7 Cara Mengusir Tokek dengan Bahan Alami yang Ada di Rumah

Salah satunya bisa dengan bawang merah dan bawang putih lho, Ma!

21 Februari 2020

7 Cara Mengusir Tokek Bahan Alami Ada Rumah
Pexels/Pixabay

Kehadiran tokek di rumah terkadang bermanfaat untuk memangsa serangga dan laba-laba, namun tetap saja tokek dapat menjadi hama di rumah.

Bagaimana tidak, tokek yang menetap di rumah biasanya akan menimbulkan suara yang cukup keras. Belum lagi jika kotoran tokek tersebut mengotori rumah.

Oleh karena itu, Mama harus melakukan beberapa langkah untuk menyingkirkan tokek dari rumah, salah satunya dengan bahan-bahan alami yang terdapat di dapur.

Nah, untuk mengetahui penjelasan lengkap mengenai cara mengusir tokek dari rumah dengan bahan alami, berikut Popmama.com telah merangkum 7 daftar lengkapnya.

1. Mengusir tokek dengan kulit telur

1. Mengusir tokek kulit telur
heartyhosting.com

Cara mengusir tokek dari rumah secara alami yang pertama adalah dengan menempatkan sejumlah kulit telur. Ini merupakan cara yang sangat efektif dan murah untuk menakut-nakuti tokek.

Tokek akan melihat kulit telur tersebut dan menganggapnya sebagai predator. Caranya mudah, kamu hanya perlu menempatkan dua pecahan kulit telur di sekitar rumah, misalnya di jalan masuk menuju rumah, atau di dapur.  

Cukup menempatkan satu pasang pecahan kulit telur di setiap pintu masuk. Tokek yang berjalan ke pintu masuk akan lari ketika melihat kulit telur tersebut.

Selain itu, kulit telur juga jangan sampai hancur, biarkan tetap berbentuk dua bagian. Agar kulit telur tidak bau, gantilah dengan yang baru setiap 3 hingga 4 minggu sekali.

2. Mengusir tokek dengan menggunakan kopi dan tembakau

2. Mengusir tokek menggunakan kopi tembakau
readersdigest.ca

Cara mengusir tokek dari rumah berikutnya adalah dengan membuat bola-bola kecil dari kopi dan tembakau.

Buatlah bola-bola kecil menggunakan bubuk kopi yang basah dan bubuk tembakau, kemudian tancapkan di ujung tusuk gigi.

Letakan bola-bola tersebut di lokasi tokek bersarang atau di tempat mana pun yang sering dikunjungi tokek, misalnya di jalan masuk rumah.

Secara otomatis, tokek akan memakan sebagian dari bola tersebut hingga akhirnya mati.

3. Bawang putih untuk mengusir tokek

3. Bawang putih mengusir tokek
Freepik/Racool_studio

Selain terasa mengganggu bagi beberapa orang, bau bawang putih yang tajam juga tidak disukai tokek.

Cara memanfaatkannya pun sangat mudah, kamu hanya perlu menempatkan beberapa siung bawang putih di sekitar pintu masuk rumah agar tokek tidak masuk ke dalam ruangan melalui jalan tersebut.

Editors' Picks

4. Irisan bawang merah dapat mengusir tokek

4. Irisan bawang merah dapat mengusir tokek
Freepik/Jcomp

Tak hanya bawang putih, irisan bawang merah juga dapat menjadi bahan alami lain yang dapat mengusir tokek.

Caranya mudah, kamu hanya perlu memotong bawang merah menjadi dua bagian kemudian letakkan di tempat yang biasa digunakan tokek untuk bersembunyi, di tempat yang hangat dan nyaman bagi tokek, atau di dekat pintu masuk menuju rumah.

Aroma bawang merah yang kamu iris akan terasa mengganggu bagi penciuman tokek, karena tokek tidak akan betah tinggal di tempat yang beraroma bawang merah.

5. Mengusir tokek denga menyemprot merica di sekitar rumah

5. Mengusir tokek denga menyemprot merica sekitar rumah
Freepik/free photo

Cara mengusir tokek dari rumah berikutnya adalah dengan menggunakan semprotan merica. Iritasi yang dirasakan oleh manusia saat terkena semprotan merica sama dengan yang dirasakan oleh tokek.

Oleh karena itu, usirlah tokek dengan menyemprot campuran merica dan air yang telah di tempatkan di dalam botol semprot.

Kamu bisa menyemprotnya di bawah kulkas, di belakang sofa, atau pada dinding yang biasa dilewati oleh tokek. Kamu juga bisa menggunakan bubuk cabai atau saus tabasco untuk menggantikan merica. 

6. Mengusir tokek dengan membakar daun kering

6. Mengusir tokek membakar daun kering
Pixabay/mamavida

Hampir semua makhluk hidup akan merasa terganggu saat ada asap, begitu juga dengan tokek. Dengan demikian, kamu bisa mencoba cara mengusir tokek dengan membakar daun-daunan kering.

Cara mengusir tokek yang satu ini membutuhkan kaleng bekas, daun kering, dan tentunya korek api. Bakarlah daun kering yang sudah dikumpulkan, kemudian arahkan asapnya ke sarang tokek.

Perhatikan jumlah daun kering yang dibakar supaya asapnya tidak mengganggu penghuni rumah. Saat melakukan cara mengusir tokek ini, kamu memerlukan perhatian ekstra karena cukup berbahaya dan berisiko.

7. Usir tokek dengan kapur barus

7. Usir tokek kapur barus
amarketreporter.com

Pada umumnya, kapur barus digunakan untuk mengusir serangga dan menjaga kelembapan ruang. Aromanya sedap untuk manusia, tapi sangat mengganggu untuk tokek.

Untuk menggunakan kapur barus sebagai cara mengusir tokek di rumah, sebaiknya hancurkan kapur barus terlebih dahulu hingga menjadi bubuk.

Kapur barus yang sudah menjadi bubuk akan lebih mudah disebar ke sarang tokek. Selain itu, kamu juga bisa mengoleskannya pada dinding rumahmu agar tokek enggan melintasinya. 

Nah, itulah ketujuh cara alami mengusir tokek dengan bahan yang ada di rumah.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.