Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Gaya Desain Dekorasi Rumah Japandi, Ada Natural hingga Modern

Dekorasi gaya japandi mana nih yang cocok dengan seleramu?

11 September 2022

5 Gaya Desain Dekorasi Rumah Japandi, Ada Natural hingga Modern
Freepik/dit26978

Belakangan ini, gaya interior japandi sedang digandrungi banyak orang, khususnya para generasi muda. Buat yang belum tahu, japandi adalah penggabungan gaya desain interior rumah antara Jepang dan Skandinavia.

Japandi merupakan desain yang menggabungkan fungsionalitas Skandinavia dengan konsep estetika minimalis pedesaan khas Jepang.

Beberapa ciri utama dari gaya interior japandi, di antara lain sederhana, bersih, bersifat fungsional, hemat tempat, multifungsi, dan mudah dipadupadankan.

Gaya japandi tersedia dalam beberapa sub-style untuk memenuhi berbagai preferensi gaya setiap orang. Bisa jadi inspirasi, berikut Popmama.com telah menyiapkan ulasan terkait beberapa gaya desain dekorasi rumah japandi.

Yuk, disimak!

1. Japandi Natural (hangat dan relaxing)

1. Japandi Natural (hangat relaxing)
Freepik/vanitjan

Dari namanya saja, pasti kita sudah terbayang jika Japandi Natural mengedepankan look alami dalam hunian. Hal tersebut bisa diperoleh dari penggunaan perabotan yang didominasi kayu berwarna muda hingga medium.

Interior rumah perlu menggunakan warna-warna netral. Misalnya, meja dan kursi makan menggunakan warna light walnut, atau melibatkan penggunaan kayu oak serta teak untuk perabotan lainnya.

Warna-warna muda dan netral yang dapat menjadi acuan, seperti beige, krem, hingga abu-abu muda. Untuk mempercantik ruangan, kamu dapat menempatkan tanaman indoor demi menambah kesan asri dan alami.

Di antara sub-style japandi lainnya, Japandi Natural menjadi gaya yang paling simpel dan tidak membutuhkan banyak biaya. Keuntungannya lagi, gaya japandi ini sangat bisa dipadukan dengan gaya japandi lainnya.

“Japandi Natural memang paling simpel dan affordable dibanding sub-style lainnya. Bisa mix and match juga dengan japandi lainnya, jadi dapat menyesuaikan dengan selera masing-masing orang,” kata Kania Bunga, Interior Communication Manager Dekoruma, saat diwawancarai awak media di Dekoruma Experience Center Teuku Umar, Bali, Jumat (9/9/2022).

Editors' Picks

2. Japandi Modern (stylish)

2. Japandi Modern (stylish)
Freepik/dit26978

Kalau sub-style satu ini cocok sekali buat kamu yang suka interior rumah dengan desain elegan, simpel, dan mengedepankan warna-warna gelap. Tak hanya mengutamakan tampilan elegan, tapi juga memiliki nilai estetika yang mewah.

Dominasi warna pada dinding maupun perabotan cenderung gelap, seperti hitam, abu-abu tua, serta biru tua. Ciri khas Japandi Modern ialah motif marmer dan aksen warna emas yang ditempatkan secara strategis, tetapi tampilannya tidak berlebihan.

“Berbeda dengan Japandi Natural, Japandi Modern biasanya perabotannya itu dari material kayu yang warnanya lebih gelap. Warna gelap yang diaplikasikan tidak akan membuat seluruh ruangan terbilang mati,” ungkap Kania Bunga.

3. Japandi Urban (fresh)

3. Japandi Urban (fresh)
Freepik/wirestock

Kemudian ada Japandi Urban dengan ciri khas penerapan warna-warna cerah yang lebih banyak dibandingkan warna netral. Sub-style ini mengusung kesan muda, trendi, kosmopolitan, dan berwawasan perkotaan.

Warna-warna cerah biasanya digabungkan dengan furnitur kayu berwarna muda sampai medium. Persis seperti gaya japandi lainnya, Japandi Urban juga memungkinkan pemilik hunian melakukan space-saving dengan menggunakan funitur multifungsi.

“Japandi Urban ini sebagai jawaban untuk hunian dengan ciri khas berada di perkotaan. Furnitur yang digunakan juga multifungsi. Seperti meja yang bisa dilipat, sofa yang bisa dijadikan tempat tidur, dan banyak lagi,” ungkap Kania Bunga.

4. Japandi Klasik (elegan)

4. Japandi Klasik (elegan)
Freepik/dit26978

Gaya Japandi Klasik identik dengan ruangan beraksen lebih dinamis, seperti profile pada dinding, bentuk dan motif dekoratif, adanya lekukan, serta pengaplikasian warna pastel yang memberikan kesan lembut sekaligus menawan.

Tidak berbeda jauh dengan gaya Japandi Natural, warna netral juga kerap diaplikasikan pada perabotan Japandi Klasik. Misalnya, warna putih yang dipadukan dengan kayu berwarna light hingga medium pada perabotan.

“Japandi Klasik itu lebih feminin. Jadi memang cocok untuk para perempuan yang menyukai warna-warna terang,” tutur Kania Bunga.

5. Japandi Industrial (maskulin dan trendi)

5. Japandi Industrial (maskulin trendi)
Freepik/vanitjan

Terakhir ada Japandi Industrial yang menonjolkan konsep ruangan dengan kesan maskulin, tegas, berani, tapi tetap simpel. Japandi Industrial sangat berkaitan erat dengan desain interior industrial.

Hal tersebut ditampilkan melalui penggunaan material raw, seperti besi hitam yang tebal, kayu, hingga bata ekspos. Penggunaan furnitur multifungsi juga diperlukan dengan material kayu berwarna medium - dark yang bentuknya tetap space-saving.

“Japandi Industrial kesannya lebih maskulin, karena ciri khasnya banyak besi hitam dengan warna kayu dari material furnitur yang digunakan,”  ujar Kania Bunga.

Nah, jadi itulah sederet gaya desain dekorasi rumah japandi, kalau kamu lebih suka gaya japandi yang mana?

Semoga bisa jadi inspirasi untuk diaplikasikan di rumah, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk