Corona Hidup Berhari-hari di Pakaian, Begini Cara Mencuci yang Benar!

Sebelum ada korban di keluarga mama, lakukan pencegahan berikut ini

26 Maret 2020

Corona Hidup Berhari-hari Pakaian, Begini Cara Mencuci Benar
fashionbuzzer.com

Ancaman virus corona atau COVID-19 seakan membuat panik banyak orang di seluruh dunia. Agar tak terinfeksi, semua orang pun sibuk mengambil tindakan pencegahan ekstra, termasuk membersihkan permukaan benda secara menyeluruh, mencuci tangan selama 20 detik, dan menghindari tempat-tempat ramai.

Namun, teryata ada hal lain yang juga sebaiknya tidak kamu abaikan, yakni mencuci pakaian setiap kali dipakai.

Dilansir dari laman Parents, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa fakta yang mengatakan bahwa virus corona dapat hidup di pakaian selama beberapa hari beserta cara mencuci pakaian dengan benar.

Catat baik-baik ya, Ma!

Editors' Picks

1. Virus corona dapat hidup di pakaian

1. Virus corona dapat hidup pakaian
Freepik/free photo

Menurut laman TODAY, para ahli mengatakan bahwa virus corona dapat hidup di pakaian setidaknya selama beberapa jam atau hingga beberapa hari.

Walaupun virus corona bertahan paling lama pada permukaan yang keras dan tidak berpori seperti stainless steel, namun virus ini ternyata juga dapat bertahan pada permukaan yang lembut seperti pakaian dan selimut. 

2. Ganti pakaian setelah bepergian ke luar rumah

2. Ganti pakaian setelah bepergian ke luar rumah
Freepik/free photo

Meski begitu, diperlukan lebih banyak penelitian lagi untuk memahami dengan tepat berapa lama virus corona dapat bertahan pada pakaian.

Untuk mencegah penyebarannya, Pusat Pengendalian dan Perlindungan Penyakit dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menawarkan beberapa kiat khusus untuk menjaga rumah dan pakaian keluarga agar terbebas dari kuman.

Dikatakan dalam laman CDC, setiap orang disarankan untuk segera mengganti pakaian setelah bepergian dan sebelum memasuki rumah. CDC juga menyarankan agar kamu segera memasukkan baju kotor tersebut ke binatu. 

Baca juga:

Berapa Lama Virus Corona Menempel pada Benda? Cari Tahu Yuk, Ma!

3. Tata cara mencuci pakaian dengan benar

3. Tata cara mencuci pakaian benar
trendvoic.com

Jika kamu menangani cucian kotor dari seseorang yang sudah terinfeksi virus corona, sebaiknya kenakanlah sarung tangan sekali pakai. Kemudian, semprotlah desinfektan pada permukaan yang bersentuhan dengan pakaian tersebut.

Terakhir, cuci tangan dengan saksama selama 20 detik setelah menyentuh pakaian. CDC juga mengatakan bahwa jika memungkinkan, cucilah barang-barang menggunakan air hangat sepenuhnya. Cucian kotor dari orang yang sakit juga sebaiknya dipisahkan dari cucian orang yang masih sehat.

Jangan lupa juga untuk rutin membersihkan bagian interior dan eksterior rumah dengan lap bersih dan desinfektan. Bersihkan pula tas bahan kain yang digunakan keluar rumah menggunakan mesin cuci.

Nah, itulah ketiga informasi penting mengenai bahaya virus corona yang menempel pada pakaian beserta cara mencucinya dengan tepat.

Semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan keluarga!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.