7 Arah Rumah yang Membawa Keberuntungan menurut Feng Shui

Tiap arah mata angin akan menentukan energi keberuntungan dan rezeki bagi para pemilik rumah

25 September 2021

7 Arah Rumah Membawa Keberuntungan menurut Feng Shui
Unsplash/Churchoftodd

Ketika membeli atau membangun rumah baru, Mama ternyata perlu memperhatikan arah rumah menurut Feng Shui. Arah rumah artinya arah mata angin dari pintu depan rumah. Tiap arah mata angin akan menentukan energi keberuntungan pemilik rumah. 

Perlu diketahui, Feng Shui adalah filosofi kuno asal China yang mengatur keseimbangan energi di dalam rumah. Ada lima elemen dalam Feng Shui yang menjadi patokan penentuan arah rumah, yakni kayu, api, air, tanah, dan logam. 

Selain berdasarkan elemen Feng Shui, arah rumah juga bisa ditentukan dari shio pemilik rumah. Shio adalah pembagian tahun, bulan, dan jam kelahiran seseorang berdasarkan astrologi China. Lalu, bagaimana menentukan arah rumah berdasarkan shio menurut Feng Shui?

Kali ini Popmama.com merangkum arah rumah menurut Feng Shui untuk 12 shio. 

1. Menghadap utara untuk shio Tikus, Kambing, dan Ayam

1. Menghadap utara shio Tikus, Kambing, Ayam
Unsplash/Sieuwert

Bagi Mama yang lahir di tahun Tikus, Kambing, dan Ayam sebaiknya memiliki rumah yang menghadap utara. Arah utara dipercaya dapat menjadi sumber keberuntungan dan kemakmuran bagi pemilik rumah. 

Untuk menambah keberuntungan dan rezeki, maka bisa menambahkan beberapa elemen di rumah. Misalnya, elemen air berupa kolam ikan atau dekorasi air mancur untuk shio Tikus. Kemudian, elemen kayu seperti perabot kayu untuk shio Kambing dan perabot dari bahan logam untuk shio Ayam. 

2. Menghadap barat untuk shio Ular dan Monyet

2. Menghadap barat shio Ular Monyet
Unsplash/Naomi365photography

Pemilik shio Ular dan Monyet sebaiknya tinggal di rumah yang menghadap barat.

Sebab, arah barat bisa mendatangkan energi positif pada pemilik rumah. Sebaliknya, membangun rumah menghadap arah timur tidak dianjurkan bagi pemilik shio Ular dan Monyet. 

Untuk melancarkan rezeki, Mama yang lahir di tahun Monyet bisa menambahkan tanaman di depan rumah. Sedangkan bagi pemilik shio Ular sebaiknya meletakkan dekorasi atau furnitur perak yang menghadap arah barat. 

Editors' Picks

3. Menghadap selatan untuk shio Macan

3. Menghadap selatan shio Macan
Unsplash/Scottwebb

Rumah menghadap arah selatan sangat ideal untuk shio Macan. Arah selatan akan melindungi shio Macan dari hal-hal yang tidak diinginkan sekaligus meningkatkan kemakmuran. 

Agar energi dalam rumah tetap stabil, maka shio Macan sebaiknya menambahkan elemen tanah di rumah. Sebagai contoh, tempatkan tanaman atau buatlah taman kecil di depan rumah. Elemen tanah akan menambah energi positif bagi pemilik rumah.  

4. Menghadap timur untuk shio Babi

4. Menghadap timur shio Babi
Unsplash/Steve4c

Bagi pemilik shio Babi, sebaiknya membangun atau membeli rumah yang menghadap timur. Arah mata angin itu dapat melancarkan rezeki dan menambah kenyamanan bagi pemilik rumah.

Rumah yang menghadap arah timur juga bisa mengontrol emosi para pemilik rumah. Dengan begitu, mereka bisa hidup berdampingan dan terhindar dari perselisihan.

Untuk menambah energi positif, shio Babi dapat menambahkan elemen api di dalam rumah misalnya furnitur atau hiasan berbahan dasar keramik.  

5. Menghadap timur laut untuk shio Kelinci

5. Menghadap timur laut shio Kelinci
Unsplash/Philhearing

Selanjutnya, orang-orang yang lahir di tahun Kelinci sebaiknya membangun rumah yang menghadap timur laut. Bagi sebagian orang, mencari atau membangun rumah menghadap timur laut memang cukup sulit. 

Namun, arah mata angin bisa menyebarkan energi positif bagi pemilik rumah sekaligus memberikan kenyamanan. Tambahkan juga elemen tanah di depan rumah untuk melancarkan rezeki pemilik rumah. 

6. Menghadap tenggara untuk shio Kerbau

6. Menghadap tenggara shio Kerbau
Unsplash/Jacquesbopp

Orang-orang yang lahir di tahun Kerbau sangat cocok tinggal di rumah yang menghadap arah tenggara. Arah mata angin ini akan mendatangkan keberuntungan dan kekayaan. 

Elemen yang tepat untuk shio Kerbau adalah api. Itulah sebabnya, Mama yang lahir di tahun Kerbau bisa menempatkan perabotan berbahan dasar keramik yang merepresentasikan elemen api. 

7. Menghadap barat laut untuk shio Naga, Kuda, dan Anjing

7. Menghadap barat laut shio Naga, Kuda, Anjing
Unsplash/Prfct1969

Terakhir, bagi pemilik shio Naga, Kuda, dan Anjing, sebaiknya membangun rumah yang menghadap barat laut. Arah rumah ini dapat mendatangkan keberuntungan dari sisi sosial hingga finansial. 

Sementara itu, elemen yang cocok untuk shio Naga, Kuda, dan Anjing adalah elemen tanah. Sehingga, tempatkanlah tanaman yang menghadap barat laut untuk menambah rezeki pemilik rumah. 

Demikian informasi mengenai arah rumah yang ideal menurut Feng Shui. Penjelasan di atas semoga bisa menjadi panduan mama untuk membeli atau membangun rumah baru. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.