6 Layout Dapur dengan Konsep Kitchen Triangle

Konsep kitchen triangle perlu memperhatikan posisi tiga komponen utama di dapur, apa saja itu?

4 Juli 2022

6 Layout Dapur Konsep Kitchen Triangle
Popmama.com/Shania Tania

Rumah-rumah di Asia umumnya dipengaruhi oleh filosofi Feng Shui yang dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan dan kebahagiaan bagi pemilik rumah. Prinsip dasar Feng Shui sebenarnya mampu menyeimbangkan hubungan antara manusia dan alam dengan memperhatikan lima elemen, yakni kayu, api, air, tanah, dan logam. 

Prinsip Feng Shui juga dapat diterapkan di dapur. Sebab, dapur kini tidak lagi dianggap sebagai tempat memproduksi makanan saja, melainkan juga simbol kesejahteraan pemilik rumah. 

Salah satu penataan dapur berdasarkan Feng Shui, yakni konsep kitchen triangle. Artinya, Mama perlu memperhatikan posisi tiga komponen utama di dapur yakni kompor, wastafel, dan kulkas. 

Tiga komponen itu dapat mewakili lima elemen dalam Feng Shui. Oleh karena itu, peletakan tiga komponen itu harus berdampingan dan tidak berlawanan. 

Kali ini Popmama.com merangkum beberapa pilihan layout dapur yang menggunakan konsep kitchen triangle untuk mendatangkan keberuntungan dan kebahagiaan. 

1. L-shaped kitchen

1. L-shaped kitchen
Popmama.com/Shania Tania

L-shaped kitchen adalah layout dapur yang paling banyak digunakan untuk rumah berukuran kecil. Layout ini menggunakan dua dinding yang berdekatan untuk membentuk konfigurasi huruf L. Kelebihan dari L-shaped kitchen ini bisa membantu perlengkapan dapur agar dapat diatur secara efisien dan lebih rapi. 

Dapur yang menerapkan layout L-shaped akan memiliki lorong atau koridor yang cukup luas untuk beraktivitas. Dapur dengan layout ini umumnya menyediakan meja dapur di bagian tengah sebagai pelengkap. 

2. Island kitchen

2. Island kitchen
Popmama.com/Shania Tania

Island kitchen juga termasuk layout dapur yang paling banyak diminati masyarakat. Sebab, layout ini fokus pada tata letak di tengah tengah ruangan. Mama hanya memiliki satu kitchen set yang menempel di dinding, kemudian meja makan di tengah ruangan. 

Oleh karena itu, Mama harus memberikan jarak area minimal 120 cm antara meja dapur dan pinggir kabinet dapur. Island kitchen umumnya cocok untuk rumah berukuran besar, sehingga Mama masih bisa leluasa beraktivitas di dapur dan memiliki banyak perabotan memasak. 

Editors' Picks

3. Peninsula kitchen

3. Peninsula kitchen
Popmama.com/Shania Tania

Peninsula kitchen juga dikenal dengan sebutan G-shaped kitchen. Layout ini menempatkan lemari dan kitchen set di sepanjang tiga dinding yang berdekatan dan berakhir membentuk kombinasi huruf G. Peninsula kitchen adalah gabungan dari layout U-shaped kitchen dan L-shaped kitchen

Salah satu kelebihan peninsula kitchen, salah satunya bisa digunakan banyak orang pada waktu tertentu. Peninsula kitchen juga memiliki fungsi ganda yakni area memasak dan area makan.

Oleh karena itu, Mama perlu memiliki ruangan yang cukup luas untuk mendesain peninsula kitchen. 

4. U-shaped kitchen

4. U-shaped kitchen
Popmama.com/Shania Tania

Layout U-shaped kitchen merupakan sebuah bentuk layout yang membentuk konfigurasi huruf U. Mama bisa merancang layout U-shaped kitchen dengan memanfaatkan tiga sisi dinding yang saling berdekatan dan tertutup. 

Layout ini merupakan tata ruang dapur yang sering digunakan di Indonesia karena bisa menempatkan banyak barang terutama di rak-rak kitchen set.

U-shaped kitchen adalah tata ruang dapur yang paling praktis dan efisien karena Mama bisa menempatkan kulkas, kompor, dan wastafel dalam satu ruangan, namun tetap memiliki ruang untuk kitchen set lainnya. 

5. Parallel kitchen

5. Parallel kitchen
Popmama.com/Shania Tania

Apabila Mama tinggal di rumah yang cukup sempit dan hanya memiliki ruangan kecil untuk dijadikan dapur, maka Mama bisa mengaplikasikan layout parallel kitchen. Layout ini cocok untuk dapur yang berada di bagian belakang rumah dengan satu akses pintu menuju teras atau pekarangan rumah. 

Parallel kitchen akan menempatkan dua kitchen secara terpisah dan saling berhadapan. Di antara dua kitchen set itu ada lorong yang biasanya memiliki lebar 80-100 cm yang digunakan untuk aktivitas masak.

Untuk membuat sirkulasi udara lebih lancar, maka Mama bisa memasang kipas angin di tengah ruangan. 

6. Linear kitchen

6. Linear kitchen
Popmama.com/Shania Tania

Linear kitchen merupakan tata ruang dapur berbentuk satu baris atau single-line, sehingga dapur tampak memanjang berbentuk persegi panjang. Kelebihan dari linear kitchen adalah peralatan dapur tidak memerlukan banyak ruang, sehingga aktivitas memasak bisa dilakukan secara maksimal. 

Namun, kekurangan dari linear kitchen yakni Mama kesulitan untuk menempatkan peralatan dapur yang kompleks. Kitchen set akan berdampingan dengan kulkas, sehingga Mama tidak memiliki ruang yang lebih luas untuk menempatkan perabotan dapur berukuran besar. 

Nah Ma, itulah layout dapur dengan konsep kitchen triangle yang bisa dijadikan inspirasi untuk menata ulang dapur di rumah. Jadi, mana layout dapur favorit Mama yang dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk