Tak Ada Dipan Kasur? Maksimalkan dengan 5 Tips Dekorasi Kamar Berikut!

Ubah kamarmu menjadi lebih indah dengan lima langkah mudah!

17 September 2020

Tak Ada Dipan Kasur Maksimalkan 5 Tips Dekorasi Kamar Berikut
Pinterest.com/Hometalk

Dibandingkan dengan ruangan lain, kamar memiliki peran yang penting untuk menjaga agar pemiliknya bisa memiliki kualitas tidur yang lebih baik sebelum atau sesudah memulai aktivitas.

Nah, untuk kamu yang tinggal di kamar berukuran kecil dan tanpa dipan, tentu dekorasi dan isi perabotan di dalamnya harus sangat diperhatikan.

Meski terlihat lebih simpel dan mudah diletakan, kasur tanpa dipan tetap harus ditata sedemikian rupa agar kamar tetap tampak luas dan nyaman.

Sebagai referensi, berikut Popmama.com telah merangkum 5 tips mudah mendekorasi kamar dengan kasur lantai agar terlihat lebih menarik dan estetik.

1. Lapisi terlebih dahulu dengan karpet

1. Lapisi terlebih dahulu karpet
Pinterest.com/Spring

Jika kamu memiliki kamar dengan kasur tanpa dipan alias yang terletak di lantai, pastikan kamu telah melapisinya dengan karpet terlebih dahulu.

Selain untuk menjaga agar kasur tidak mudah kotor, karpet juga bisa menjadikan kasur kamu sebagai 'bintang utama' di dalam kamar. Oleh karena itu, pilihlah karpet yang sesuai dengan desain yang kamu inginkan.

Kalau ingin mendekorasi kamar dengan gaya bohemian, kamu bisa memilih motif karpet Turki atau kalau dekorasi kamu cenderung bernuansa pastel, pilih karpet bulu-bulu warna soft atau netral untuk memberikan nuansa hangat.

Jika ingin lebih bold lagi, kamu bisa memilih warna terang seperti kuning untuk menghadirkan vibes yang lebih vibrant

Editors' Picks

2. Letakkan meja berukuran mini di samping tempat tidur

2. Letakkan meja berukuran mini samping tempat tidur
Pinterest.com/Victoria Kasyakina

Karena posisi kasur kamu berada di bawah, pastikan furnitur yang berada di sekitarnya tidak terlalu tinggi. Jadi kamu bisa memilih meja ottoman mini dengan model-model unik.

Atau kalau ingin lebih natural dan memberikan kesan effortless, manfaatkan buku-buku besar atau coffe table book sebagai meja.

Caranya mudah, susun 4 sampai 5 buku besar, letakkan di samping kasur. Kamu bisa meletakkan barang seperti smartphone, jam waker kecil, atau aromaterapi.

3. Ciptakan sudut yang menarik

3. Ciptakan sudut menarik
Pinterest.com/Urban Outfitters

Nah, untuk membuat kamar kamu tidak terlihat monoton, kamu bisa menciptakan sudut menarik. Misalnya dengan meletakkan rak gantung di atas kasur untuk menyimpan buku, foto, atau pernak-pernik lainnya.

Selain itu, kalau kamu penikmat seni, kamu bisa menggantung lukisan, pajangan bernuansa art, atau macrame di sudut kamar.

Agar sudut tersebut semakin nyaman, pastikan kamu menyiapkan bantal-bantal empuk supaya bisa menjadi pengganti headboard atau sandaran kepala saat ingin menonton film atau membaca buku di kasur. 

4. Dekorasi kamar dengan nuansa monokrom

4. Dekorasi kamar nuansa monokrom
Pinterest.com/Jessica Flanigan

Salah satu tips mudah yang bisa membuat kamar tampak lebih eye catching, luas, dan tidak pengap adalah dengan menentukan dekorasi bernuansa monokrom. Kamu bisa mendominasi kamar dengan satu warna, misalnya putih.

Lalu lengkapi dengan perabotan atau dekorasi dengan pilihan warna seperti cokelat, terracotta, hitam, biru, atau bahkan kuning. Pemilihan warna monokrom ini nantinya bisa memudahkan kamu dalam mengubah suasana.

Sebab kamu tidak perlu melakukan renovasi secara keseluruhan, hanya perlu mengganti beberapa barang kecil dengan model atau warna yang berbeda saja. 

5. Tambahkan tanaman gantung atau tanaman kecil

5. Tambahkan tanaman gantung atau tanaman kecil
Pinterest.com/Interiors Addict

Agar udara di dalam kamar tetap segar, jangan lupa untuk meletakkan tanaman hijau di sudut-sudut kamar. Khusus untuk kamu yang memiliki kasur lantai, sebaiknya memilih tanaman yang bisa digantung di dekat jendela atau di tembok.

Meletakkan tanaman dengan cara digantung bisa membuat kamar kamu tetap tampak lebih luas karena tidak ada space lantai yang terpakai.

Kalau kurang suka dengan model-model tanaman gantung, kamu bisa memilih tanaman berukuran kecil seperti mini pixie, sansievera, atau kaktus. 

Nah, itulah kelima tips memaksimalkan kamar dengan kasur tanpa dipan. Selamat mencoba dan semoga menginspirasi!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.