Bikin Tercengang, Patung Tak Terlihat Ini Dijual Seharga Rp 256 Juta

Karya seniman asal Italia ini sempat mendapat kritikan dari publik

11 Juni 2021

Bikin Tercengang, Patung Tak Terlihat Ini Dijual Seharga Rp 256 Juta
Instagram.com/salvatore_garau

Seorang seniman asal italia bernama Salvatore Garau sukses menggegerkan publik setelah mengumumkan menjual patung tak kasat mata seharga lebih dari USD 18.000 atau setara dengan Rp 256 juta.

Walaupun wujud patung tersebut tidak diketahui bentuknya seperti apa, namun patung tak kasat mata ini telah dibeli oleh seseorang yang tidak diketahui identitasnya bulan lalu.

Rumah lelang Italia Art-Rite menetapkan penjualan pada patung ‘immaterial’ atau tak kasat mata tersebut pada bulan Mei berada dikisaran harga antara Rp 100 juta dan Rp 157 juta. Namun, kepopuleran karya seniman yang berusia 68 tahun tersebut sukses meningkatkan harga jualnya.

Wah, benar benar bikin takjub ya, Ma. Selain itu, terdapat beberapa fakta menarik mengenai karya tak kasat mata milik Garau yang sepertinya akan membuat Mama semakin terkesan.

Dilansir dari India Times, berikut Popmama.com telah merangkum detail informasinya. 

Editors' Picks

1. Patung tak kasat mata diberi nama ‘Lo Sono’

1. Patung tak kasat mata diberi nama ‘Lo Sono’
Instagram.com/salvatore_garau

Meski tak memiliki wujud karena tidak dapat dilihat oleh indra penglihatan kita. Patung tersebut tetap memiliki nama yang secara langsung diberikan oleh penciptanya. Garau memberikan nama ‘Lo Sono’ yang memiliki arti ‘I am’ atau dalam bahasa Indonesia bermakna ‘Aku’.

Garau bercerita tentang asal mula patung yang menjadi hasil karyanya ini, ia mengatakan bahwa dirinya suka menganggap patung itu sebagai vakum.

“Kevakuman tidak lebih dari ruang yang penuh dengan energi, bahkan jika kita mengosongkannya dan tidak ada yang tersisa berdasarkan prinsip ketidakpastian Heisenberg, tidak ada yang memiliki bobot,” jelas Gurau.

“Dengan demikian, patung ini memiliki energi yang terkondensasi dan berubah menjadi sebuah partikel, yaitu menjadi kita,” lanjutnya.

2. Patung tak terlihat memiliki sertifikat sah

2. Patung tak terlihat memiliki sertifikat sah
www.art-rite.it

Selain memiliki nama sebagai bentuk perwujudan dari karya patung miliknya. Garau juga telah menyiapkan sertifikat keaslian untuk pembelinya sebagai jaminan.

Sertifikat yang disahkan sendiri oleh Garau dibuat demi membuktikan bahwa karya patung yang dibuatnya itu nyata adanya.

3. Bukan kali pertama membuat karya tak kasat mata

3. Bukan kali pertama membuat karya tak kasat mata
Youtube.com/Salvatore Garau

Mengejutkannya, patung 'Lo Sono' bukan karya tak kasat mata pertama yang dibuat oleh sang Seniman. Sebelumnya tepat pada bulan Februari tahun ini, Garau pernah memamerkan karyanya yang berjudul ‘Buddha In Contemplation’ tepatnya di Piazza Della Scala, Milan.

Karyanya ditampilkan berupa patung tak kasat mata yang dibatasi oleh persegi panjang berwarna putih. Patung tersebut dipamerkannya di luar gedung sehingga sukses menarik minat warga setempat yang sedang berlalu lalang.

Karya-karya tak kasat matanya ini sempat mendapat kritikan oleh banyak orang, karena menganggap hal tersebut bukan bagian dari seni. Mendengar hal itu, Garau membalasnya dengan berkata “lagipula, bukankah Tuhan yang kita yakini juga tidak terlihat bentuknya?”

Wah, karya Garau ini benar benar unik ya. Jadi bagaimana, Ma? Tertarik dengan karya seniman yang satu ini?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.