Ayudia Bagikan Tips Bangun Rumah Minim Budget untuk Keluarga Millennial, Dicoba Yuk!

Ayudia dan Ditto juga menerapkan sistem ini lho untuk pembangunan rumah mereka!

25 Maret 2020

Ayudia Bagikan Tips Bangun Rumah Minim Budget Keluarga Millennial, Dicoba Yuk
Popmama.com/Michael Andrew

Membangun rumah idaman adalah impian setiap orang, apalagi untuk keluarga muda yang baru membina keluarga sendiri.

Meski terdengar menyenangkan, namun nyatanya beberapa keluarga milenial bahkan belum memiliki kekuatan finansial yang memadai untuk memulainya.

Belum lagi harga bahan-bahan untuk membangun rumah yang setiap tahunnya akan terus naik. Hal tersebut pasti akan membuatmu berpikir dua kali untuk memulainya, bukan?

Nah, terlepas dari itu semua, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa keluarga milenial coba untuk mengakali hal tersebut.

Dengan strategi yang matang dan beberapa tips dari Ayudia Bing Slamet, kamu bisa mulai membangun rumah dengan dana terbatas.

Diwawancari langsung secara eksklusif saat pemotretan Millennial Mama of the Month, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa cara pintar bangun rumah murah idaman a la keluarga Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion.

1. Tips membangun rumah dari awal

1. Tips membangun rumah dari awal
Popmama.com/Michael Andrew

Memiliki rumah sendiri setelah menikah merupakan impian banyak keluarga.

Namun, bagaimana jika budgetnya belum memadai? Apakah tetap harus dipaksakan? Saat ditanya mengenai hal tersebut, beginilah jawaban dari Ayudia.

"Sekarang juga lagi jaman rumah tumbuh. Misalnya kita beli tanah, kita nabung tapi budget-nya masih belum cukup, ya sudah bangun kecil saja dulu. Bangun dulu misalnya 50 m, sisanya taman, begitu kita punya budget lagi kita bisa bangun ke samping atau ke atas," saran Ayudia.

Akhir-akhir ini memang konsep rumah tumbuh banyak diaplikasikan oleh beberapa keluarga milenial. Rumah tumbuh sendiri adalah hunian yang dirancang secara bertahap.

Pembangunan rumah secara bertahap biasanya diterapkan karena keterbatasan lahan dan minimnya biaya pembangunan. Konsep rumah tumbuh juga diaplikasikan seiring dengan pertambahan jumlah anggota keluarga.

Selain memikirkan konsep rumah, estetika interior didalamnya juga perlu diperhatikan.

Ayudia menjelaskan bahwa mencari pajangan untuk interior rumah tidak harus mahal, beberapa yang ia beli bahkan dibanderol dengan harga yang terjangkau namun tetap berkualitas dan berestetika.

"Selain estetika, budget juga harus dipikirin. Karena kan nggak semua barang yang bagus itu mahal dan nggak semua barang yang murah itu murahan. Jadi ya pintar-pintar kita aja bagaimana ngaturnya biar nggak over budget," ujarnya lagi.

Setelah memikirkan konsep rumah dan desain interiornya, kamu juga perlu membangun storage yang cukup di rumah.

Apalagi jika kamu atau pasangan memiliki banyak barang atau perabotan.

"Kalau kamu barangnya banyak, kamu harus tahu berarti kamu harus punya storage banyak. Banyakin space rumah buat taro storage jangan banyakin pajangan," sambung Ayudia.

Editors' Picks

2. Alasan Ayudia memilih untuk membangun rumah daripada membeli rumah

2. Alasan Ayudia memilih membangun rumah daripada membeli rumah
Popmama.com/Michael Andrew

Saat ini banyak sekali perumahan-perumahan yang menawarkan harga terjangkau serta cicilan yang menarik, namun Ayudia justru tidak mengambil kesempatan tersebut.

Ia justru lebih senang membangun rumahnya dari nol hingga menjadi rumah idaman.

Kira-kira apa alasannya?

"Saya itu dari dulu kalau punya rumah pengin yang benar-benar dari keinginan saya. Saya ngerasa kalau rumah itu kan nggak mungkin kalau mau kita tinggalin sebentar, jadi rumah itu hal yang sangat penting. Kalau kita bangun, kita kan lihat temboknya, kita nikmati prosesnya. Kalau sudah jadi juga kita suka ambience-nya, dari segi warna, dari segi tekstur. Saya itu interior dan bangunan enthusiast banget, jadi ketika itu bisa sesuai dengan hati kita maka itu akan bisa bikin kita lebih bahagia dan bisa bikin lebih produktif lagi," jelas Ayudia.

Ayudia bahkan mengaku bahwa ia juga turut andil dalam menentukan warna dan tata letak hiasan rumah yang sedang ia bangun di Bali bersama sang Suami, Ditto Percussion.

"Kalau dari bangunan, saya involve banget dari segi warna sama tata letak lampu, ya desain interiornya lah," tutupnya.

3. Pentingnya memiliki rumah sendiri setelah menikah

3. Penting memiliki rumah sendiri setelah menikah
Popmama.com/Michael Andrew

Memiliki rumah sendiri setelah menikah merupakan hal yang sebaiknya diusahakan oleh pasangan suami istri.

Bukan tanpa alasan, memiliki rumah sendiri tanpa adanya mertua atau anggota keluarga lainnya di dalam rumah secara otomatis dapat membuat kamu dan pasangan menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab.

Mulai dari bersih-bersih rumah, masak, hingga cuci baju, semuanya mau tidak mau harus dilakukan sendiri.

Kalau kamu masih di rumah orangtua, pasti kemandiriannya akan kurang terlatih karena ada orangtua yang membantu melakukan berbagai hal tersebut.

Selain itu, mengerjakan berbagai pekerjaan rumah dengan pasangan juga bisa meningkatkan keharmonisan, lho. Selain melatih kemandirian dan tanggung jawab, memiliki rumah sendiri setelah menikah juga bisa menjadi salah satu investasi bagi keluarga.

Dengan rumah yang kalian miliki, kamu dan pasangan jadi punya investasi yang sangat menguntungkan di kemudian hari. Apalagi harga rumah setiap tahun selalu meningkat.

Kalau kamu dan pasangan sudah beli rumah dari sekarang, beberapa tahun kemudian, nilai investasi rumahmu akan meningkat drastis.

Nah, itulah ketiga informasi menarik seputar tips membangun rumah minim budget untuk keluarga milenial dari Ayudia Bing Slamet.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca juga:

#MillennialFamily of the Month Edisi Maret 2020 Ayudia Bing Slamet & Ditto Percussion 

Production - Popmama.com 
Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Fashion & Beauty Editor - Onic Metheany  
Fashion Sylist – Onic Metheany & Sarrah Ulfah
Reporter – Sarrah Ulfah,  FX Dimas Prasetyo
Social Media - Gaby Elradha, Sekar Retno Ayu
Photographer - Michael Andrew
Asst. Photographer - Alfons Yoshio
Videographer- Moch Reza Fahmi
Video Content Creator - FX Dimas Prasetyo
Art Designer - Astika Alivia Pramesti
Makeup Artist - Dorothea Toemion
All Wardrobe - Kim & Kin, Shining Bright, Calla The Label
Location - Hotel Gran Mahakam

#MillennialMama of the Month

Ayudia Bing Slamet & Ditto Percussion
Millennial Mama

Ayudia Bing Slamet & Ditto Percussion

"Dongeng sebelum tidur adalah bonding time yang berharga"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.