5 Tips Menata Ruang Keluarga menurut Feng Shui

Menurut Feng Shui, ruang keluarga harus menciptakan suasana yang tenang dan damai

25 September 2021

5 Tips Menata Ruang Keluarga menurut Feng Shui
Unsplash/Loudspace

Setiap rumah memiliki minimal satu ruang keluarga yang sering dijadikan tempat berkumpul atau bercengkrama antar anggota keluarga. Berdasarkan Feng Shui, ruang keluarga harus ruangan yang damai dan tenang. 

Feng Shui bukanlah metode dekorasi ruangan, melainkan filosofi kuno asal China yang mengatur keseimbangan dan energi baik di rumah. Ada lima elemen dalam Feng Shui, yakni kayu, api, air, tanah, dan logam. 

Menurut Feng Shui, ruangan yang seimbang dengan alam akan menciptakan suasana yang tenang, damai, serta membawa keberuntungan. Lalu, bagaimana cara menata ruang keluarga berdasarkan Feng Shui?

Kali ini, Popmama.com rangkum lima cara menata ruang keluarga berdasarkan Feng Shui, sehingga ruangan bisa menciptakan energi positif bagi penghuninya. 

1. Ruangan minimalis

1. Ruangan minimalis
Unsplash/Minhphamdesign

Dilansir Real Simple, ruang keluarga yang menciptakan energi positif seharusnya tidak dipenuhi barang di setiap sudut. Ruangan minimalis adalah tata dekorasi terbaik berdasarkan Feng Shui

Mama hanya perlu menempatkan barang-barang penting di ruang keluarga. Pertahankan furnitur, dekorasi serta detail pernak-pernik yang berhubungan dengan kepribadian Mama atau anggota keluarga lainnya.

Hindari menumpuk barang-barang yang memang tidak berguna karena akan menyebabkan ruang keluarga terlihat berantakan. 

Editors' Picks

2. Maksimalkan pencahayaan

2. Maksimalkan pencahayaan
Unsplash/Fromitaly

Berdasarkan Feng Shui, ruang keluarga yang ideal yakni saat ruangan yang memiliki pencahayaan baik.

Semakin banyak pencahayaan, maka semakin banyak pula energi positif yang tercipta di ruang keluarga. Pencahayaan bisa berasal dari matahari atau lampu. 

Oleh karena itu, ruang keluarga seharusnya memiliki ventilasi yang cukup, sehingga memaksimalkan sinar matahari masuk di siang hari. Sedangkan pada malam hari, gunakanlah bola lampu yang meniru sinar matahari alami untuk memaksimalkan pencahayaan. 

Cahaya memungkinkan penghuni rumah memiliki suasana hati yang baik. Sebaliknya, ruangan gelap memicu depresi, stres, dan menurunkan produktivitas. 

3. Gunakan warna-warna yang netral

3. Gunakan warna-warna netral
Unsplash/Karaeads

Warna memang menjadi elemen penting berdasarkan Feng Shui. Ruang keluarga merupakan tempat berkumpul dan berinteraksi, sehingga warna bumi atau warna netral menjadi warna cat yang ideal untuk ruangan. 

Warna bumi yang bisa dipertimbangkan, yakni kuning, cokelat, atau tanah liat. Kemudian, tambahkan furnitur berwarna pastel seperti biru cerah, hijau, atau lilac untuk menambah energi positif serta kebahagiaan di ruang keluarga. 

4. Perhatikan posisi kursi

4. Perhatikan posisi kursi
Unsplash/Sidekix

Feng Shui juga mengatur tata letak furnitur di ruang keluarga. Posisi kursi di ruang keluarga memiliki peranan penting. Semua kursi harus memiliki pandangan ke pintu, sehingga semua orang bisa melihat siapa saja yang datang dan pergi. 

Apabila kursi menghadap jauh dari pintu, maka cobalah menggantung atau meletakkan cermin yang tetap memperlihatkan siapa saja yang datang dan pergi.

Untuk mempercantik ruang keluarga, jangan lupa untuk meletakkan tanaman di samping atau belakang sofa dan kursi. 

5. Letakkan wallpaper atau lukisan

5. Letakkan wallpaper atau lukisan
Unsplash/Sidekix

Terakhir, karya seni bisa menciptakan energi positif di ruang keluarga. Karya seni yang bisa ditempatkan di ruang keluarga antara lain wallpaper atau lukisan dengan motif bunga, burung, binatang, pohon, atau hal-hal yang berhubungan dengan alam. 

Lukisan akan menciptakan keseimbangan di ruangan. Terpenting adalah tidak ada satu pun furnitur yang kuat di ruang keluarga. Misalnya, jangan meletakkan banyak furnitur logam di ruangan. Sebaiknya, imbangi furnitur logam dengan aksesori lembut seperti bantal atau karpet. 

Menata ruang keluarga berdasarkan Feng Shui memang tidak mudah. Namun, sudah seharusnya ruang keluarga menjadi ruangan yang nyaman dan hangat bagi setiap penghuni keluarga. Semoga tips di atas bermanfaat ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.