5 Aturan Feng Shui untuk Kamar Anak agar Tumbuh Cerdas dan Sehat

Mengatur kamar anak sesuai dengan feng shui, maka anak dapat tumbuh lebih sehat dan cerdas

29 Agustus 2020

5 Aturan Feng Shui Kamar Anak agar Tumbuh Cerdas Sehat
freshome.com/Alex Findlater

Meski terkesan mudah, namun sebenarnya menata kamar tidak bisa sembarangan dan perlu perhatian khusus. Agar anak-anak dapat tidur dengan nyenyak, penting bagi orangtua untuk merancang kamar senyaman mungkin.

Kamar juga diketahui berperan penting dalam membantu tumbuh kembang dan intelijensi anak. Nah, untuk menciptakan kamar anak yang mampu mengakomodir pertumbuhan fisik serta perkembangan otaknya dengan baik, Mama bisa memanfaatkan ilmu feng shui.

Dipercaya, dengan mengatur kamar anak sesuai dengan feng shui, maka anak dapat tumbuh lebih sehat dan cerdas. Lalu, seperti apa aturannya?

Agar lebih jelas, berikut Popmama.com telah merangkum 5 aturan feng shui untuk kaman anak agar cerdas dan sehat.

1. Pemilihan warna yang sesuai dengan kesukaannya

1. Pemilihan warna sesuai kesukaannya
freshome.com/Chango & Co

Untuk menciptakan kamar yang nyaman bagi anak, maka pilihlah warna yang sesuai dengan kepribadian dan kesukaannya. Meski begitu, warna yang ada di kamarnya tetap harus memiliki keseimbangan yin dan yang.

Hindari warna-warna yang terlalu mencolok, seperti warna neon atau stabilo. Warna yang terlalu mencolok dapat memengaruhi sistem syaraf yang dapat menyebabkan gangguan tidur dan merusak konsentrasi saat belajar.

Hindari juga menggunakan wallpaper bermotif terlalu ramai karena dapat menstimulasi otak anak secara berlebihan. Warna yang hangat atau bernuansa lembut merupakan warna ideal untuk kamar anak, misalnya biru pastel, hijau pastel, soft pink, dan kuning pastel.

Warna-warna ini akan menciptakan atmosfer yang menenangkan. Menurut ahli feng shui anak, warna biru pada ruangan dapat membuat mood lebih tenang, sedangkan pink pastel atau soft pink dapat memberi nuansa terang dan ceria.

Editors' Picks

2. Penempatan tempat tidur yang membuat anak nyaman

2. Penempatan tempat tidur membuat anak nyaman
yourhomeic.com

Hal yang tak kalah penting lainnya adalah penataan tempat tidur. Di usia pertumbuhannya, anak harus memiliki kualitas tidur yang baik. Menurut ahli feng shui dan arsitek interior, posisi tempat tidur terbaik adalah di tengah ruang atau diagonal dengan pintu kamar.

Penempatan tempat tidur pada sisi di mana anak dapat melihat ke seluruh ruangan sangat ideal karena hal itu dapat membantu mengatasi kesulitan tidur. Anak akan lebih tenang ketika bisa melihat dengan jelas siapa yang masuk ke kamarnya.

Hindari meletakkan kasur berhadapan langsung dengan pintu atau terlalu dekat dengan pintu. Anak bisa terkejut jika tiba-tiba ada yang datang ke kamar. Hal ini dapat membuatnya tidak nyaman.

Disarankan agar tempat tidur diletakkan merapat pada dinding dan memiliki sandaran kepala. 

3. Pemilihan hiasan dinding yang dapat menstimulasi otak anak

3. Pemilihan hiasan dinding dapat menstimulasi otak anak
funathomewithkids.com

Untuk memacu semangat dan meningkatkan mood anak, Mama dapat menghias kamar anak dengan pajangan atau hiasan dinding yang menginspirasinya. Sebagai contoh, Mama dapat memajang foto keluarga saat sedang traveling.

Gambar kartun favorit yang lucu dan menghibur juga akan membuatnya lebih nyaman dan mendukung perkembangannya ketimbang memajang foto artis idolanya di kamar.

Mama juga dapat memajang quotes yang menginspirasinya dalam desain yang ceria. Hindari memajang benda-benda bertema permusuhan seperti adegan pertempuran, senjata, atau hewan liar.

4. Jauhkan peralatan elektronik dari kamar anak

4. Jauhkan peralatan elektronik dari kamar anak
Freepik

Disarankan untuk tidak meletakkan televisi, komputer, game, radio, atau telepon di kamar anak. Hal ini berguna untuk menjaga konsentrasi anak saat belajar dan menjaga kualitas tidurnya.

Oleh karena itu, tempatkan peralatan elektronik untuk anak di ruang keluarga atau ruang yang memiliki pengawasan orangtua.

5. Letakan cermin panjang di kamar anak

5. Letakan cermin panjang kamar anak
Pexels/Erin Profaci

Terakhir adalah menempatkan cermin panjang di kamar anak. Cermin panjang yang dapat memperlihatkan seluruh tubuhnya saat berkaca dapat meningkatkan kepercayaan diri anak. Posisikan cermin sesuai tinggi anak agar ia tak kesulitan memandang dirinya sendiri.

Seorang anak penting untuk memiliki rasa percaya diri sejak dini, ini akan membantunya lebih berani tampil di kelas dan berani dalam mengutarakan ide-idenya di sekolah.

Nah, itulah kelima aturan feng shui untuk kamar anak agar ia tumbuh cerdas dan sehat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.