaman, sehingga sebagian orang masih ragu untuk menanamnya di pekarangan rumah. 

Apakah Mama juga ragu untuk menanam pohon kamboja di pekarangan rumah? Untuk menjawab keraguan Mama, Popmama.com merangkum informasi seputar pohon kamboja berdasarkan filosofi Feng Shui. 

1. Pohon kamboja bisa membawa rezeki

1. Pohon kamboja bisa membawa rezeki
Unsplash/Dinosapta

Meski sering dikaitkan dengan hal-hal mistis, pohon kamboja nyatanya bisa membawa rezeki pada pemilik rumah berdasarkan filosofi Feng Shui. Oleh karena itu, pohon kamboja sebaiknya ditanam di depan rumah untuk menarik energi positif bagi penghuni rumah. 

Penempatan pohon kamboja yang tepat dinilai mampu membawa rezeki sekaligus menetralkan energi negatif di dalam rumah. Perlu diingat jika penempatan pohon kamboja yang baik, yakni di halaman rumah yang berhadapan langsung dengan pintu utama. 

Editors' Picks

2. Pohon kamboja mampu menetralkan energi negatif

2. Pohon kamboja mampu menetralkan energi negatif
Unsplash/Chromium45

Telah disinggung sebelumnya bahwa pohon kamboja mampu menetralkan energi negatif yang mencoba masuk ke dalam rumah. Dalam ilmu Feng Shui, pohon kamboja mampu menarik dan menciptakan energi chi. 

Oleh karena itu, energi negatif akan dimurnikan oleh energi chi. Pohon kamboja akan membuat suasana rumah menjadi lebih menyenangkan sekaligus melindungi rumah dari paparan sinar matahari. 

3. Bunga kamboja bisa dikonsumsi

3. Bunga kamboja bisa dikonsumsi
Unsplash/Pisauikan

Bunga kamboja ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Selain warnanya yang indah dan sedap dipandang mata, bunga kamboja juga bisa dimakan lho, Ma. 

Bunga kamboja bisa dikonsumsi untuk memurnikan energi negatif di dalam tubuh, menyehatkan kulit, sekaligus mengurangi bau keringat yang menyengat. 

Untuk mengonsumsi bunga kamboja, Mama perlu menghilangkan ujung tangkai yang bergetah. Sejumlah restoran di Bali juga sering menyisipkan bunga kamboja di menu makanan. 

4. Alasan pohon kamboja banyak ditemukan di kuburan

4. Alasan pohon kamboja banyak ditemukan kuburan
Unsplash/Origamiaround

Setelah mengetahui manfaat pohon kamboja, Mama mungkin bertanya-tanya alasan pohon tersebut banyak ditemukan di kuburan. Alasannya karena pohon kamboja bisa menetralkan energi buruk dan mikroba akibat pembusukan jenazah. 

Pada dasarnya, pohon kamboja mampu menetralkan energi buruk baik ketika ditanam di pekarangan rumah maupun kuburan. Pohon kamboja bisa menciptakan energi chi dan memurnikan energi buruk di lingkungan sekitar. 

5. Penempatan pohon kamboja menurut feng shui

5. Penempatan pohon kamboja menurut feng shui
Unsplash/Supratikdeshmukh

Penempatan pohon kamboja di pekarangan rumah tidak bisa sembarangan. Mama harus menyesuaikan arah pohon kamboja sesuai dengan warna bunganya. 

Contohnya, pohon kamboja dengan warna bunga kekuningan sebaiknya ditempatkan di timur atau tenggara. Penempatan ini bertujuan untuk mendatangkan rezeki bagi pemilik rumah. 

Kemudian, pohon kamboja dengan bunga berwarna merah muda sebaiknya ditempatkan di barat daya untuk menciptakan keharmonisan dan kenyamanan di dalam rumah. Lalu, pohon kamboja dengan bunga berwarna putih sebaiknya ditempatkan di timur. 

Nah Ma, itulah penjelasan seputar pohon kamboja menurut Feng Shui. Dapat disimpulkan bahwa pohon kamboja yang ditanam di pekarangan rumah maupun kuburan dinilai mampu menetralkan energi negatif.

Jadi, jangan ragu lagi untuk menanam pohon kamboja di pekarangan rumah ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.