5 Fakta Kolam Renang di Vila Hanung Bramantyo, Menyatu dengan Alam

Vila beserta kolam renangnya didesain langsung oleh Hanung Bramantyo lho, Ma!

22 Oktober 2021

5 Fakta Kolam Renang Vila Hanung Bramantyo, Menyatu Alam
Instagram.com/hanungbramantyo

Demi menghabiskan waktu bersama keluarga kecilnya di akhir pekan, sutradara Hanung Bramantyo beberapa waktu lalu baru saja mengunjungi vila barunya yang berlokasi di Yogyakarta.

Berada di lokasi yang asri dengan banyak pepohonan rindang di sekitarnya, vila baru tersebut didesain terinspirasi dari gaya rumah Jawa. Hanung pun menonjolkan konsep rumah kayu tropis. Bagian paling menarik dari vila ini, yakni di bagian kolam renang yang benar-benar tampak menyatu dengan alam.

Penasaran seperti apa tampilan kolam renang di vila Hanung Bramantyo? Berikut Popmama.com telah siapkan berbagai potret dan faktanya dilansir dari kanal YouTube The Bramantyo.

1. Pernah menjadi tempat syuting film Gatot Kaca

1. Pernah menjadi tempat syuting film Gatot Kaca
Youtube.com/The Bramantyo

Vila keluarga yang berlokasi di Yogyakarta ini dinamai sebagai Vila Gamplong. Uniknya, vila tersebut pernah menjadi tempat syuting film Gatot Kaca lho, Ma.

Awalnya, Hanung Bramantyo membelinya yang masih berupa tanah. Kemudian setelah dibeli, sempat didiamkan cukup lama sampai akhirnya digunakan untuk keperluan syuting.

Setelah digunakan untuk syuting film Gatot Kaca, Hanung mengaku baru terpikirkan untuk menjadikan tempat ini sebagai vila untuk keluarga.

“Setelah syuting Gatot Kaca baru kepikiran kayaknya bakal bagus kalo dijadiin vila keluarga. Ini dibikin biar anak-anak bisa dekat dengan alam. Soalnya anak-anak pas di Jakarta juga jarang ke alam,” ungkap Hanung Bramantyo dikutip dari unggahan video di kanal YouTube pribadinya pada Jumat (15/10/2021).

Editors' Picks

2. Kolam renang terinspirasi dari desain telaga

2. Kolam renang terinspirasi dari desain telaga
Youtube.com/The Bramantyo

Dengan mengusung konsep alam dan banyak menggunakan ornamen batu serta kayu, Hanung Bramantyo terjun langsung untuk mendesain seluruh area vila, termasuk bagian kolam renangnya.

Suami dari Zaskia Adya Mecca itu mengatakan kolam renang di dalam vila terinspirasi dari desain sebuah telaga. Hanung tidak mau kolam renang untuk sarana bermain anak-anaknya tampak kaku seperti kebanyakan kolam renang pada umumnya.

“Kita nggak mau kolam renang terlalu kaku, kayak kotak gitu kan biasa. Jadi pengin kolam renang seperti telaga,” ucap Hanung.

Hanung mengaku ia dan keluarga kecilnya sangat menyukai air terjun, mereka sering menghabiskan waktu di alam dengan menikmati mandi di bawah air terjun.

“Cuma masalahnya kan kalau musim hujan, debit air akan naik dengan sendirinya dan nggak terprediksi. Itu makanya kita pengen bikin suatu hal yang terukur makanya kita bikin batu-batuan dan air terjun gitu konsepnya,” jelas Hanung.

3. Terdapat pepohonan rindang dan memiliki bebatuan alam besar

3. Terdapat pepohonan rindang memiliki bebatuan alam besar
Youtube.com/The Bramantyo

Tak hanya mengusung konsep alam saja, tetapi kolam renang di dalam vila milik keluarga Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca ini tampak begitu asri serta sejuk berkat tanaman, bahkan berbagai pepohonan hijau yang tumbuh di sekitarnya.

Kolam renang itu tampak semakin cantik dengan dekorasi bebatuan besar yang tersusun rapi, sehingga menyatu dengan alam membentuk sebuah perosotan.

4. Difasilitasi dengan kamar mandi di dekat kolam renang

4. Difasilitasi kamar mandi dekat kolam renang
Youtube.com/The Bramantyo

Tempat lain yang tak kalah menawan ialah bagian kamar mandi yang terletak di sisi kolam renang. Kamar mandi ini didesain khusus menggunakan batuan alam sebagai dindingnya.

Hanung Bramantyo menyebut dekorasi batu-batuannya murni diambil dari kampung setempat, ia sengaja memanfaatkan bahan alam yang ada.

Uniknya, kamar mandi ini memiliki kali kecil sebagai tempat aliran air di bawahnya. Lalu bagian gentingnya didesain menggunakan ranting pohon, yang semakin memberikan sentuhan alami pada ruangan kamar mandi.

5. Memiliki ruang baca di sisi kolam renang

5. Memiliki ruang baca sisi kolam renang
Youtube.com/The Bramantyo

Selain itu, di sisi kolam renang juga terdapat ruang baca yang biasa digunakan Hanung Bramantyo untuk menulis skenario filmnya. Tidak seperti ruang baca pada umumnya, ruangan ini memiliki desain a la lumbung padi sehingga memiliki gaya bangunan dengan pintu miring.

“Awalnya ini lumbung nggak kepakai, terus akhirnya saya beli dan didesain khusus jadi ruang baca,” tutur Hanung.

Nah, itulah sederet fakta tentang kolam renang di vila Hanung Bramantyo yang baru. Semoga bisa menjadi inspirasi tersendiri khususnya bagi Mama yang sedang mendesain kolam renang, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.