8 Tips Feng Shui Kamar Tidur untuk Membawa Keberuntungan

Ingin mendapatkan keberuntungan? Feng Shui pada kamar perlu diperhatikan dengan baik

28 Oktober 2021

8 Tips Feng Shui Kamar Tidur Membawa Keberuntungan
Pixabay/Stuart Bailey

Demi menciptakan kenyamanan sebuah kamar tidur, tak jarang banyak orang berusaha untuk mendekorasi agar setiap sudut ruangan terasa begitu nyaman. 

Perlu Mama ketahui juga bahwa ada beberapa cara menurut Feng Shui untuk menciptakan kamar tidur yang dapat membawa hoki atau keberuntungan. 

Mengubah hidup, meraih kekayaan, bahkan mendapatkan keberuntungan bisa menjadi sesuatu yang mudah dan sederhana dengan cara memindahkan beberapa barang di kamar. Hal tersebut pun dapat membantu menjaga energi tetap mengalir di dalam kamar Mama.

Dilansir dari laman Newsweek, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa tips kamar tidur sesuai dengan Feng Shui yang bisa membawa keberuntungan:

1. Pastikan kamar tidur terang

1. Pastikan kamar tidur terang
Pixabay/Pexels

Pencahayaan merupakan salah satu faktor penting karena memengaruhi aliran energi alami di kamar Mama. Cobalah untuk membandingkan lampu yang sekarang digunakan dengan lampu baru, bisakah kamar tidur Mama dicerahkan dengan lampu baru?

Jika memang pencahayaan yang bagus didapatkan dari lampu baru, maka dianjurkan untuk mengganti lampu di kamar tidur.

Lampu ruang atau lampu tidur menjadi cara termudah untuk mendapatkan lebih banyak cahaya di dalam ruangan, sehingga aktivitas sehari-hari pun lebih efisien.

Penggunaan lampu warm white sebagai lampu tidur cukup disarankan. Hal ini dikarenakan dapat membantu meningkatkan suasana, menciptakan suasana hangat dan tenang, bahkan mengundang energi positif di kamar Mama.

2. Dekorasi ruangan dengan lukisan

2. Dekorasi ruangan lukisan
Pixabay/5460160 f

Lukisan yang mencerminkan prinsip Feng Shui karena akan menambah rasa damai dan keindanhan pada suatu area. Pilihlah lukisan yang menggabungkan salah satu atau semua dari lima elemen Feng Shui, seperti air, api, tanah, logam dan kayu.

Lukisan pohon dan hutan menggambarkan unsur kayu. Lalu yang mengandung pantai, air terjun, sungai, atau danau mewakili unsur air.

Kemudian lilin atau apapun yang berhubungan dengan api menggambarkan unsur api. Kemudian untuk tumbuhan dan gunung akan menggambarkan unsur bumi.

3. Tambahkan elemen kayu di dalam kamar tidur

3. Tambahkan elemen kayu dalam kamar tidur
Pexels/Ken Tomita

Elemen kayu melambangkan pertumbuhan, kesehatan, kemakmuran serta kelimpahan rezeki dalam Feng Shui. Hal ini juga sering dikaitkan dengan kehidupan baru atau awal yang baru.

Ada beberapa cara untuk mengekspresikan unsur kayu melalui Feng Shui di kamar tidur Mama. Cobalah mengaplikasikan elemen kayu lewat dekorasi, perabotan serta barang-barang yang terbuat dari kayu lainnya.

Editors' Picks

4. Tambahkan energi positif melalui dekorasi tanaman dalam ruangan

4. Tambahkan energi positif melalui dekorasi tanaman dalam ruangan
Pexels/cottonbro

Menambahkan tanaman di dalam ruangan merupakan sebuah tren akhir-akhir ini dan termasuk sesuatu yang baik dari perspektif Feng Shui. Tanaman tidak hanya menggambarkan elemen kayu semata, tetapi juga membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan.

Pilihlah tanaman dengan daun lembut melengkung dan hindari tanaman berduri atau tajam seperti kaktus. Pastikan untuk memberi tanaman Mama perawatan dan perhatian setiap hari.

Merawat makhluk hidup lain seperti tanaman sama saja dengan membangun kasih sayang. Hal ini dapat dikaitkan dengan Feng Shui yang menggambarkan pertumbuhan, kesehatan serta kemakmuran.

5. Ketahui warnamu sesuai dengan elemen Feng Shui

5. Ketahui warnamu sesuai elemen Feng Shui
Pexels/Max Vakhtbovych

Masing-masing dari lima elemen di Feng Shui memiliki kesesuaian dengan arah dan warna. Arah kamar tidur Mama akan menentukan warna dan dekorasi terbaik yang cocok untuk digunakan.

Misalnya, jika kamar menghadap ke timur atau tenggara, maka Mama dapat menambahkan perabotan kursi atau hiasan dinding berwarna hijau. Adapun untuk arah lainnya sebagai berikut:

  • Barat dan barat laut: putih, emas, dan perak
  • Timur laut dan barat daya: cokelat, kuning, dan merah muda
  • Selatan: merah
  • Utara: biru dan hitam

6. Singkirkan barang-barang yang sudah tidak membuat senang

6. Singkirkan barang-barang sudah tidak membuat senang
Pexels/Ketut Subiyanto

Tujuan Feng Shui, yakni menciptakan ruang seimbang untuk ‘chi’ positif atau energi yang mengalir. Singkirkanlah barang-barang yang secara negatif mempengaruhi Mama dan yang tidak memberi kesenangan. Ini juga terkait Feng Shui tentang merasakan kedamaian batin.

Sebagai contohnya, dekorasi dinding dari orang yang tidak Mama sukai mungkin terlihat bagus, tetapi bagaimana perasaan Mama saat melihatnya?

7. Bersihkan secara rutin dan pastikan kamar tidur mempunyai wangi yang harum

7. Bersihkan secara rutin pastikan kamar tidur mempunyai wangi harum
Pexels/Anna Shvets

Kamar tidur merupakan ruang pribadi yang kerap digunakan oleh Mama, jadi penting untuk menjaga kebersihan serta peduli dengan aroma yang dikeluarkan dari ruangan.

Kamar tidur yang terlihat dan berbau harum secara otomatis akan memancarkan suasana kesegaran yang akan membuat Mama merasa nyaman saat berada di dalamnya.

Mama dapat menggunakan aromaterapi atau pengharum ruangan yang membuat ruangan terasa lebih wangi. Serta pastikan untuk hanya membersihkan ruangan dengan pembersih alami, seperti soda kue, cuka atau minyak esensial.

Usahakan hindari penggunaan bahan kimia ya, Ma. 

8. Pindahkan posisi tempat tidur

8. Pindahkan posisi tempat tidur
Pexels/Terry Magallanes

Feng Shui memiliki aturan ketat terkait posisi tempat tidur. Tempat tidur harus diletakkan melawan dinding, tidak pernah diletakkan di samping jendela, dan tidak berdekatan dengan pintu di kedua sisinya.

Pasalnya, tempat tidur memengaruhi berbagai bidang di kehidupan Mama, terutama kehidupan percintaan. Tempat tidur baru akan membersihkan energi lama dan memberi ruang bagi seseorang atau sesuatu yang baru di hidup Mama.

Tempat tidur baru memiliki makna ganda, bagi mereka yang baru saja memutuskan hubungan maka bisa mendatangkan dan mendapatkan seseorang yang lebih baik. Sedangkan, bagi yang sudah terikat hubungan, itu berarti akan menyalakan kembali api cinta antara pasangan.

Nah, jadi itulah tips Feng Shui kamar tidur yang dapat menjadi bahan pertimbangan untuk diaplikasikan. Beberapa tips Feng Shui kamar tidur ini bisa membawa keberuntungan.

Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.