5 Cara Menghilangkan Kutu Putih pada Tanaman

Cara-cara ini bisa Mama lakukan sendiri di rumah!

2 Agustus 2021

5 Cara Menghilangkan Kutu Putih Tanaman
Instagram.com/maximumyield

Kutu putih adalah salah satu jenis hama yang menghinggapi tanaman. Hati-hati dengan hama ini, karena kutu putih sangat berbahaya. Kutu putih bekerja dengan menyerap atau memakan habis nutrisi yang terdapat di dalam tanaman. Hasilnnya, tanaman akan kekurangan nutrisi dan akhirnya mati.

Selain itu, kutu putih juga akan mengeluarkan semacam madu lengket yang dapat membuat timbulnya jamur gelaga pada tumbuhan.

Jika sudah demikian, tanaman tidak bisa menyerap asupan cahaya matahari yang dibutuhkan dan akhirnya mati. Tidak hanya berdampak pada tanaman, kutu putih juga dapat berdampak pada manusia.

Apabila Mama menyentuh kutu putih ini secara sengaja maupun tidak, Mama akan merasakan gatal-gatal pada kulit Mama. Maka dari itu, hama yang berasal dari Amerika Selatan ini harus dengan segera dihilangkan. Popmama.com telah merangkum 5 cara yang efektif menghilangkan kutu putih pada tanaman.

Yuk Ma, disimak!

1. Menyemprotnya dengan minyak nimba

1. Menyemprot minyak nimba
Instagram.com/fajer.iraq

Mama mungkin baru pertama kali mendengar nama minyak nimba. Minyak nimba adalah sebuah minyak esensial alami yang biasa digunakan untuk menghilangkan serta mencegah adanya hama pada tanaman, seperti kutu putih. Selain itu, minyak ini mampu memberikan efek jangka panjang karena aroma yang dihasilkan minyak ini.

Mama dapat mencampur 1 sendok the minyak nimba dengan 1 sendok makan sabun cuci piring. Tidak lupa juga tambahkan air sebanyak 1 liter dalam botol semprot untuk memudahkannya. Setiap beberapa hari sekali Mama perlu menggunakannya lagi sampai kutu putih benar-benar hilang. Mama juga perlu membilas kutu yang sudah busuk karena kerja minyak ini.

Selain untuk mengobati, campuran ini dapat digunakan sesekali untuk mencegah datangnya kutu putih. Waktu penyemprotan juga perlu diperhatikan. Mama tidak boleh menyemprotnya dibawah sinar matahari secara langsung karena minyak nimba akan menangkap panas yang justru membuat tanaman kering.

Editors' Picks

2. Menyemprotnya dengan campuran sabun atau cuka

2. Menyemprot campuran sabun atau cuka
Instagram.com/vitaha310

Apabila minyak nimba dirasa ribet dan sulit didapatkan, Mama tidak perlu khawatir. Mama bisa menggunakan bahan yang sudah ada di rumah, yaitu dengan sabun cuci piring. Mama dapat membuat campuran ini dengan 8 tetes sabun cuci piring yang dilengkapi dengan 1 liter air hangat.

Buat campuran ini dalam botol semprotan untuk memudahkan pemakaian. Setelah itu, Mama dapat langsung menyemprotnya pada bagian bawah daun. Pastikan tidak menyemprot pada bagian atas daun karena selain kutu putih tidak tumbuh disana, itu juga dapat menghalangi tanaman melakukan proses fotosintesis.

Selain sabun cuci piring, bisa juga dengan menggunakan cuka. Dengan dosis yang sama, cuka dan air dapat efektif membasmi kutu putih juga. Agar tidak mengundang hama lainnya, Mama perlu membersihkan kutu putih yang sudah mati. Mama perlu melakukan ini secara berkala hingga beberapa minggu agar kutu putih hilang sepenuhnya.

3. Menggunakan vacuum cleaner

3. Menggunakan vacuum cleaner
Instagram.com/hello_sunshine_urban_farm

Vaccum cleaner atau mesin penyedot debu adalah salah satu alat pembersih rumah tangga. Alat ini memiliki tingkat hisap yang berbeda-beda dari yang paling rendah hingga tinggi. Selain untuk menyedot debu, Mama bisa pertimbangkan alat yang satu ini untuk membasmi kutu putih pada tanaman. Hati-hati, karena daya hisap yang terlalu tinggi justru akan menghisap seluruh tanaman daripada hanya kutu putih.

Sebaliknya, Mama perlu menggunakan daya hisap yang paling rendah untuk bekerja dengan baik. Setelah kutu putih dan telurnya sudah terkumpul di dalam mesin, Mama tidak boleh membersihkannya di dalam ruangan. Hal ini mencegah tertinggalnya kutu putih pada ruangan dan malah membuat kulit menjadi gatal-gatal. Terlebih lagi, kutu putih ini dapat bertelur dengann sangat banyak dan menyebarkan dirinya.

4. Memangkas daun sejak awal

4. Memangkas daun sejak awal
Instagram.com/ladybirdplantcare

Awalnya, hanya sedikit kutu putih yang akan menyerang salah satu daun tanaman Mama. Apabila dibiarkan begitu saja, kutu putih ini akan bertelur hingga 400 telur dalam satu kutu putih saja dan menyebar ke daun-daun lainnya. Kutu putih ini juga dapat berpindah dari tanaman yang satu ke tanaman lainnya. Maka dari itu, dibutuhkan penanganan sejak sedini mungkin.

Jika kutu putih sudah terlihat menghinggapi salah satu daun, segera potong daun itu. Tidak cukup sampai disana, kutu yang sudah terlanjur menempel juga perlu segera dimatikan. Mama dapat mencelupkan daun yang sudah dipangkas itu ke dalam cairan alkohol. Sebagai alternatif, campuran air dan sabun cuci piring juga bisa bekerja.

5. Mencampurkan cacing tanah dengan pupuk

5. Mencampurkan cacing tanah pupuk
Instagram.com/houseplant_guru21

Cara lainnya untuk menghilangkan kutu putih pada tanaman Mama adalah dengan bantuan cacing tanah. Mama hanya perlu mencampurkan cacing tanah dengan pupuk dan tambahkan ini ke tanah dari tanaman Mama. Dengan bantuan cacing tanah, kutu putih akan pergi dari tanaman Mama.

Ini juga dapat dilakukan sebelum tumbuhnya kutu putih, sebagai bentuk pencegahan. Perlu Mama perhatikan dari tanah tanaman itu sendiri, jangan sampai memuat kandungan nitrogen yang tinggi karena justru itulah yang mengundang kutu putih untuk datang.

Itulah 5 cara efektif menghilangkan kutu putih pada tanaman yang sudah Popmama.com rangkum. Dengan cara-cara di atas, Mama tidak perlu khawatir akan tanaman yang rusak akibat kutu putih lagi!

Baca Juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.