7 Tips Dekorasi Rumah dengan Warna Putih Sesuai Feng Shui

Putih mewakili unsur logam yang menunjukkan sisi kebersihan, kemurnian, keindahan, dan kebahagiaan

14 Oktober 2021

7 Tips Dekorasi Rumah Warna Putih Sesuai Feng Shui
Unsplash/Aahubs

Dekorasi rumah menjadi salah satu hal penting saat merancang hunian impian. Dekorasi yang tepat bisa membuat suasana rumah lebih nyaman dan hangat bagi penghuninya. 

Beberapa orang kerap menggunakan ilmu Feng Shui untuk mendekorasi rumah. Feng Shui dipercaya bisa membuat hubungan manusia dengan alam menjadi lebih harmonis dan memberikan dampak positif pada kehidupan. Selain itu, Feng Shui juga membawa energi positif di dalam maupun luar rumah. 

Dalam ilmu Feng Shui, warna putih bisa dijadikan alternatif untuk mendekorasi rumah. Putih mewakili unsur logam yang menunjukkan sisi kebersihan, kemurnian, keindahan, dan kebahagiaan. 

Dikutip dari The Spruce, kali ini Popmama.com telah merangkum tips mendekorasi rumah menggunakan warna putih. 

1. Pintu

1. Pintu
Unsplash/Yuli_superson

Pintu depan merupakan jalur pertama untuk mendatangkan energi positif ke rumah. Berdasarkan Feng Shui, pintu depan rumah biasa disebut “mulut qi” yang artinya jalur utama menerima energi dan peluang positif. 

Itulah sebabnya, Mama perlu memilih warna cat yang tepat untuk mendatangkan energi positif tersebut. Salah satu warna cat yang direkomendasikan, yakni putih. 

Dalam ilmu Feng Shui, putih merupakan elemen logam yang bisa menampilkan keindahan dan keanggunan. Putih bisa mengundang tamu-tamu yang mendukung kegiatan sekaligus memberikan kebahagiaan keluarga sebagai penghuni rumah.

2. Dapur

2. Dapur
Unsplash/Andreaedavis

Warna putih juga dapat diaplikasikan di dapur. Putih mewakili kemurnian dan keindahan terhadap makanan yang disajikan. Mama bisa mengaplikasikan warna putih pada lemari, meja, atau lantai. 

Piring putih juga bagus menurut Feng Shui. Piring putih akan mendatangkan energi positif sekaligus menampilkan sisi bersih dari makanan yang disajikan. 

Editors' Picks

3. Cat dinding putih

3. Cat dinding putih
Unsplash/Jipy32

Mama bisa menggunakan cat dinding putih di ruangan-ruangan dengan pencahayaan yang terbatas, seperti kamar tidur dan kamar mandi. Cat dinding putih akan memberikan efek cerah dan memperluas ruangan. 

Dalam ilmu Feng Shui, putih menciptakan energi positif dan mendatangkan peluang baik. Selain cat dinding, Mama juga memilih perlengkapan-perlengkapan alat mandi berwarna putih seperti bak mandi, wastafel, dan kloset. 

4. Sprei putih

4. Sprei putih
Unsplash/Awcreativeut

Apabila Mama ingin menghadirkan suasana bersih dan bahagia di kamar tidur? Jika iya, maka cobalah untuk menggunakan sprei berwarna putih. Warna putih akan mendatangkan kebahagiaan dalam hidup mama dan membuat tidur lebih nyenyak. 

Warna sprei putih akan mendatangkan energi positif, sehingga Mama dan pasangan bisa lebih bersemangat untuk memulai aktivitas setiap hari.

Bila Mama memiliki cukup uang, tak ada salahnya untuk memadukan sprei putih dengan bantal warna putih atau membeli sprei yang terbuat dari material organik. 

5. Bunga putih

5. Bunga putih
Unsplash/Veri_ivanova

Bunga segar bisa menjadi cara untuk mendekorasi dan mempercantik ruangan. Menurut Feng Shui, bunga dapat menghubungkan Mama dengan alam sekaligus mendatangkan kebahagiaan dan melepaskan energi-energi negatif di rumah. 

Bunga juga mengingatkan penghuni rumah untuk saling menghargai satu sama lain. Menempatkan bunga putih di rumah juga dapat menenangkan hati para penghuninya. 

6. Lilin putih

6. Lilin putih
Unsplash/Tspoonphoto

Selain bunga, lilin juga bisa menjadi salah satu elemen dekorasi di rumah. Aroma lilin akan membuat suasana menjadi lebih hangat dan tenang. 

Dalam ilmu Feng Shui, menambahkan lilin putih sebagai dekorasi rumah dapat mendatangkan energi positif di dalam rumah. Sebaliknya, hindarilah menyalakan lilin berwarna hitam karena akan membawa pengaruh buruk bagi penghuni rumah. 

7. Bingkai foto putih

7. Bingkai foto putih
Unsplash/Angelekamp

Bagi Mama yang suka memajang foto keluarga di ruang tamu atau kamar tidur, cobalah untuk memilih bingkai foto berwarna putih. Bingkai foto putih akan menunjukkan keluarga dipenuhi kebahagiaan dan kehangatan. 

Mama bisa memadukan bingkai foto putih dengan lukisan alam untuk mewakili elemen logam dan tanah di dalam ruangan. Perpaduan tersebut mengajarkan para penghuni rumah untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan lebih dekat dengan alam. 

Itulah tips mendekorasi rumah dengan sentuhan Feng Shui. Selain mendatangkan energi positif, warna putih juga tergolong warna yang serbaguna dan tidak lekang oleh waktu. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.