5 Tips Menata Rumah untuk Menyambut Tamu saat Buka Bersama

Rumah yang tertata rapi pasti akan membuat para tamu merasa lebih nyaman

21 April 2021

5 Tips Menata Rumah Menyambut Tamu saat Buka Bersama
Pixabay/kaboompics

Ketika bulan puasa, biasanya umat Muslim akan disibukkan dengan tambahan kegiatan, salah satunya adalah bukber atau buka bersama. Ya, bukber telah menjadi tradisi yang membuat kebersamaan Ramadan semakin hangat.

Saat bulan puasa, rentetan jadwal bukber pun berdatangan, mulai dari bukber kantor, bukber keluarga besar, bukber teman kuliah, bukber teman SMA atau bukber-bukber lainnya.

Namun, dengan adanya kondisi pandemi seperti sekarang ini, maka kamu bisa mencoba tempat bukber yang lebih nyaman dan sehat, yakni di rumah.

Nah, untuk membuat suasana bukber semakin asyik, tentunya perlu dekorasi ruangan dan penataan rumah yang rapi. Dilansir dari laman IDN Times, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa tips mudah menata rumah untuk bukber atau buka bersama.

1. Tata makanan dengan rapi

1. Tata makanan rapi
Freepik/Odua

Biasanya, jumlah tamu yang akan datang pada acara bukber biasanya tidak sedikit. Apalagi kalau acara bukber itu juga merupakan acara reuni, pasti akan sangat banyak jumlah tamu yang datang.

Oleh karena itu, tentunya Mama tidak boleh kehabisan ide dalam menyusun tatanan meja makan terutama soal makanan yang dihidangkan. Agar lebih mempermudahkanmu sebagai tuan rumah, maka Mama bisa menata meja makan secara prasmanan.

Letakkan makanan dalam wadah yang memiliki penghangat secara berurutan, mulai dari makanan berat hingga makanan ringan atau dessert.

Tips lain, tak ada salahnya menggunakan alat makan sekali pakai agar Mama tak usah repot mencuci alat makan setelah acara bukber selesai. 

Editors' Picks

2. Menghiasi rumah dengan dekorasi Ramadan

2. Menghiasi rumah dekorasi Ramadan
wugsanddooey.blogspot.com

Sama seperti temanya, yakni bulan Ramadan, maka aksesoris yang dibutuhkan pun harus pernak-pernik yang berbau Ramadan. Mulai dari desain ketupat, lampu khas Ramadan, sarung bantal yang khas Ramadan ataupun berwarna hijau hingga pernak-pernik lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa meletakkan beberapa lilin di sudut ruangan atau memasangkan hiasan cantik nan menarik di depan pintu. Jika ada rencana akan duduk bersama di lantai, jangan lupa sediakan karpet ruang tamu agar nuansa bukber semakin terasa.

3. Setel musik religi khas Ramadan

3. Setel musik religi khas Ramadan
Instagram.com/barnard.music

Agar nuansa Ramadan dan bukber lebih akrab, Mama bisa memutarkan musik ataupun lagu-lagu religi. Ada banyak daftar lagu religi yang bisa dengan mudah kamu akses saat ini.

Tips ini juga bisa kamu lakukan sebagai penyambut tamu ketika mereka datang. Tamu yang datang pasti akan lebih merasa senang ketika disambut dengan musik-musik Ramadan. Biar lebih semangat, musik ini juga bisa menemanimu selama sesi beres-beres rumah!

4. Pasang wewangian khas Timur Tengah

4. Pasang wewangian khas Timur Tengah
Pexels/Chris F

Supaya kawan-kawan yang kamu undang datang dengan merasa lebih nyaman ketika berkunjung ke rumah, kamu bisa menambahkan wewangian pada ruangan.

Semprotkan parfum beraroma lembut pada ruangan, bantal hias dan juga pada karpet. Bukan hanya itu, kamu juga bisa menambahkan beberapa bunga beraroma menyegarkan pada ruangan, seperti bunga melati atau bunga sedap malam.

Nah, jika ingin mencoba yang lebih unik, Mama juga bisa memasangkan wewangian Arab khas Ramadan. Harganya relatif terjangkau kok, Ma!

5. Siapkan area beribadah yang nyaman dan bersih

5. Siapkan area beribadah nyaman bersih
Freepik/ rawpixel.com

Agar lebih praktis, kamu memang bisa pergi ke masjid bersama dengan rekan-rekan, namun dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Namun jika ingin beribadah di rumah, tentunya dekorasi ruangan ibadah juga perlu diperhatikan. Biar khusyuk, gunakan karpet berukuran besar sebagai alas salat.

Karpet juga bisa berfungsi sebagai sajadah tambahan jika kamu tidak memiliki cukup sajadah untuk para tamu. Kamu bisa menggeser furnitur lainnya agar ruang yang tersedia bisa lebih luas dan bisa kamu gunakan untuk salat berjamaah.

Nah, itulah lima tips mudah menata rumah saat bukber agar momen kebersamaan tetap terjaga walaupun di tengah pembatasan jarak. Selamat berpuasa dan tetap jaga kesehatan.

Semoga bermanfaat tipsnya ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.