6 Tips Dekorasi Natal Bertema White Christmas

Mama masih bisa merasakan indahnya white Christmas, walau Indonesia bukan negara bersalju

6 Desember 2021

6 Tips Dekorasi Natal Bertema White Christmas
Unsplash/Ryanjohns

White Christmas adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perayaan Natal di tengah suasana bersalju. Istilah ini merujuk pada perayaan Natal yang banyak ditemukan di berbagai film romantis bertema Natal atau suasana Natal di negara-negara Eropa dan Amerika Serikat. 

Suasana white Christmas akan didominasi warna putih yang melambangkan kesucian, kebersihan, dan suasana yang menenangkan. Bagi Mama yang tinggal di Indonesia, white Christmas mungkin sulit diaplikasikan karena Indonesia bukan negara bersalju. 

Meski begitu, Mama masih bisa merasakan indahnya white Christmas dengan mendekorasi rumah dengan ornamen Natal khas white Christmas. Untuk memudahkan Mama menyulap rumah, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa tips dekorasi rumah dengan tema white Christmas

Selamat mencoba ya, Ma!

1. Salju buatan 

1. Salju buatan 
Unsplash/Myriamzilles

Unsur utama dari dekorasi tema white Christmas, yakni salju. Mama dapat menciptakan suasana bersalju di rumah dengan salju buatan. Kini, sudah banyak dijual salju buatan yang dikemas dalam kaleng maupun dalam bentuk spray. 

Apabila Mama ingin berkreasi dengan anggota di rumah, maka Mama pun bisa membuat salju buatan sendiri. Mama hanya membutuhkan styrofoam sesuai kebutuhan, kemudian mulailah mengerik permukaan styrofoam menggunakan garpu. Nantinya, Mama akan menghasilkan bubuk styrofoam berwarna putih yang menyerupai salju. 

Salju buatan itu bisa dijadikan hiasan di samping pohon Natal maupun diletakkan di sudut-sudut ruangan untuk membuat gundukan salju. Selanjutnya, tempatkan pernak-pernik Natal sebagai pemanis seperti sinterklas hingga pohon Natal mini. 

2. Lilin putih

2. Lilin putih
Unsplash/Tspoonphoto

Untuk membuat suasana rumah lebih menyenangkan dan menyerupai negara-negara bersalju, maka Mama bisa menambah ornamen lilin putih di rumah. Mama sebaiknya meletakkan lilin putih di dalam gelas bening atau berbahan kristal agar tampilannya semakin elegan. 

Apabila Mama ingin menonjolkan suasana white Christmas berkonsep rustic, maka Mama perlu menambahkan dedaunan maupun buah pinus di sekitar lilin putih.

Lilin putih pun bisa ditempatkan di ruang tamu, kamar mandi, dan meja makan. 

Editors' Picks

3. Ranting putih 

3. Ranting putih 
Unsplash/Goian

Dekorasi white Christmas akan semakin semarak dengan tambahan ranting putih. Mama cukup mengambil beberapa ranting pohon berukuran kecil kemudian cat permukaannya dengan warna putih. 

Letakkan ranting putih yang telah kering di dalam sebuah vas bening maupun berbahan kristal. Tambahkan pernak-pernik Natal untuk menambah kemeriahan suasana white Christmas. 

4. Pohon Natal putih

4. Pohon Natal putih
Unsplash/Kristensturdivant

Selain salju, dekorasi white Christmas juga tidak lepas dari pohon Natal putih. Pohon Natal putih dan salju merupakan sebuah kombinasi yang tepat untuk menciptakan suasana white christmas di rumah, sehingga menyerupai perayaan Natal di negara bersalju. 

Mama bisa memesan khusus pohon Natal putih beberapa hari atau minggu sebelum perayaan Natal. Kemudian sesuaikan ornamen maupun pernak-pernik Natal yang akan digantung di atasnya, mulai dari warna hingga bentuknya.

Mama sebaiknya memasang ornamen berwarna silver untuk menambah kemeriahan suasana white Christmas. 

5. Interior rumah putih

5. Interior rumah putih
Unsplash/Paige_cody

Setelah menyiapkan segala pernak-pernik Natal berwarna putih, Mama juga jangan lupa untuk menyulap rumah dengan interior putih. Mama bisa mengecat ulang rumah dengan warna putih, terutama bagian pintu, jendela, dan ruang tamu. 

Apabila Mama tidak ingin mengecat ulang rumah, maka Mama cukup menghias meja makan dan ruang tamu dengan dekorasi bernuansa putih.

Contohnya, Mama mengganti taplak meja dengan warna putih, kemudian sesuaikan peralatan rumah lainnya dengan dekorasi white Christmas agar tampilannya semakin elegan. 

6. Tanaman hias dengan bunga putih

6. Tanaman hias bunga putih
Unsplash/Olesia_bahrii

Terakhir, saatnya mempercantik rumah dengan tanaman hias yang memiliki bunga berwarna putih. Ada banyak macam tanaman hias yang sesuai dengan tema white Christmas seperti anggrek putih, lili putih, hingga mawar putih. 

Letakkan tanaman hias tersebut di ruang tamu, meja makan, dan pinggir jendela. Mama juga bisa menggantung bunga berwarna putih di pintu untuk menunjukkan tema white Christmas pada tamu yang datang. 

Walau Indonesia bukan negara bersalju, maka Mama masih bisa menciptakan suasana white Christmas, lho. Selamat menanti perayaan Natal ya, Ma.

Semoga damai dan kasih Natal selalu menyertai mama sekeluarga. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.