5 Keuntungan Menggunakan Furnitur Kayu sebagai Dekorasi Rumah

Furnitur kayu bisa menjadi barang antik yang membuat rumah terasa elegan dan natural

3 Desember 2021

5 Keuntungan Menggunakan Furnitur Kayu sebagai Dekorasi Rumah
Unsplash/Majid_sanaye

Salah satu bahan furnitur yang banyak diminati masyarakat, yakni furnitur kayu. Apalagi furnitur kayu kini hadir dengan berbagai bentuk serta model yang dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat. 

Selain itu, furnitur kayu bisa menjadi barang antik yang membuat rumah terasa elegan. Tak hanya digunakan sebagai dekorasi rumah, furnitur kayu juga mulai dilirik untuk dijadikan dekorasi vila atau hotel. 

Apa saja keunggulan furnitur kayu, sehingga layak dijadikan dekorasi rumah? Simak ulasannya yang dirangkum Popmama.com di bawah ini dilansir dari The Garden Granny!

1. Kuat dan bisa tahan lama

1. Kuat bisa tahan lama
Unsplash/Majid_sanaye

Keunggulan pertama dari furnitur kayu yang sudah banyak diketahui masyarakat adalah kuat dan mampu bertahan lama selama beberapa tahun. Maka tak heran, jika furnitur kayu bisa diwariskan dari generasi ke generasi tanpa ada kerusakan yang parah. 

Apabila Mama mampu memilih jenis kayu yang tepat dan kuat, maka furnitur kayu bisa tetap awet selama beberapa tahun. Pasalnya, kayu adalah bahan furnitur yang kuat dan stabil saat menahan beban. Mama cukup melapisi furnitur kayu secara rutin agar warnanya tidak pudar. 

Editors' Picks

2. Tampak elegan

2. Tampak elegan
Unsplash/Ntwrk_img

Sebagian orang sudah mengetahui bahwa furnitur kayu bisa menampilkan sisi elegan dari suatu rumah. Selain itu, furnitur kayu bisa menonjolkan sisi alami di rumah. Keunggulan ini cocok untuk penghuni rumah yang menyukai alam dan ingin menghadirkan unsur alam di rumah. 

Furnitur kayu bisa berupa meja, kursi, atau lantai di ruang tamu, ruang makan, teras, maupun tempat tidur. Berdasarkan Feng Shui, furnitur kayu juga dapat menciptakan suasana hangat dan menyenangkan bagi pemilik rumah. 

3. Ramah lingkungan dan mudah didapat

3. Ramah lingkungan mudah didapat
Unsplash/Majid_sanaye

Keunggulan lainnya dari furnitur kayu, yakni pengolahannya yang tidak menimbulkan banyak polisi seperti mengolah bahan furnitur lainnya. Mama juga tak perlu khawatir tentang pemanasan global, sebab ketika satu pohon ditebang untuk dijadikan furnitur maka pohon lainnya bisa ditanam sampai siap panen. 

Furnitur kayu juga mudah didapatkan karena bahannya langsung berasal dari alam. Pengolahannya pun mudah dan bisa disesuaikan dengan keinginan mama. Kayu memiliki tekstur yang unik, sehingga bisa diolah tanpa cat warna. 

4. Disesuaikan dengan keadaan keuangan

4. Disesuaikan keadaan keuangan
Unsplash/Shiqyun

Pemilihan furnitur kayu dapat disesuaikan dengan keadaan keuangan mama. Apabila Mama ingin bahan furnitur kayu yang kuat dan kokoh, maka Mama perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar. Sebaliknya, apabila Mama hanya memiliki budget kecil, Mama bisa memilih furnitur kayu sederhana seperti lemari dan kursi. 

Namun, Mama tak perlu khawatir karena furnitur kayu sederhana juga bisa bertahan lama. Tinggi rendahnya harga furnitur kayu tergantung dari kelangkaan bahan, kerumitan desain atau detail ukuran dari furnitur tersebut. 

5. Cocok dengan semua desain interior

5. Cocok semua desain interior
Unsplash/Gbeaudry

Ketika Mama memutuskan menggunakan furnitur kayu, maka Mama bisa mengombinasikannya dengan semua desain interior. Pasalnya, kayu bisa dibentuk dan disesuaikan dengan desain interior di rumah. 

Furnitur kayu cocok untuk desain interior klasik, tetapi juga bisa disesuaikan untuk desain minimalis dan modern. Apabila Mama ingin menghadirkan suasana minimalis, maka perlu memilih furnitur kayu yang simpel dan kokoh. 

Nah, itulah beberapa keunggulan dari furnitur kayu untuk mempercantik dekorasi di rumah. Mama bisa memperoleh furnitur yang kokoh, tetapi tetap bisa melestarikan alam dan menciptakan suasana elegan di rumah. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.