12 Foto Rumah Mark Sungkar Mertua Teuku Wisnu, Terbuat dari Kayu

Mempunyai desain unik, rumah papa dari Shireen Sungkar ini sangat menonjolkan unsur alam

6 Juli 2022

12 Foto Rumah Mark Sungkar Mertua Teuku Wisnu, Terbuat dari Kayu
Instagram.com/shireensungkar & YouTube.com/The Sungkars

Sosok Mark Sungkar pasti sudah tidak asing lagi di telinga sebagian masyarakat Indonesia. Papa dari Zaskia dan Shireen Sungkar ini dulunya merupakan seorang aktor yang kerap muncul di layar kaca pada tahun 1970-an.

Demi menikmati masa tua, kini Mark Shungkar memilih untuk menghentikan aktivitasnya di industri hiburan tanah air. Kendati begitu, ia masih kerap terlihat dalam konten yang diunggah oleh anak maupun menantunya di media sosial.

Dibanding tinggal di ibu kota, Mark Sungkar lebih nyaman untuk memiliki kediaman yang berlokasi di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Huniannya tersebut tampak begitu ideal sebagai tempat berkebun dan memelihara ikan.

Menariknya, sebagian besar material yang digunakan untuk membangun rumahnya ialah terbuat dari bahan-bahan alami, seperti kayu, bambu, batu, dan banyak lagi.

Penasaran seperti apa tampilannya? Berikut Popmama.com telah rangkum sederet foto rumah Mark Sungkar mertua Teuku Wisnu dilansir dari akun YouTube The Sungkars.

1. Hunian Mark Sungkar dipenuhi banyak jenis tumbuhan

1. Hunian Mark Sungkar dipenuhi banyak jenis tumbuhan
YouTube.com/The Sungkars

Saat mengunjungi kediaman Mark Sungkar di kawasan Bogor, satu hal yang akan langsung Mama sadari ialah rumahnya ini terasa sejuk dan asri. Hal ini dikarenakan dikelilingi oleh banyak tumbuhan dan pepohonan.

Bahkan, Shireen sendiri mengakui jika rumah sang Papa mempunyai ciri khas dipenuhi beragam jenis tumbuhan. Tak tanggung-tanggung, Mark sampai menyediakan ruang bertingkat untuk menanam nanas.

2. Hobi berkebun, Mark Sungkar memfasilitasi rumahnya dengan green house

2. Hobi berkebun, Mark Sungkar memfasilitasi rumah green house
YouTube.com/The Sungkars

Berkebun menjadi salah satu hobi yang digeluti oleh Mark. Maka tidak heran jika tanah kosong yang tersedia di sebelah rumahnya berhasil ia sulap menjadi green house atau rumah kaca.

Ada banyak jenis tanaman di sini, seperti singkong, kangkung, hingga daun mint. Selain itu, terdapat pula kolam ikan berukuran sedang yang airnya dimanfaatkan untuk mengairi tumbuhan di sekitarnya.

3. Rumahnya sangat mengutamakan unsur alam

3. Rumah sangat mengutamakan unsur alam
YouTube.com/The Sungkars

Begini tampilan rumah Mark dari depan. Ketika beralih ke bagian teras, tamu yang berkunjung akan langsung menyadari jika bangunan ini sangat lekat dengan kesan alam.

Selain dilengkapi banyak tumbuhan hijau sejauh mata memandang, Mark memilih batu bata untuk melapisi dinding bangunannya. Bebatuan juga menjadi unsur dominan yang terdapat di dalam huniannya.

4. Alasan Mark Sungkar memilih rumah kayu sebagai tempat tinggalnya

4. Alasan Mark Sungkar memilih rumah kayu sebagai tempat tinggalnya
YouTube.com/The Sungkars

Bukan tanpa alasan mengapa Mark memilih untuk membangun rumah kayu sebagai tempat tinggalnya. Laki-laki kelahiran 1948 ini menjelaskan jika rumah kayu terbilang lebih sehat dibandingkan rumah beton.

Perabotan atau interior yang terbuat dari kayu lebih aman bagi kesehatan karena tidak mengeluarkan aroma kimia. Kayu-kayu yang terdapat rumah Mark sebagian besar berasal dari pohon pinus sudah tua, kemudian diawetkan, sehingga bisa terbebas dari rayap.

5. Ruang tamu dengan pemandangan keindahan alam

5. Ruang tamu pemandangan keindahan alam
YouTube.com/The Sungkars

Begini tampilan ruang tamu di dalam kediaman Mark. Semua perabotannya didominasi dengan material kayu. Kayu pinus yang telah didesain sedemikian rupa dipilih sebagai tempat duduk dan meja karena mempunyai material kokoh.

Selain itu, tamu yang berkunjung ke sini juga akan termanjakan berkat pemandangan yang disuguhkan. Tepat di belakang sofa panjang, tersedia jendela berukuran besar yang menampilkan view keindahan Bogor.

Editors' Picks

6. Terdapat vertical garden di dalam rumah

6. Terdapat vertical garden dalam rumah
YouTube.com/The Sungkars

Jika biasanya kebanyakan rumah artis tersedia vertical garden yang terletak di sebelah kolam renang atau taman rumahnya, maka berbeda dengan Mark. Ia justru menempatkan vertical garden di dalam rumahnya.

Mark menjelaskan jika vertical garden miliknya ini dikombinasikan dengan kaca grafir. Alhasil, tampilan akhirnya terlihat begitu cantik dan enak untuk dipandang.

7. Tidak hanya batu bata, Mark Sungkar juga memilih bambu untuk material dinding di rumahnya

7. Tidak ha batu bata, Mark Sungkar juga memilih bambu material dinding rumahnya
YouTube.com/The Sungkars

Selain batu bata alami, Mark juga memilih material bambu sebagai dinding di rumahnya. Bambu yang telah diambil ia potong menjadi beberapa bagian. Lebih tepatnya, bambu tersebut dibentuk seukuran batu bata.

Dinding yang terbuat dari bambu alami tidak hanya berfungsi meningkatkan estetika dalam ruangan, tetapi bisa menjadi pemanis ruangan itu sendiri.

Mark menyebut bambu sebagai bahan yang murah meriah untuk membangun rumah. Dinding bambu di rumahnya ini sangat kokoh dan sudah bertahan lebih dari delapan tahun.

8. Ruangan fungsional yang terletak di lantai dua

8. Ruangan fungsional terletak lantai dua
YouTube.com/The Sungkars

Beralih ke lantai dua hunian Mark Sungkar. Terdapat sebuah ruangan berukuran sedang yang bersifat multifungsi alias bisa digunakan untuk kegiatan apa saja.

Ruangannya bisa dipakai sebagai area makan, ruang keluarga, maupun tempat bersantai. Terlebih, bagian ini difasilitasi kursi pijat yang bisa memanjakan penghuninya.

Selagi duduk di kursi pijat, Mark juga bisa menikmati pemandangan dari kaca jendela.

9. Kantor Mark Sungkar difasilitasi tempat tidur untuk beristirahat

9. Kantor Mark Sungkar difasilitasi tempat tidur beristirahat
YouTube.com/The Sungkars

Selanjutnya Mama akan diperlihatkan pada ruang tempat Mark bekerja. Bagian kantornya tersebut tampak nyaman karena memuat banyak kaca jendela, sehingga oksigen dengan mudahnya bisa masuk.

Ruang bekerja difasilitasi meja dan peralatan kerja lainnya memang sudah biasa, namun bagaimana dengan kasur? Uniknya, Mark menyediakan kasur berukuran kecil yang diletakkan tidak jauh dari meja kerjanya.

Kasur tersebut biasa digunakan jika ia sedang ingin beristirahat sejenak.

10. Ruang makan dengan pemandangan menakjubkan, terinspirasi dari konsep penthouse

10. Ruang makan pemandangan menakjubkan, terinspirasi dari konsep penthouse
YouTube.com/The Sungkars

Kalau ini tampilan ruang makan di kediaman Mark Sungkar. Ia menjelaskan jika desain ruang makannya ini terinspirasi dari ruang makan yang biasanya tersedia di penthouse.

Pemandangan yang ditampilkan pun tidak main-main, karena terlihat begitu cantik, baik di siang hari maupun malam hari. Di sebelah ruang makan, terdapat area teras yang ditumbuhi banyak tanaman hijau.

11. Dapur dilengkapi kitchen set dari kayu

11. Dapur dilengkapi kitchen set dari kayu
YouTube.com/The Sungkars

Dapur menjadi salah satu ruangan yang tidak boleh dilewatkan di hunian Mark. Ketika memasuki ruangan ini, Mama akan disuguhkan dengan tampilan kitchen set sepenuhnya terbuat dari kayu.

Cokelat menjadi warna yang dominan di area memasaknya. Kabinet atau rak yang menempel di dinding juga terbuat dari material kayu kokoh.

Konsep alam sangat terlihat di bagian dapurnya ya, Ma?

12. Kamar tidur nyaman dan mudah dimasuki sinar matahari

12. Kamar tidur nyaman mudah dimasuki sinar matahari
YouTube.com/The Sungkars

Last but not least, kamar tidur Mark juga tidak kalah mencuri perhatian dari ruangan-ruangan sebelumnya. Dinding ruang beristirahat tersebut sebagian besar terbuat dari kaca transparan.

Alhasil, Mark bersama istrinya tetap bisa menikmati pemandangan alam yang indah di luar sana. Sinar matahari pun dapat dengan mudahnya masuk, sehingga membuat area kamarnya tetap sehat.

Jadi itulah sejumlah foto rumah Mark Sungkar mertua Teuku Wisnu. Semoga bisa menginspirasi Mama dalam mendesain rumah, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk